Deposito vs Reksadana: Mana Yang Lebih Menguntungkan?

blog

Deposito vs Reksadana: Mana Yang Lebih Menguntungkan?

DepositoBPR by Komunal

07 Desember 2022

Reksadana vs Deposito, Mana yang lebih menguntungkan? Tentunya banyak orang menginginkan hasil terbaik dari investasi yang mereka lakukan, sehingga penting sekali untuk mengetahui instrumen investasi yang tepat dan memberikan keuntungan terbaik.


Instrumen investasi yang saat ini memiliki cukup banyak peminat, yaitu reksadana dan deposito. Pahami perbedaan deposito vs reksadana, beserta keuntungannya di penjelasan berikut ini.


Perbedaan Reksadana dan Deposito


Reksadana adalah salah satu bentuk investasi dengan konsep kumpulan dana dari banyak investor yang dikelola oleh seorang manajer investasi (MI). Dana yang terkumpul kemudian dikelola dalam bentuk saham, obligasi, pasar uang, pendapatan tetap, atau kombinasi dari keempatnya (reksa dana campuran).


Berbeda dengan reksadana, deposito berjangka adalah produk simpanan dari bank. Dana awal yang disetorkan ke rekening deposito disimpan untuk jangka waktu yang lama, sesuai kesepakatan nasabah dan bank.

Jadi, apa yang akan Anda pilih jika harus dihadapkan dengan reksadana vs deposito? Masih belum yakin dengan pilihan Anda? Simak penjelasan lengkapnya di bawah!



Keuntungan Berinvestasi Melalui Reksadana


Setelah mengetahui perbedaan deposito dan reksadana, kini waktunya mengenal lebih jauh mengenai keuntungan berinvestasi di reksadana untuk mengetahui mana yang terbaik antara deposito vs reksadana. Berikut adalah pandangan yang lebih rinci tentang keuntungan dari investasi reksadana.


1. Manajemen Portofolio Profesional


Salah satu yang dapat dipertimbangkan antara reksadana vs deposito adalah adanya manajemen profesional yang akan menentukan keputusan tentang bagaimana menginvestasikan uang Anda.


2. Reinvestasi Dividen


Karena dividen dan sumber pendapatan bunga lainnya diumumkan untuk dana tersebut, mereka dapat digunakan untuk membeli saham tambahan di reksa dana, sehingga dapat membantu pertumbuhan investasi Anda.


3. Investasi yang terjangkau


Reksa dana mudah dibeli dan mudah dipahami. Anda memiliki kendali penuh atas seberapa banyak dan seberapa sering Anda ingin berinvestasi. Sebagai tip, yang terbaik adalah berinvestasi dalam jumlah kecil secara teratur.



Keuntungan Berinvestasi Melalui Deposito


Untuk mengetahui mana yang terbaik dari reksadana Vs Deposito, mari kita telusuri alasan yang membuat deposito begitu populer di kalangan semua orang. Berikut keuntungan dari berinvestasi melalui deposito:


1. Pengembalian Tetap


Jika berbicara mengenai reksadana vs deposito, tentu tingkat bunga pada deposito bersifat tetap yang berarti terlepas dari situasi pasar sehingga investasi Anda Akan tetap aman.


2. Keamanan Modal


Dengan Deposito, Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya pengikisan modal. Uang Anda tetap berada di bank. Setelah deposito jatuh tempo, Anda akan mendapatkan kembali seluruh jumlah investasi.


3. Jangka Waktu yang Flexible


Deposito bisa Anda jadikan sebagai investasi jangka pendek maupun panjang karena jangka waktu yang ditawarkan sangat flexible yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan investasi Anda.


4. Suku Bunga Kompetitif


Mayoritas orang lebih memilih deposito daripada tabungan biasa karena bunganya jauh lebih tinggi, bahkan tiga kali lipat. Hasil simpanan yang diperoleh lebih tinggi setelah menyimpan uang untuk waktu tertentu.


Besarnya bunga yang diberikan tergantung dari jangka waktu penyimpanan yang dipilih. Selain itu, tingkat suku bunga simpanan telah diatur dan disesuaikan dengan kebijakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).


Mana yang Lebih Baik, Deposito atau Reksadana?


Jika Anda bertanya-tanya mana yang lebih baik antara reksadana vs deposito maka tidak ada jawaban yang pasti. Dalam hal berinvestasi, masing-masing dari Anda akan memiliki persyaratan, tujuan investasi, dan selera risiko yang berbeda.


Sebelum memutuskan mana yang terbaik antara reksadana vs deposito dan apakah akan berinvestasi dalam deposito atau reksadana, penting untuk fokus pada aspek-aspek berikut:


  1. 1.

    Apa tujuan Anda berinvestasi? Tujuan berinvestasi dapat berkisar dari apresiasi modal hingga penghematan pajak atau sekadar menyimpan dana Anda untuk beberapa waktu.


  1. 2.

    Apa selera risiko Anda? Seperti yang disoroti pada penjelasan di atas tentang keuntungan reksadana vs deposito, berinvestasi dalam reksa dana memiliki risiko tertentu. Jadi, jika Anda menghindari risiko, maka lebih baik berinvestasi dalam deposito.


Baca juga : Mengenal Jenis Profil Risiko Investasi & Cara Menentukannya

Jika kamu menginginkan keuntungan yang sudah pasti dan takut mengambil risiko lebih, kamu bisa memilih investasi deposito. Komunal menyediakan layanan deposito yang sudah terjamin oleh LPS dan terdaftar di OJK. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut di DepositoBPR by Komunal



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer