Program Penempatan Dana diatur dan dilaksanakan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan sebagaimana berikut:
1. “Akun Penempatan Dana” adalah akun yang dibuat oleh Pemilik Dana dengan melakukan pendaftaran pada Platform untuk dapat melakukan Program Penempatan Dana.
2. “Badan” adalah suatu badan atau lembaga yang merupakan badan hukum atau bukan badan hukum yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia memenuhi persyaratan untuk melakukan Program Penempatan Dana.
3. “Bank Perekonomian Rakyat” yang selanjutnya disingkat BPR adalah bank sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 62/POJK.03/2020 Tahun 2020 tentang Bank Perkreditan Rakyat, yang menyediakan produk Deposito melalui Platform DepositoBPR by Komunal.
4. “Bank Pembiayaan Rakyat Syariah” yang selanjutnya disingkat BPRS adalah bank sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah yang diatur lebih lanjut dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 3/POJK.03/2016 Tahun 2016 tentang Bank Pembiayaan Rakyat Syariah sebagaimana diubah dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 24/POJK.03/2018 Tahun 2018 tentang Penerapan Tata Kelola Bagi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah, yang menyediakan produk Deposito melalui Platform DepositoBPR by Komunal.
5. “Data Pribadi” adalah data Pengguna dan/atau pihak terkait Pengguna (keluarga, rekan, karyawan, dan/atau pihak lain yang terkait dengan Pengguna) yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik.
6. “DepositoBPR by Komunal” adalah platfrom yang dikelola oleh PT Komunal Sejahtera Indonesia sebagai penyelenggara funding agent Program Penempatan Dana.
7. “Deposito” adalah produk dari Program Penempatan Dana berupa simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu yang ditawarkan oleh BPR/BPRS mitra DepositoBPR by Komunal yang telah dipilih oleh Pemilik Dana melalui Platform.
8. “Informasi Rahasia” adalah setiap informasi, data dan/atau dokumen Pemilik Dana dan/atau BPRdan/atau informasi, data dan/atau dokumen mengenai dan/atau yang ada hubungannya dengan Program Penempatan Dana ini termasuk semua informasi terkait transaksi pembukaan Deposito melalui Platform dan dokumen terkait transaksi pembukaan Deposito melalui Platform baik yang diterima pada saat Pemilik Dana melakukan pengajuan pembukaan Deposito dan/atau setelah pengajuan pembukaan Deposito Pemilik Dana disetujui oleh BPR terkait.
9. “Jatuh Tempo” adalah batas akhir Program Penempatan Dana sesuai dengan jangka waktu/tenor yang ditampilkan pada Platform.
10. “Pemilik Dana” adalah perorangan ataupun Badan yang melakukan penempatan dana berupa Deposito pada BPR dan/atau BPRS yang dipilih oleh Pemilik Dana melalui Platform.
12. “Program Penempatan Dana” adalah transaksi yang dilakukan oleh Pemilik Dana untuk menempatkan dananya dalam bentuk Deposito pada BPR dan/atau BPRS yang melakukan kerjasama dengan DepositoBPR by Komunal melalui Platform.
13. “Syarat dan Ketentuan Program Penempatan Dana” adalah segala syarat dan ketentuan Program Penempatan Dana termasuk tetapi tidak terbatas pada dokumen Kebijakan Privasi yang dapat diakses oleh Pemilik Dana melalui Platform, Persetujuan Pengguna atas Syarat dan Ketentuan Program Penempatan Dana, syarat dan ketentuan tambahan dalam dokumen Formulir Permohonan Pembukaan Deposito dan syarat dan ketentuan BPR/BPRS mitra yang dipilih oleh Pemilik Dana dalam Program Penempatan Dana, serta setiap perubahan dan penambahannya yang akan diberitahukan kepada Pemilik Dana sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Pemilik Dana menjamin terpenuhinya persyaratan-persyaratan sebagai berikut:
1. Pemilik Dana Individu:
2. Pemilik Dana Badan:
3. Pemilik Dana wajib menjamin dan memastikan bahwa:
4. Dalam hal terjadi pelanggaran atas sebagian atau seluruh persyaratan umum bagi Pemilik Dana, Pemilik Dana dapat dikenakan sanksi sesuai dengan yang telah disepakati dalam Syarat dan Ketentuan sampai dengan Pemilik Dana dapat memenuhi syarat atau Program Penempatan Dana dapat diakhiri sepihak oleh DepositoBPR by Komunal.
1. Informasi Program Penempatan Dana.
DepositoBPR by Komunal akan memberikan informasi yang dianggap perlu oleh DepositoBPR by Komunal untuk diketahui Pemilik Dana terkait Program Penempatan Dana untuk suatu jangka waktu tertentu ("Informasi Produk Penempatan Dana"), termasuk namun tidak terbatas pada informasi terkait syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan Program Penempatan Dana, tata cara pengembalian dana, langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menempatkan dana, besaran bunga dan/atau bagi hasil Program Penempatan Dana, metode pembayaran bunga Deposito, jangka waktu Program Penempatan Dana dan informasi lainnya, sebelum penempatan dana dilakukan.
2. Cara Berpartisipasi dalam Program Penempatan Dana.
Dalam hal Pemilik Dana ingin berpartisipasi pada suatu Program Penempatan Dana tertentu maka:
1. Hak dan Kewajiban DepositoBPR by Komunal.
2. Hak dan Kewajiban Pemilik Dana.
1. Ketentuan Umum.
2. Akses.
3. Ketentuan Penempatan Dana.
- Tingkat suku bunga dan/atau persentase bagi hasil dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti ketentuan BPR/BPRS mitra dan/ataupun LPS tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.
- Tingkat suku bunga dan/atau persentase bagi hasil adalah per tahun (p.a).
- Pembayaran bulanan, yakni bunga Deposito akan dibayarkan secara berkala setiap bulan sampai dengan saat Jatuh Tempo; atau
- Pembayaran di akhir periode, yakni seluruh bunga Deposito akan dibayarkan pada saat Jatuh Tempo.
- Metode pembayaran bunga Deposito yang digunakan mengacu pada metode pembayaran bunga yang tertera pada detail Program Penempatan Dana yang dipilih oleh Pemilik Dana.
- Bilyet Deposito yang diterbitkan oleh BPR akan mencantumkan informasi mengenai metode pembayaran bunga deposito.
4. Ketentuan Mengenai Bilyet Deposito yang Hilang Saat Pengiriman.
Dalam hal Bilyet Fisik yang merupakan bukti penempatan dana Pemilik Dana yang diterbitkan oleh BPR mengalami kehilangan pada saat pengiriman Bilyet Fisik dari BPR kepada Pemilik Dana dan/atau pada saat pengembalian Bilyet Fisik dari Pemilik Dana kepada BPR, maka :
1. Ketentuan Umum
2. Jenis Promo.
- Hadiah Barang Tanpa Undian. Hadiah berupa barang dengan syarat Pemilik Dana wajib melakukan deposito dan memasukkan kode promo atau melakukan misi tertentu, tanpa perlu mengikuti undian. Contoh hadiah: logam mulia dan barang elektronik.
- Hadiah Barang Dengan Undian.Hadiah berupa barang dengan syarat Pemilik Danawajib melakukan deposito dan memasukkan kode promo atau melakukan misi tertentu, jika berhasil maka nama Pemilik Dana akan diundi untuk mendapatkan hadiah. Contoh hadiah: sepeda motor.
- Voucher Promo. Hadiah berupa Voucher Hiburan, termasuk tetapi tidak terbatas pada voucher food and beverages dan bioskop, dengan syarat Pemilik Dana wajib melakukan deposito danmemasukkan kode promo tertentu, tanpa perlu mengikuti undian. Contoh hadiah: Voucher fisik (MAP), E-voucher (Gopay, MAP, Starbucks, Traveloka, Yoshinoya, XXI).
- Voucher Quiz, Survei, dan sejenisnya. Hadiah berupa Voucher Hiburan dengan syarat Pemilik Dana wajib menjawab quiz/survey yang diminta oleh DepositoBPR by Komunal, tanpa perlu mengikuti undian. Contoh hadiah: E-voucher (Gopay).
- Voucher Birthday Privileges.Hadiah berupa Voucher Hiburan yang diberikan langsung sebagai hadiah kepada Pemilik Dana yang berulang tahun, tanpa perlu mengikuti undian. Contoh hadiah: MAP, voucher staycation.
- Point Reward. Artinya, Pemilik Dana akan mendapatkan poin sebagai hadiah langsung setelah melakukan suatu tindakan tertentu, misalnya: melakukan penempatan dana, menyelesaikan suatu quiz/survey, atau bergabung dalam suatu program yang diselenggarakan oleh DepositoBPR by Komunal.
- ReedemPoint. Artinya, Pemilik Dana dapat menukarkan poin yang telah dikumpulkan dengan hadiah atau manfaat tertentu, misalnya: voucher atau kupon, serta hadiah fisik lainnya.
- Merchandise. Hadiah yang didapatkan pada saat DepositoBPR by Komunal menyelenggarakan booth/dapat diberikan secara online, dengan hadiah langsung seperti payung, tumbler, dan sebagainya.
- Cashback Nominal. Cashback yang diberikan dalam jumlah tertentu dengan syarat Pemilik Dana wajib melakukan deposito dan memasukkan kode promo tertentu.
- Cashback Birthday. Cashback yang diberikandalam jumlah tertentu dengan syarat Pemilik Danawajib melakukan deposito dan memasukkan kode promo tertentu dan sedang berulang tahun pada bulan tersebut.
- Kombinasi Cashback & Voucher. Hadiah diberikan dalam bentuk cashback dalam jumlah tertentu dan voucher dengan syarat Pemilik Dana wajib melakukan deposito dan memasukkan kode promo tertentu. Untuk menghindari keraguan, perhitungan pajak akan dihitung dari nilai cashback dan voucher.
- Referee. Hadiahdiberikan dalam bentuk cashback kepada Pemilik Dana yang berhasil melakukan penempatan deposito dengan syarat nominal tertentu dan memasukkan kode referral pengajak.
i. Referral Basic dan KOL. Hadiah diberikan dalam bentuk sejumlah uangketika Pemilik Dana berhasil melakukan penempatan deposito dengan syarat tertentu.
- Referrer. Komisidiberikan dalam bentuk cashback kepada Pengajak yang berhasil mengajak orang lain untuk melakukan penempatan deposito dengan syarat nominal tertentu dan teman diajak memasukkan kode referral pengajak.
i. Referral Basic dan KOL. Komisi diberikan dalam bentuk sejumlah uangketika pengajak berhasil mengajak orang lain untuk melakukan penempatan deposito dengan syarat tertentu.
ii. Referral Kelipatan. Komisi diberikan dalam bentuk sejumlah uang ketika pengajak berhasil mengajak teman dengan jumlah yang ditentukan untuk melakukan penempatan deposito dengan syarat tertentu.
3. Perhitungan Pajak.
1. Setiap Informasi Rahasia wajib dijaga kerahasiaannya oleh Para Pihak, kecuali informasi yang:
2. Para Pihak sepakat dan setuju bahwa tanpa adanya kesepakatan tertulis terlebih dahulu dari Pihak yang mengungkapkan Informasi Rahasia, maka Pihak yang memperoleh Informasi Rahasia dilarang, secara langsung maupun tidak langsung, untuk mengungkapkan dan/atau membuka dan/atau mengalihkan dan/atau menyerahkan Informasi Rahasia, selain kepada:
3. Informasi Rahasia yang diperoleh akibat pelaksanaan Program Penempatan Dana ini hanya khusus dipergunakan untuk pelaksanaan Program Penempatan Dana dan tidak dapat dipergunakan untuk tujuan lain dari apa yang telah disepakati dalam Syarat dan Ketentuan Program Penempatan Dana.
1. DepositoBPR by Komunal hanya akan membagikan data Pemilik Dana kepada pihak ketiga sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi serta dengan persetujuan dari Pemilik Dana. Penggunaan layanan DepositoBPR by Komunal oleh Pemilik Dana menyatakan bahwa Pemilik Dana mengetahui, memahami, dan menyetujui adanya penggunaan data pribadi Pemilik Dana oleh pihak ketiga dan sewaktu-waktu dapat dihubungi oleh pihak ketiga termasuk BPR/BPRS yang dipilih oleh Pemilik Dana untuk permintaan informasi tambahan sehubungan dengan pengajuan Program Penempatan Dana di Platform.
2. DepositoBPR by Komunal akan memfasilitasi pemberitahuan informasi yang diberikan oleh BPR/BPRS yang ditunjuk oleh Pemilik Dana melalui Platform.
1. Pernyataan dan Jaminan.
2. Pelepasan Tuntutan
3. Pemalsuan Pernyataan dan Jaminan.
Jaminan Pemilik Dana danPernyataan-pernyataan tersebut di atas dibuat dengan sebenar-benarnya dan dengan sadar tanpa adanya paksaan dalam bentuk apapun dari pihak manapun. Pemilik Dana akan mempertanggungjawabkan semua pernyataan di atas secara pidana maupun perdata sesuai hukum dan perundang-undangan yang berlaku apabila:
1. Pengakhiran dengan Sendirinya.
Program Penempatan Dana akan dianggap berakhir dengan sendirinya apabila terjadi salah satu kondisi berikut ini:
2. Pemenuhan Hak Kewajiban Setelah Pengakhiran Perjanjian.
Apabila Program Penempatan Dana diakhiri sebelum hak dan kewajiban Para Pihak terpenuhi seluruhnya, maka Para Pihak berkewajiban untuk tetap menyelesaikan pemenuhan hak dan kewajiban masing-masing berdasarkan kesepakatan dalam Program Penempatan Dana dan berdasarkan ketentuan peraturan perundangan di Negara Republik Indonesia.
3. Itikad Baik.
Baik Pemilik Dana maupun DepositoBPR by Komunal dengan itikad baik serta penuh kesadaran berkewajiban untuk melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan Program Penempatan Dana, sampai dengan berakhirnya atau diubahnya Syarat dan Ketentuan Program Penempatan Dana.
DepositoBPR by Komunal berhak untuk melakukan penundaan atau penguncian akun terhadap Akun Penempatan Dana Pemilik Dana yang:
Untuk membuka kembali Akun Penempatan Dananya, Pemilik Dana diharuskan untuk mengajukan permohonan buka Akun Penempatan Dana kepada DepositoBPR by Komunal disertai dengan pemenuhan persyaratan dan/atau alasan yang jelas.
1. Kondisi Keadaan Memaksa.
Keadaan memaksa (Force Majeure) sebagaimana dimaksud di dalam Syarat dan Ketentuan ini adalah suatu kejadian yang terjadi di luar kekuasaan manusia untuk mengatasinya, termasuk tetapi tidak terbatas pada gempa bumi, tsunami, banjir besar, tanah longsor, bencana alam lainnya, huru-hara, kebakaran besar, pemberontakan, wabah penyakit, krisis moneter, tindakan pemerintah yang mempengaruhi kondisi ekonomi dan/atau keuangan perusahaan, penutupan perusahaan DepositoBPR by Komunal secara permanen, dan keadaan lainnya yang oleh otoritas berwenang disahkan sebagai Keadaan Memaksa yang mengakibatkan Program Penempatan Dana tidak dapat dilaksanakan, tertunda pelaksanaannya atau keadaan yang secara langsung dan nyata mempengaruhi kemampuan Pemilik Dana untuk memenuhi segala kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan Program Penempatan Dana. Para Pihak tidak diwajibkan untuk menanggung akibat hukum atas tidak terlaksananya kewajiban dalam Program Penempatan Dana yang terjadi akibat Keadaan Memaksa.
2. Pemberitahuan Keadaan Memaksa.
Jika terjadi Keadaan memaksa (Force Majeure), maka Pihak yang mengalami Keadaan Memaksa (Force Majeure) tersebut wajib memberitahukan secara tertulis kepada pihak lainnya mengenai terjadinya peristiwa keadaan memaksa (Force Majeure) tersebut selambat-lambatnya 2 (dua) hari kalender terhitung sejak tanggal terjadinya keadaan memaksa (Force Majeure). Selanjutnya, Pemilik Dana dan DepositoBPR by Komunal akan mengadakan musyawarah untuk menentukan cara penyelesaian akibat keadaan memaksa (Force Majeure) tersebut.
3. Keterlambatan Pemberitahuan Keadaan Memaksa.
Kelalaian atau keterlambatan dalam memberitahukan Keadaan Memaksa (Force Majeure) sesuai dengan ketentuan di atas oleh Pihak yang mengalami Keadaan Memaksa (Force Majeure) mengakibatkan tidak diakuinya keadaan yang menimpa Pihak tersebut sebagai keadaan memaksa (Force Majeure).
1. Hukum yang Berlaku.
Program Penempatan Dana yang telah disetujui oleh Pemilik Dana pada BPR dan/atau BPRS yang telah dipilih oleh Pemilik Dana dilaksanakan dan diatur dengan tunduk pada hukum di Negara Republik Indonesia.
2. Penyelesaian Sengketa dengan Musyawarah.
Seluruh sengketa sehubungan dengan silang pendapat dan konflik yang terjadi antara DepositoBPR by Komunal dan Pemilik Dana sehubungan dengan Program Penempatan Dana akan pertama-tama diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mufakat dalam rangka mencari solusi yang terbaik bagi Para Pihak.
3. Penyelesaian Sengketa melalui Pengadilan.
Apabila musyawarah untuk mufakat tidak dapat dicapai dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak terjadinya sengketa, maka seluruh sengketa sehubungan dengan pembuatan dan pelaksanaan Program Penempatan Dana antara Pemilik Dana dengan DepositoBPR by Komunal akan diselesaikan melalui lembaga peradilan umum, yaitu Pengadilan Negeri Surabaya, Jl Arjuno No 16-18 Kec Sawahan, Kota Surabaya, Jawa Timur.
1. Syarat dan Ketentuan ini merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Kebijakan Privasi Persetujuan Pengguna atas Syarat dan Ketentuan Program Penempatan Dana dan Formulir Permohonan Pembukaan Deposito untuk masing-masing Program Penempatan Dana, berikut perubahan, pembaharuan dan penambahannya dikemudian hari yang sebelumnya akan diberitahukan kepada Pemilik Dana terlebih dahulu. Apabila Pemilik Dana tidak setuju atas perubahan ketentuan(-ketentuan) pada Terms of Use tersebut, Pemilik Dana memiliki hak untuk menutup akun dan/atau berhenti menggunakan Program Penempatan Dana. Mohon periksa halaman ini dari waktu ke waktu karena perubahan, variasi dan koreksi terhadap Term of Use akan bersifat mengikat terhadap Pemilik Dana.
2. Setiap pemberitahuan dan/atau notifikasi sehubungan dengan Terms of Use ini dapat dilakukan oleh Komunal melalui media komunikasi yang tertera di bawah ini dan/atau media komunikasi lain yang disepakati oleh Para Pihak :
3. DepositoBPR by Komunal akan mengirimkan pemberitahuan dan/atau notifikasi sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini ke alamat email dan/atau whatsapp dan/atau telepon Pemilik Dana yang terdaftar pada Platform dan/atau akun Pemilik Dana pada Platform.
4. Kelalaian dan ketidaktahuan Pemilik Dana atas pemberitahuan dan/atau notifikasi yang telah dikirimkan bukan merupakan tanggung jawab dari DepositoBPR by Komunal.
5. Segala bentuk pertanyaan, pengaduan, dan komentar Pemilik Dana terhadap pelaksanaan Program Penempatan Dana dapat disampaikan melalui alamat email, whatsapp, dan/atau telepon sebagaimana tertera dalam ayat (2) diatas.
KEBIJAKAN PRIVASI
DepositoBPR by Komunal adalah perusahaan yang telah tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital yang menyediakan aktivitas pembaruan proses bisnis, model bisnis, dan instrument keuangan yang memberikan nilai tambah baru di sektor jasa keuangan dengan melibatkan ekosistem digital berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital di Sektor Jasa Keuangan ("POJK 13").
Layanan yang disediakan DepositoBPR by Komunal adalah layanan jasa keuangan untuk mempertemukan calon deposan dengan Bank Perkreditan Rakyat dan atau Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dalam rangka mengadakan perjanjian dan menanam deposito di Bank Perkreditan Rakyat dan atau Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dalam mata uang Rupiah secara langsung melalui sistem elektronik yang dioperasikan DepositoBPR by Komunal, baik melalui situs atau versi telepon seluler dari situs dan/atau aplikasi telepon seluler dalam sistem operasi Android atau IOS (“Layanan”). Layanan ini dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai diskresi manajemen DepositoBPR by Komunal tanpa perlu memperoleh izin dari pihak manapun.
Kebijakan Privasi ini bersifat mengikat, dianggap telah dibaca dan dipahami oleh setiap deposan dan/atau BPR/BPRS yang menggunakan Layanan (“Pengguna”). Kebijakan Privasi ini dirancang untuk membantu Pengguna mengerti bagaimana DepositoBPR by Komunal mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, dan/atau mengolah Data Pribadi dan Informasi Rahasia Pengguna. Kebijakan Privasi ini berlaku dan bersifat mengikat secara hukum dalam konteks:
1. Pemilik Dana, yaitu selama Pemilik Dana:
2. BPR/BPRS, yaitu selama BPR/BPRS:
CAKUPAN DAN PENGUMPULAN DATA PRIBADI
Cakupan definisi Data Pribadi termasuk, segala data, informasi, dan dokumen pendukung Pengguna dan/atau pihak terkait Pengguna (keluarga, rekan, karyawan, dan/atau pihak lain yang terkait dengan Pengguna) beserta setiap data, informasi, dan dokumen turunannya yang:
Data Pribadi Pemilik Dana termasuk, tetapi tidak terbatas pada:
Sebagai bentuk pemenuhan kewajiban pengawasan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Undang-Undang No. 9 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tiindak Pidana Pendanaan Terorisme juncto Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 43 tahun 2015 sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 2021 tentang Pihak Pelapor dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 12/POJK.01/2017 tahun 2017 sebagaimana diubah dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 23/POJK.01/2019 tahun 2019 tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisma di Sektor Jasa Keuangan serta pedomannya (“Peraturan APU PPT”), Data Pribadi Pemilik Dana termasuk juga data mengenai:
Data Pribadi BPR/BPRS termasuk, tetapi tidak terbatas pada:
PERUBAHAN DATA PRIBADI
Dari waktu ke waktu, Pengguna wajib untuk memperbarui Data Pribadi Pengguna apabila terdapat perubahan dan/atau pembaharuan Data Pribadi Pengguna baik diminta ataupun tidak diminta oleh DepositoBPR by Komunal, guna mendukung terlaksanakanya kelancaran Layanan serta sebagai pemenuhan ketentuan Peraturan APU PPT.
PENGGUNAAN DATA PRIBADI
Dari waktu ke waktu, DepositoBPR by Komunal berhak meminta, memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi dan Informasi Rahasia Pengguna untuk:
DepositoBPR by Komunal berhak untuk meminta untuk diungkapkan, menerima pengungkapan, memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi dan Informasi Rahasia Pemilik Dana dari BPR/BPRS berdasarkan surat kuasa antara Pemilik Dana sebagai pemberi kuasa dan BPR/BPRS sebagai penerima kuasa, atas data-data dan/atau informasi mengenai pengajuan Program Penempatan Dana yang telah disetujui BPR/BPRS yang telah dipilih oleh Pemilik Dana.
Tujuan-tujuan tersebut diatas tetap menjadi dasar hukum bagi DepositoBPR by Komunal untuk menyimpan, mengolah dan menggunakan Data Pribadi Pengguna sekalipun Pengguna tidak lagi terikat pada Kebijakan Privasi ini, dan untuk menggunakannya, menyerahkannya, atau mengungkapkannya
dengan itikad baik kepada:
a. BPR/BPRS yang telah dipilih oleh Pemilik Dana, dimana data yang akan diserahkan meliputi Data Pribadi Pemilik Dana;
b. Pemilik Dana/deposan, dimana data yang akan diserahkan meliputi Data Pribadi BPR/BPRS;
c. Penyedia jasa pihak ketiga yang berkepentingan selama terikat pada suatu tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi dan/atau Informasi Rahasia Pengguna seperti :
(i) PT Privy Identitas Digital (Privy) sebagai penyedia sertifikasi elektronik dan penyelenggara tanda tangan elektronik, dimana data yang akan diserahkan meliputi:
(ii) PT Sinar Digital Terdepan (Xendit) sebagai penyedia jasa payment gateway, dimana data yang akan diserahkan meliputi:
(iii) penasihat hukum, penasihat pajak, auditor, akuntan, dan/atau pihak ketiga lain yang berkepentingan selama terikat pada suatu tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna;
d. Pihak manapun yang terkait atau merupakan bagian dari DepositoBPR by Komunal dan berada dalam tanggung jawab kerahasiaan atas Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi Pengguna untuk tujuan tertentu; dan/atau
e. Otoritas Jasa Keuangan, pengadilan, kejaksaan, kepolisian, institusi pemerintah lainnya baik atas inisiatif DepositoBPR by Komunal atau sebagaimana diwajibkan oleh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, kebijakan institusi pemerintah atau pejabat pemerintah.
KEAMANAN DATA PRIBADI DAN INFORMASI RAHASIA
DepositoBPR by Komunal berkomitmen untuk menjaga keamanan Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi Pengguna. Hanya sejumlah karyawan yang memiliki akses penuh ke data tersebut dan sebagian besar hanya memiliki akses ke bagian tertentu dari data yang diperlukan dalam rangka melakukan tugas-tugas mereka sebagai bagian dari Layanan DepositoBPR by Komunal.
DepositoBPR by Komunal akan menempatkan pengaturan pengamanan yang wajar untuk memastikan Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi Pengguna cukup terlindungi dan aman. Pengaturan pengamanan yang sesuai akan dilakukan untuk mencegah akses, pengumpulan, penggunaan, kebocoran dan/atau perubahan yang tidak sah terhadap Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi Pengguna. Namun, pihak DepositoBPR by Komunal tidak bertanggung jawab atas setiap penggunaan tidak sah dari Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi Pengguna oleh para pihak ketiga yang sepenuhnya disebabkan oleh faktor-faktor di luar kendali DepositoBPR by Komunal.
DepositoBPR by Komunal akan meninjau, menyesuaikan, dan berkonsultasi dengan penyedia jasa keamanan finansial secara berkala berdasarkan penilaian resiko yang sedang berlangsung atau pelanggaran keamanan untuk terus menerus melakukan peningkatan keamanan Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi Pengguna.
Apabila ada pemberian data nasabah kepada pihak ketiga yang bekerjasama dengan DepositoBPR by Komunal, maka DepositoBPR by Komunal akan memastikan bahwa data tersebut digunakan sebagaimana mestinya dan tidak akan menyebarkan ke pihak lain atau pihak yang tidak berkepentingan tanpa sepengetahuan Pengguna melalui DepositoBPR by Komunal. Hal tersebut tertuang dalam perjanjian yang berisi tanggung jawab kerahasian.
Dalam usahanya untuk memastikan keamanan Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi Pengguna, DepositoBPR by Komunal telah tersertifikasi ISO/IEC 27001:2013 Information Security Management Systems.
JANGKA WAKTU PENYIMPANAN INFORMASI RAHASIA DAN/ATAU DATA PRIBADI DAN PENGHAPUSAN AKUN PEMILIK DANA
Penyimpanan Data Pribadi Pengguna oleh DepositoBPR by Komunal adalah selama Pengguna menggunakan Layanan DepositoBPR by Komunal dan akan berakhir minimal 5 (lima) tahun sejak aktivitas terakhir Pengguna pada Platform DepositoBPR by Komunal(“Jangka Waktu Penyimpanan”).
Pengguna yang ingin melakukan penghapusan dan/atau penutupan Akun dan/atau Data Pribadi Pengguna yang berada pada sistem DepositoBPR by Komunal, maka Pengguna dapat menyampaikan permohonan tersebut kepada DepositoBPR by Komunal menggunakan informasi kontak yang tercantum di bawah ini pada bagian “Hubungi Kami”. Dalam hal Pengguna melakukan penarikan persetujuan dan/atau permohonan penghapusan dan/atau penutupan Akun dan/atau Data Pribadi Pengguna, maka Pengguna memahami dan mengakui bahwa Pengguna mungkin tidak lagi dapat menggunakan Layanan DepositoBPR by Komunal.
TAUTAN KE SITUS PIHAK KETIGA
DepositoBPR by Komunal dapat memuat tautan atau pranala/link menuju ke halaman ketentuan penggunaan dan kebijakan penanganan informasi pribadi pada platform milik pihak ketiga yang telah bekerjasama dengan DepositoBPR by Komunal.
Pengguna disarankan untuk mempelajari dan membaca ketentuan penggunaan dan kebijakan penanganan informasi pribadi yang berlaku di pihak ketiga dengan seksama.
KETENTUAN PENGGUNAAN DAN KEBIJAKAN PENANGANAN INFORMASI PRIBADI MILIK PIHAK KETIGA
BATASAN DAN GANTI RUGI
DepositoBPR by Komunal berkomitmen untuk tidak memperjualbelikan Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi Pengguna kepada pihak manapun, dan termasuk mengupayakan sewajarnya bahwa setiap karyawannya tidak terlibat dalam kegiatan jual-beli Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi Pengguna kepada siapapun. Namun DepositoBPR by Komunal tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam wujud apapun atau resiko kerugian yang Pengguna alami maupun pihak manapun akibat atau terkait dengan Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi tersebut meliputi kegagalan atas perlindungan kerahasiaan Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi, penyerahan, akses, perolehan, pengolahan, penyimpanan atau penggunaannya maupun pengalihannya, termasuk sengketa, investigasi, audit, penegakan hukum dan proses penyelidikan apapun, yang tidak terbukti disebabkan atau melibatkan DepositoBPR by Komunal maupun karyawan, perwakilan, kuasa, afiliasi atau pihak terkait lainnya ("Kerugian dan Masalah Hukum").
Demi kejelasan, kepastian hukum dan transparansi:
DepositoBPR by Komunal tidak akan memberi ganti rugi, merespon, dilibatkan, atas setiap klaim, tuntutan, permintaan atau pernyataan apapun yang timbul dari atau terkait Kerugian dan Masalah Hukum yang diajukan tanpa menyertakan perhitungan pasti yang telah dikuantifisir, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan atas kerugian riil dan langsung (factual and direct damage) yang Pengguna alami, berikut bukti yang dapat diterima oleh pengadilan atau institusi judisial terkait mengenai kesalahan atau kelalaian DepositoBPR by Komunal berdasarkan Pasal 1865 dan 1866 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Pasal 164 Het Herziene Indonesisch Reglement dan Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik beserta seluruh perubahannya dari waktu ke waktu. Ketentuan ini berlaku untuk DepositoBPR by Komunal, berikut karyawan, anak perusahaan, afiliasi atau perwakilannya;
DepositoBPR by Komunal tidak bertanggung jawab atas akurasi, keabsahan, legalitas dan kelengkapan Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi Pengguna dan tidak diwajibkan untuk memberitahu Pengguna atau pihak manapun perihal tersebut kecuali diwajibkan secara hukum; dan/atau
DepositoBPR by Komunal tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hukum Pengguna atau hak pihak ketiga manapun akibat atau terkait perolehan atau pemberian Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi. Dalam hal terdapat penunjukan pihak ketiga untuk Penyimpanan Informasi Rahasia dan/atau Data Pribadi, maka Pengguna tidak dapat menuntut, meminta ganti rugi atau manfaat apapun dari DepositoBPR by Komunal maupun karyawan, kuasa, perwakilan, afiliasi atau pihak terkait DepositoBPR by Komunal dalam hal terjadi pelanggaran kerahasiaan atau kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi atau Kerugian dan Masalah Hukum yang melibatkan, disebabkan atau dilakukan pihak ketiga penyimpan Data Pribadi yang bersangkutan. Namun demikian, DepositoBPR by Komunal tetap akan berupaya sewajarnya untuk memberitahu Pengguna terkait perihal pelanggaran kerahasiaan tersebut ketika DepositoBPR by Komunal mengetahuinya dari pihak ketiga.
SATU KESATUAN
Kebijakan Privasi ini merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan DepositoBPR by Komunal, persetujuan Pengguna atas Syarat dan Ketentuan Program Penempatan Dana dan Formulir Permohonan Pembukaan Deposito untuk masing-masing Program Penempatan Dana, berikut perubahan, pembaharuan dan penambahannya dikemudian hari.
HUBUNGI KAMI
Apabila Pengguna memiliki pertanyaan, komentar, dan permintaan mengenai Kebijakan Privasi ini atau pelaksanaannya, Pengguna dapat menghubungi DepositoBPR by Komunal melalui:
Email : [email protected]
Whatsapp : 0851 6310 6672
Telepon : 031 9920 6672
PERUBAHAN TERHADAP KEBIJAKAN PRIVASI
Oleh sebab DepositoBPR by Komunal terus berusaha untuk meningkatkan Layanan kepada Pengguna, DepositoBPR by Komunal akan mengulas dan merubah kebijakan Kebijakan Privasi dari waktu ke waktu. Setiap perubahan Kebijakan Privasi yang dilakukan di masa mendatang akan dibagikan di situs/aplikasi DepositoBPR by Komunal. Apabila Pengguna tidak setuju atas perubahan Kebijakan Privasi, Pengguna memiliki hak untuk menutup akun dan/atau berhenti menggunakan Layanan serta menyampaikan permohonan kepada DepositoBPR by Komunal untuk menghapus Data Pribadi Pengguna.
Terakhir diperbarui pada 12 Februari 2025.
Saya, selaku Pengguna telah membaca, memahami, dan menyetujui seluruh ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku di DepositoBPR by Komunal, serta memahami dan menyetujui atas semua risiko, aturan, biaya, sanksi, denda dan ganti rugi yang dapat terjadi. Saya menegaskan bahwa semua rincian informasi maupun persetujuan secara elektronik yang telah diberikan oleh Pengguna untuk diadakannya Program Penempatan Dana melalui Platform, termasuk persetujuan atas Syarat dan Ketentuan serta dan Kebijakan Privasi ini, adalah valid, akurat dan benar.