Ini Cara Menabung Deposito yang Benar beserta Kelebihannya!

blog

Ini Cara Menabung Deposito yang Benar beserta Kelebihannya!

DepositoBPR by Komunal

21 Desember 2023

Deposito adalah produk simpanan perbankan yang sering kali dijadikan sebagai pilihan investasi karena memiliki tingkat return yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Namun, tentunya diperlukan pengetahuan tentang cara menabung deposito yang tepat agar bisa meraup keuntungan tersebut secara optimal.


Bahkan jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, deposito tergolong memiliki risiko profil yang rendah. Jadi, apakah kamu tertarik untuk berinvestasi di produk yang satu ini? Jika iya, yuk simak dulu tips menabung deposito supaya tidak salah langkah!

Cara Kerja Deposito


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menabung deposito, kamu harus tahu dulu bagaimana cara kerja produk investasi ini. Berbeda dari produk tabungan, dana di deposito hanya bisa diambil pada tenor atau jangka waktu tertentu.

Bank umumnya menawarkan tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, hingga 24 bulan yang bisa dipilih oleh nasabah, berdasarkan kesepakatan bank, sesuai dengan tujuan investasi dan finansial nasabah. Di mana, setiap tenor deposito tentunya memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing.


Jenis Deposito


Ada beberapa jenis deposito yang bisa dicoba untuk mulai berinvestasi. Tentunya, jenis-jenis ini memiliki perbedaan, seperti dari jangka waktu atau tenornya, sehingga kamu harus teliti dalam memilihnya. Beberapa jenis deposito adalah sebagai berikut:

    Deposito Berjangka: penarikan dana sesuai tenor yang telah disepakati, diterbitkan atas nama individu atau perusahaan, dan mendapatkan bilyet deposito sebagai bukti kepemilikan.

    Deposito On Call: memiliki masa tenor paling pendek, yaitu 7-30 hari, pengambilan dana dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak bank minimal 1 hari sebelumnya, dan biasanya memerlukan jumlah setoran yang cukup besar (minimal Rp50 juta).

    Sertifikat Deposito: diterbitkan dalam bentuk premi suku bunga, tidak mencantumkan nama pemilik sehingga dapat diperjualbelikan, dan bisa diambil setiap bulan atau pada saat jatuh tempo.

Syarat & Ketentuan Menabung Deposito


Syarat yang harus dipenuhi untuk menabung deposito cukup mudah, yaitu hanya perlu menyiapkan rekening, kartu identitas diri, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan materai. Lalu, ada juga beberapa ketentuan menabung deposito yang harus diperhatikan, yaitu:


    Minimal setoran awal untuk deposito dapat berbeda-beda di setiap bank. Namun, umumnya dana minimum yang ditetapkan oleh bank adalah Rp8 juta-Rp10 juta.

    LPS menjamin keamanan dana hingga Rp2 miliar dan suku bunga tidak boleh lebih dari ketentuan yang berlaku.

  • Selain sertifikat deposito, penarikan dana hanya bisa dilakukan langsung oleh nama yang tercantum di bilyet deposito.


Cara Menabung Deposito agar Untung Maksimal


Setelah memahami cara kerja, jenis, syarat dan ketentuannya, sekarang kamu bisa langsung menyisihkan uang untuk menabung di deposito. Adapun cara menabung deposito dengan benar supaya bisa memperoleh keuntungan maksimal, yaitu:


1. Memilih Bank dengan Reputasi yang Baik


Cara menabung deposito yang pertama adalah memilih bank tepercaya. Pastikan bank yang kamu pilih sudah memiliki izin operasional dan lisensi dari Bank Indonesia, serta dijamin oleh LPS. Salah satu bank tepercaya di Indonesia adalah Bank Perekonomian Rakyat (BPR).


Kamu bisa mulai investasi di BPR melalui aplikasi DepositoBPR by Komunal yang menyediakan produk deposito, baik konvensional maupun syariah. Selain itu, DepositoBPR by Komunal juga cocok untuk pemula karena profil risiko yang ditawarkan relatif rendah.


2. Menyesuaikan Produk & Tenor dengan Tujuan Finansial


Tips menabung deposito selanjutnya adalah menentukan jenis produk yang sesuai dengan kondisi dan tujuan finansialmu. Pastikan juga untuk menetapkan tenor atau jangka waktu penarikan dana yang sejalan dengan rencana keuangan jangka panjang. Semakin panjang tenor yang disepakati, maka tingkat keuntungannya juga bisa menjadi lebih besar.

3. Memastikan Tingkat Suku Bunga


Cara menabung deposito yang tidak boleh terlewatkan adalah memeriksa tingkat suku bunga. Hal ini dikarenakan tingkat suku bunga deposito dapat memengaruhi jumlah keuntungan yang diperoleh.


Jika kamu berinvestasi di DepositoBPR by Komunal, maka tingkat suku bunga yang bisa diperoleh lebih tinggi dibandingkan deposito bank umum dan pastinya sudah sesuai dengan ketentuan LPS, yaitu mencapai 6,75% p.a.


4. Menyimpan Dana di Beberapa Pilihan Tenor


Salah satu cara menabung deposito secara efektif adalah menyimpan dana ke beberapa produk dengan pilihan tenor yang berbeda. Misalnya, kamu bisa menyimpan sebagian dana di produk deposito jangka pendek. Lalu, simpan sisanya di produk deposito jangka panjang. Cara ini berguna untuk memudahkan analisis dan mengoptimalkan tingkat return.


5. Mematuhi Aturan Pencairan Deposito


Terakhir, cara menabung deposito adalah mematuhi aturan pencairan dana. Sebab, jika pencairan dana dilakukan sebelum masa tenor yang disepakati, maka kamu akan dikenai beberapa konsekuensi, seperti pembayaran denda dan pengurangan tingkat suku bunga.


Kelebihan Deposito


Dibandingkan dengan tabungan berjangka dan jenis investasi lainnya, deposito memiliki sejumlah kelebihan yang bisa membantumu untuk meningkatkan kondisi keuangan. Adapun kelebihan deposito di antaranya, yaitu:


    Mendapatkan jaminan dari LPS, jadi keamanannya lebih terjamin.

    Tingkat suku bunga bersifat tetap, sehingga mampu meminimalkan risiko dari inflasi.


  • Tidak dikenakan biaya administrasi.

Demikian penjelasan terkait cara menabung deposito dengan benar, beserta informasi penting lainnya, mulai dari cara kerja sampai kelebihannya. Lalu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa mulai menabung deposito secara mudah dan praktis melalui aplikasi DepositoBPR by Komunal.


Kamu tidak perlu khawatir soal keamanannya karena DepositoBPR by Komunal sudah tercatat dan diawasi oleh OJK. Yuk, gunakan DepositoBPR by Komunal sekarang supaya bisa merasakan sensasi #SimpananRasaInvestasi dan keuangan pun jadi #MakinMaksimal !



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer