7 Tips Menentukan Prioritas Keuangan yang Perlu Diterapkan

blog

7 Tips Menentukan Prioritas Keuangan yang Perlu Diterapkan

DepositoBPR by Komunal

17 Januari 2024

Siapa, sih, yang nggak mau mencapai kebebasan finansial? Yup, kebebasan finansial memang menjadi dambaan banyak orang agar bisa terbebas dan tidak perlu mengkhawatirkan masalah ekonomi dalam menjalani hidup.

Namun, dalam rangka mencapai kebebasan finansial, sangat penting untuk mengatur dan mengelola prioritas keuangan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan dana-dana yang dibutuhkan dan terhindar dari perilaku boros yang akan menyulitkan.


Mau tahu bagaimana cara menentukan prioritas keuanganmu? Yuk, simak langkah-langkahnya melalui artikel berikut ini.


Berbagai Tips Menentukan Prioritas Keuangan


Skala prioritas keuangan menjadi langkah penting yang perlu dilakukan dalam pengelolaan dan perencanaan finansial.


Selain membantumu untuk mencapai financial freedom, skala prioritas keuangan juga bisa melatihmu dalam mengambil keputusan pada berbagai aspek kehidupan dengan lebih bijak!


Maka dari itu, kamu disarankan untuk segera menerapkan sejumlah cara menentukan prioritas keuangan berikut ini.


1. Menentukan Tujuan Keuangan


Tips menentukan prioritas keuangan yang pertama adalah menentukan tujuan finansial, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Misalnya, kamu ingin dana pensiun telah terkumpul di usia 35 tahun atau siap untuk membeli rumah buat keluarga saat berusia 30 tahun.

Perlu diingat, tujuan keuangan ini perlu dibuat serealistis mungkin dan mempertimbangkan kondisi finansialmu saat ini ya. Dengan begitu, kamu bisa memiliki motivasi dan komitmen yang kuat demi mencapai tujuan keuangan tersebut.



2. Meninjau Kemampuan Finansial Sendiri


Langkah yang perlu dilakukan dalam menentukan prioritas keuangan berikutnya adalah meninjau kemampuan finansial sendiri. Kamu perlu mencatat penghasilan yang bisa didapatkan setiap bulannya, seperti gaji, profit bisnis, dan lain-lain.


Penting pula untuk mendata beberapa hal yang memiliki peran penting dalam menentukan kondisi finansial, seperti aset yang dimiliki, jumlah nilai investasi, hingga kewajiban/utang yang harus dibayar.


Catatan pemasukan dan pengeluaran bulanan ini dapat membantumu untuk mengontrol kondisi finansial sekaligus dijadikan sebagai bahan evaluasi agar bisa mengelola pengeluaran dengan lebih baik lagi.



3. Menyusun Daftar Kebutuhan dengan Bijak


Menyusun daftar kebutuhan dengan bijak menjadi salah satu tips pengelolaan keuangan yang penting untuk diperhatikan. Agar lebih praktis, kamu bisa menyusun daftar kebutuhan berdasarkan tiga kategori, yaitu:


  • Kebutuhan primer: Kebutuhan pokok atau utama yang wajib dipenuhi, seperti belanja keperluan sehari-hari, tempat tinggal, biaya sekolah anak, kesehatan, dan lain sebagainya.

  • Kebutuhan sekunder: Kebutuhan yang penting dan dapat mendukung kebutuhan primer, seperti kendaraan untuk transportasi kerja, alat komunikasi, perabotan rumah tangga, dan lain-lain.

  • Kebutuhan tersier: Kebutuhan tambahan yang dapat membuat kehidupanmu lebih nyaman. Namun, meski tidak terpenuhi, kamu tetap bisa menjadi kehidupan dengan baik. Contohnya adalah membeli beberapa kendaraan di samping keperluan transportasi kerja, pergi berlibur, dan membeli perhiasan.

4. Memperhatikan Tingkat Urgensi


Agar lebih terencana, kamu juga perlu memperhatikan tingkat kepentingan dari setiap kebutuhan. Jika ada kebutuhan yang sangat mendesak, seperti biaya berobat, maka penting untuk dipenuhi sesegera mungkin.


Sementara jika kebutuhan tersebut masih bisa ditunda, seperti stok makanan untuk bulan depan atau membeli gadget baru, lebih baik dijadikan prioritas kedua serta disesuaikan dengan kesanggupan finansial masing-masing.


5. Menyiapkan Dana Darurat


Dalam tips mengelola keuangan, dana darurat menjadi salah satu aspek yang penting dan perlu diperhatikan.


Dana darurat sendiri merupakan sejumlah uang yang disediakan untuk mengantisipasi kejadian atau situasi yang tidak terduga, seperti kecelakaan, terkena PHK, atau terkena dampak bencana alam.

Artinya, dana darurat bisa menjadi dana cadangan untukmu agar tidak mengganggu stabilitas keuangan secara keseluruhan.


Kamu belum punya tanggungan? Nominal ideal dari dana darurat yang perlu dikumpulkan adalah sebesar 3–4 kali dari gaji bulanan. Sementara jika sudah punya tanggungan, kamu disarankan untuk mengumpulkan dana darurat setidaknya 6–12 kali dari gaji bulanan.



6. Menyiapkan Asuransi


Di samping dana darurat, asuransi juga bisa menjadi proteksi atau perlindungan untukmu guna meminimalkan risiko masalah finansial akibat kejadian tidak terduga, terutama yang berkaitan dengan kecelakaan dan kesehatan.


Menyiapkan asuransi ini menjadi hal yang penting, terutama dalam skala prioritas keuangan rumah tangga.


Sebab, jika sewaktu-waktu kamu yang berperan sebagai pencari nafkah utama mengalami kejadian tidak terduga, asuransi dapat digunakan sebagai santunan dan warisan untuk keluarga yang terdampak.


7. Berinvestasi


Investasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan aset dan membantu menambah pemasukan dalam jangka panjang. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memasukkan investasi sebagai skala prioritas keuangan.


Melalui instrumen investasi, kamu juga bisa menghindari risiko penurunan nilai aset akibat pengaruh inflasi.


Salah satu instrumen investasi yang bisa kamu gunakan adalah deposito. Deposito merupakan instrumen investasi low risk yang menawarkan suku bunga lebih tinggi daripada tabungan.

Nah, kalau kamu tertarik untuk melakukan penempatan deposito, menggunakan DepositoBPR by Komunal bisa menjadi jawaban.


DepositoBPR by Komunal merupakan aplikasi yang menyediakan produk deposito dari ratusan BPR terseleksi di Indonesia. Suku bunga yang ditawarkan juga relatif tinggi dari deposito bank umum lain, lho, hingga 6,75% per tahun! Dijamin #LebihUntung, deh.


Kalau soal keamanannya, kamu tak perlu khawatir. DepositoBPR by Komunal sudah tercatat dan diawasi oleh OJK. BPR yang terdaftar pun telah mendapatkan jaminan dari LPS hingga Rp2 miliar per nasabah per akun bank.


Apalagi yang kamu ragukan? Mari #PilihYangTepat untuk kebutuhan investasimu bersama DepositoBPR by Komunal.


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer