Mengenal Jenis-Jenis Investasi Low Risk, Cocok untuk Pemula!

blog

Mengenal Jenis-Jenis Investasi Low Risk, Cocok untuk Pemula!

DepositoBPR by Komunal

05 Juni 2023

Kamu mungkin sudah tahu kalau jenis produk investasi ada bermacam-macam. Namun, sudahkah kamu mengenal apa itu investasi low risk?

Sesuai dengan namanya, low risk investment atau investasi rendah risiko adalah salah satu jenis investasi yang memiliki risiko kerugian relatif rendah jika dibandingkan dengan produk lainnya.


Makanya, instrumen investasi dengan profil risiko rendah ini sangat cocok dipilih oleh kamu yang baru mulai terjun di dunia penanaman modal ini.


Mau tahu lebih lanjut mengenai investasi low risk dan contoh instrumennya? Yuk, simak ulasan berikut ini sampai habis!


Apa itu Investasi Low Risk?


Sudah tahu tentang investasi low risk belum? Beberapa dari kalian mungkin pernah mendengarnya karena instrumen investasi ini sering dipilih oleh para pemula.


Buat yang belum tahu, low risk investment atau investasi risiko rendah artinya adalah instrumen investasi yang cocok bagi orang yang memiliki profil risiko rendah.


Dengan kata lain, kalau kamu menyimpan dana di produk investasi rendah risiko, maka risiko kehilangan sebagian atau seluruh uangmu akan cenderung lebih kecil.


Selain pas untuk pemula, produk investasi dengan profil risiko rendah ini juga sering digunakan oleh investor konservatif supaya portofolio investasinya lebih aman karena keuntungannya cenderung stabil.


Namun, meski bunganya sangat stabil, investasi rendah risiko juga memiliki kelemahan, yaitu hanya bisa menghasilkan keuntungan yang relatif kecil untuk tujuan jangka panjang.


Maka dari itu, sebelum memilih produk yang tepat, kamu perlu mempertimbangkan tujuan investasimu terlebih dahulu, ya!


Contoh Instrumen Investasi Low Risk, Cocok untuk Pemula!


Mau coba berinvestasi dengan produk yang memiliki profil risiko rendah? Tak perlu bingung, kamu bisa mencoba sejumlah instrumen investasi low risk yang akan dijelaskan di bawah ini. Yuk, simak!


1. Reksa Dana Pasar Uang


Produk investasi dengan profil risiko rendah yang pertama adalah reksa dana pasar uang atau RDPU.


Yup, reksa dana pasar uang ini memiliki risiko yang paling rendah jika dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya. Kok bisa?


Lantaran, manajer investasi pada produk RDPU akan mengalokasikan dana investor pada deposito atau surat berharga yang memiliki jatuh tempo di bawah satu tahun.


Menariknya lagi, kamu dapat berinvestasi di reksa dana pasar uang dengan nominal yang terjangkau, bahkan bisa dimulai dari Rp50 ribu saja!


2. Obligasi Pemerintah


Sebagian dari kalian mungkin pernah menghindari utang-piutang dengan teman atau kerabat dekat. Namun, kalau pemerintah yang berutang tentu akan lain lagi ceritanya.


Soalnya, jika ingin mendapatkan pendanaan dengan berutang kepada masyarakat umum, pemerintah akan mengeluarkan surat utang (obligasi) yang juga menawarkan keuntungan melalui imbal hasil atau kupon.


Kupon yang ditawarkan dari obligasi pemerintah ini memiliki fixed rate atau nilai tetap. Jadi, pemerintah akan membayar kupon tersebut dengan nominal yang sama setiap bulannya.


Dengan begitu, melalui utang pemerintah ini, kamu akan mendapatkan keuntungan yang stabil dan menggiurkan!


3. Sertifikat Deposito


Deposito merupakan produk simpanan dari bank yang hanya bisa dicairkan jika telah memasuki jatuh tempo dan sudah memenuhi syarat-syarat tertentu.


Produk ini sering digunakan oleh banyak orang karena bisa memberikan keuntungan melebihi simpanan pada umumnya.


Selain itu, deposito juga termasuk instrumen investasi rendah risiko karena bisa memberikan keuntungan yang jelas dan stabil.


Bagaimana? Tertarik untuk menjadikan sertifikat deposito sebagai produk investasimu?


4. Investasi Emas


Siapa yang tidak kenal dengan logam emas? Produk investasi ini memang sudah lama difavoritkan oleh banyak orang karena minim risiko dan relatif aman.


Investasi emas juga cenderung praktis karena bisa dibeli secara online melalui berbagai aplikasi.


Selain itu, investasi emas juga tergolong sebagai instrumen investasi yang bebas pajak dan bunga, lho! Menggiurkan, bukan?


Namun, satu hal yang perlu kamu ingat adalah investasi emas ini baru bisa memberikan keuntungan jika disimpan dalam jangka waktu panjang.



Itu dia ulasan lengkap mengenai investasi low risk dan contoh produknya yang bisa kamu gunakan.


Setelah memahaminya, apakah kamu mulai tertarik untuk mengembangkan danamu pada produk investasi rendah risiko?


Kalau tertarik, yuk, mulai gunakan produk deposito dari DepositoBPR by Komunal!

Selain memiliki profil risiko yang relatif rendah, berinvestasi di DepositoBPR by Komunal juga terasa lebih mudah dan praktis, lho!


Yup, kamu tidak perlu repot-repot memantau grafik harian secara berkala karena nilai investasi di DepositoBPR by Komunal memiliki keuntungan yang jelas dan tidak fluktuatif.


Apalagi yang kamu ragukan? Yuk, nikmati sensasi simpanan rasa investasi bersama DepositoBPR by Komunal sekarang juga!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer