4 Tips Memilih Investasi Online yang Terpercaya

blog

4 Tips Memilih Investasi Online yang Terpercaya

DepositoBPR by Komunal

27 Juni 2022

Memilih investasi online terkadang merupakan perkara yang gampang-gampang sulit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips memilih investasi online yang terpercaya.


Investasi yang dulunya hanya dapat dilakukan melalui sekuritas tertentu atau dengan bantuan pialang, kini sudah dapat dilakukan secara online melalui gadget atau smartphone.


Hadirnya investasi online membuat kegiatan investasi dapat dilakukan dengan lebih mudah melalui platform investasi online yang menawarkan layanan yang sangat beragam.

Apa Itu Investasi?


Secara sederhana, investasi merupakan suatu kegiatan mengakumulasi aset dengan menanamkan dana pada instrumen keuangan yang memberikan profit atau hasil tertentu di masa mendatang.


Saat ini investasi sudah menjadi sebuah kebutuhan masyarakat modern dalam mengamankan dana untuk jangka panjang.


Dengan investasi, uang anda dapat dikonversikan ke dalam aset finansial, seperti saham, obligasi, deposito, dan lain-lain.


Satu hal yang menjadi kunci sukses investasi adalah pemilihan tujuan keuangan dan instrumen investasi yang sesuai. Apalagi, pilihan investasi saat ini menjadi semakin variatif serta kompetitif.


Untuk berinvestasi dengan aman, Anda perlu mengetahui semua hal tentang investasi online terpercaya. Anda perlu memilih aplikasi investasi online terpercaya yang telah terdaftar di OJK.


Kelebihan Investasi Online Terpercaya


Sebagai salah satu hasil perkembangan teknologi, tentunya investasi online menawarkan berbagai keunggulan. Berikut beberapa keunggulan dari investasi online terpercaya.


1. Proses Cepat dan Efisien


Kelebihan investasi online terpercaya salah satunya tidak perlu tatap muka secara langsung dengan orang atau perusahaan penyedia layanan.


Anda dapat memantau langsung melalui gadget kapanpun dan dimanapun. Hal ini tentu memungkinkan semua kalangan dapat melakukan investasi.


2. Tidak Membutuhkan Modal yang Besar


Tak seperti dulu, kini semua kalangan dapat melakukan investasi lantaran dapat dilakukan dengan modal yang kecil. Hal ini tentu memudahkan semua orang dalam berinvestasi.


Banyak penyedia layanan investasi online terpercaya yang memberikan penawaran menarik untuk orang yang ingin melakukan investasi dengan modal yang kecil.



3. Alternatif Tabungan Jangka Panjang


Investasi juga dapat dimanfaatkan sebagai penyimpanan jangka panjang, yang dapat ditingkatkan selama waktu penyimpanan dari aset awal.


Seperti Halnya instrumen investasi keuangan lainnya, investasi online ini juga dapat digunakan sebagai tabungan jangka panjang.


4. Lebih Transparan dan Mudah Dipantau


Karena dioperasikan secara online, investasi online menjadi terpercaya karena transparan dan mudah dipantau kapan saja.


Dengan begitu, Investor tidak perlu repot-repot mengunjungi kantor penyedia layanan untuk memantau perkembangan investasinya



Jenis-Jenis Investasi Online Terpercaya


Kini hampir semua produk investasi konvensional bisa ditransaksikan secara online. Mulai dari investasi reksadana, saham, emas, dan investasi terpercaya dengan profit harian lainnya.


Terdapat pula produk investasi baru seiring dengan perkembangan fintech seperti P2P lending dan crowdfunding. Berikut jenis-jenis investasi online yang dapat kamu pilih sebagai opsi cara berinvestasi:


1. Nabung emas


Emas menjadi salah satu produk investasi yang banyak diminati karena harganya yang cenderung meningkat setiap tahun. Saat ini investasi emas dapat dilakukan secara online yang ditawarkan oleh perusahaan fintech.


2. Reksa dana


Investasi reksadana bekerja dengan mempercayakan dana Anda pada pihak yang berkompeten untuk diinvestasikan di mana dana yang telah dihimpun dari masyarakat akan diinvestasikan ke dalam saham, obligasi, atau instrumen lainnya.


3. P2P lending


P2P lending adalah sebuah platform digital yang mempertemukan pemilik uang dengan pihak yang mengajukan pinjaman. Investasi online terpercaya ini menawarkan pinjaman konvensional maupun syariah berdasarkan ketersediaan produk.



4. Investasi saham


Investasi saham secara online juga banyak dijadikan pilihan oleh mayoritas investor karena prosesnya yang relatif mudah. Dengan modal yang kecil sekalipun, Anda sudah dapat berinvestasi saham.


5. Deposito


Deposito merupakan investasi tabungan berjangka yang dapat dicairkan pada jangka waktu yang telah disepakati. Anda akan memperoleh keuntungan dari suku bunga deposito sekitar 5 – 6 persen per tahun.


6. Equity crowdfunding


Selain deposito, ada juga Equity crowdfunding yang merupakan sebuah program penggalangan dana yang melibatkan masyarakat untuk dijadikan investor pada proyek usaha tertentu. Instrumen yang satu ini umumnya menyasar sektor UKM yang masih dalam proses berkembang.



4 Tips Memilih Investasi Online Terpercaya


Agar dapat memperoleh keuntungan dari investasi online terpercaya, berikut beberapa tips mengenai investasi online yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menginvestasikan dana Anda.

1. Memilih investasi Online Terpercaya


Ada banyak sekali pilihan Investasi online yang ditawarkan mulai dari investasi saham, reksadana, valuta asing, emas hingga pendanaan UMKM atau yang dikenal sebagai P2P (peer-to-peer) lending.


Mekanisme dari investasi-investasi online ini tentu berbeda, begitu juga dengan tingkat profit yang akan diperoleh. Pahami jenis investasi online secara mendalam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


2. Menilai Kredibilitas broker


Berbeda dengan investasi konvensional, investasi online tidak mempertemukan Anda secara langsung dengan broker. Dengan begitu, penting untuk Anda mengetahui calon broker yang nantinya mengelola dana investasi sehingga pilihlah broker dengan kredibilitas yang baik.


3. Memahami Skema Investasi Online


Broker yang kredibel tentunya memiliki skema investasi yang baik untuk investornya. Skema ini akan digunakan sebagai gambaran pengelolaan dana. Pastikan untuk menanyakan terkait skema investasi secara detail kepada broker.


4. Memahami Tingkat Risiko


Selain menawarkan keuntungan, investasi juga memiliki risiko di mana tingkat risiko yang hadir selalu berbanding lurus dengan tingkat profit yang mungkin diperoleh.

Semakin tinggi profit maka semakin tinggi juga risiko yang perlu ditanggung oleh investor. Sehingga pastikan untuk memperkirakan tingkat resikonya sebelum memutuskan untuk berinvestasi.




Itu dia penjelasan seputar investasi online terpercaya beserta tips memilihnya dengan tepat. Mulai investasi Anda sekarang juga melalui program deposito Komunal yang merupakan salah satu platform investasi online yang sudah terdaftar di OJK. Kunjungi website kami dan dapatkan keuntungan suku bunga hingga 6,75%.

share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer