blog
Ini 7 Tips untuk Mencapai Kebebasan Finansial yang Sederhana
Komunal Indonesia
28 Juni 2022
Ini 7 Tips untuk Mencapai Kebebasan Finansial yang Sederhana

Kebebasan finansial merupakan sebuah kondisi ketika seseorang dapat memenuhi keinginan, tanpa perlu memikirkan berapa jumlah uang yang perlu dikeluarkan dan tanpa perlu bekerja keras. Sehingga, Anda memperoleh pendapatan pasif di waktu santai sekalipun.



Pendapatan tersebut umumnya diperoleh dari bisnis, investasi mulai dari deposito hingga saham, maupun aset lainnya. Secara sederhana, pada kondisi ini bukan Anda yang bekerja untuk menghasilkan uang, melainkan uang yang bekerja untuk Anda dan menghasilkan pundi-pundi pendapatan yang dapat memenuhi semua kebutuhan hidup.



Tidak mengherankan apabila banyak orang yang mendambakan kondisi finansial yang seperti itu. Untuk mencapai financial freedom ini memang membutuhkan usaha yang keras. Meskipun begitu, kebebasan finansial tidak melulu soal banyaknya uang atau aset yang dimiliki.



Seseorang dapat dikatakan merdeka secara finansial apabila kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi dengan layak, bebas hutang, dan yang pasti bahagia.



Terlepas dari definisi kebebasan finansial yang sangat beragam, Anda dapat melakukan beberapa upaya untuk mencapai kebebasan finansial dengan menerapkan beberapa aturan hanya dengan menerapkan prinsip sederhana dalam pengelolaan keuangan.



7 Tahapan Kebebasan Finansial



Tahap 1 : Clarity


Tahapan pertama dari kebebasan finansial adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap situasi keuangan Anda mulai dari berapa banyak uang yang dimiliki, berapa banyak hutang serta apa tujuan yang ingin dicapai. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mencapai sebuah tujuan finansial.



Tahap 2 : Independency


Tahap selanjutnya adalah tahap di mana seseorang ingin menjadi mandiri secara finansial. pada tahap ini seseorang sudah memiliki penghasilan yang cukup untuk membiayai kebutuhan hidupnya sendiri.



Tahap 3 : Financial relief


Orang-orang di tahap ini memiliki sisa uang setelah mencukupi kebutuhan atau biaya hidup. Sisa uang tersebut dapat digunakan untuk mencapai tujuan finansial yang lain, seperti menabung untuk dana darurat serta berinvestasi untuk masa pensiun.



Ketika sudah di tahap ini, Anda memiliki kelonggaran finansial, namun hal tersebut tidak berarti seseorang memperoleh gaji yang jauh lebih besar.



Tahap 4 : Stability


Seseorang yang sudah berada di tahap 4 telah membayar hutang dengan suku bunga yang tinggi, seperti tagihan kartu kredit, dan memiliki dana darurat dengan nilai yang setara biaya hidup selama enam bulan.



Ketika sudah memiliki dana darurat yang cukup, Anda sudah memiliki jaring pengaman apabila sewaktu-waktu terjadi keadaan yang tak terduga, seperti ketika pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dapat menghilangkan penghasilan Anda.



Tahap 5 : Flexibility


Orang-orang yang sudah berada di tahap ke 5 kebebasan finansial setidaknya sudah memiliki dana darurat yang cukup untuk setidaknya bertahan hidup selama dua tahun. Dengan simpanan sebanyak itu,Anda disarankan untuk tidak menyimpan semuanya dalam bentuk tunai.



Tahap 6 : Financial Independency


Seseorang yang telah sampai pada tahap kemandirian finansial dapat bertahan hidup hanya dari penghasilan yang dihasilkan dari investasi seperti saham atau deposito. Investasi saham dan deposito maupun instrumen lainnya tersebut dapat berupa hasil sewa properti maupun portofolio investasi yang menghasilkan suku bunga.



Untuk mencapai tahap ini, Anda harus menginvestasikan penghasilan Anda dengan persentase yang tinggi ke dalam berbagai instrumen investasi seperti deposito dan saham. Mencapai kemandirian finansial tentu membutuhkan perubahan pemikiran salah satunya dengan berinvestasi di berbagai instrumen seperti deposito dan saham yang memungkinkan Anda untuk memperoleh keuntungan.



Tahap 7: Wealth


Jika seseorang yang berada di tahap 6 perlu memantau perubahan dalam portofolio investasi guna memastikan rencana pensiun akan berjalan sesuai rencana, seseorang yang berada di tahap ke 7 tidak memiliki kekhawatiran semacam itu lagi.



Tahap 7 ini dapat dikatakan sebagai kekayaan yang melimpah di mana seseorang memiliki uang yang nilainya lebih banyak daripada yang mereka butuhkan. Anda tidak perlu khawatir tentang uang pada tahap ini.



Tips Meraih Kebebasan Finansial


Semua orang tentu ingin kebebasan finansial, Untuk mencapainya Anda tidak perlu menjadi orang kaya dulu. Anda dapat mengusahakannya dengan menerapkan perencanaan yang matang. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencapai financial freedom.



1. Membuat Catatan Keuangan


Financial freedom dapat dimulai dengan cara yang sederhana yakni dengan mengatur keuangan. Cara untuk mengatur keuangan dengan baik diawali dengan mencatat uang yang diterima dan digunakan secara rinci. Anda dapat mencatat segala pengeluaran dan pemasukan yang Anda peroleh di sebuah buku atau menggunakan aplikasi pencatatan uang.



Dengan adanya catatan keuangan dapat mempermudah Anda untuk mengetahui pola keuangan Anda. Sehingga Anda dapat mengetahui aktivitas mana yang mengeluarkan banyak uang dan tidak.



2. Melunasi Hutang


Hutang menjadi salah satu alasan yang dapat menjadi hambatan dalam mencapai kebebasan finansial. Usahakan untuk selalu melunasi hutang yang Anda miliki. Terutama hutang yang bersifat konsumtif.



Lain hal apabila Anda menggunakan hutang untuk keperluan usaha, hal tersebut akan lebih baik. Ini dikarenakan hutang yang digunakan untuk kepentingan konsumsi berpotensi untuk terus membengkak dan bertambah.



Contohnya saja, hutang untuk membeli ponsel terbaru, membeli mobil, serta benda-benda lainnya yang tidak termasuk prioritas utama.



3. Hidup Hemat


Usahakan untuk hidup lebih hemat dengan memprioritaskan kebutuhan utama terlebih dahulu. Selain itu, Anda dapat mengurangi untuk membeli barang-barang yang Anda inginkan namun tidak dibutuhkan. Anda juga dapat berhemat dengan menyusun anggaran bulanan sehingga Anda dapat menekan pengeluaran yang terlalu berlebihan.



4. Turunkan Rasa Gengsi


Untuk hidup hemat dan mencapai kebebasan finansial, Anda perlu memperhatikan gaya hidup. Usahakan untuk hidup dengan sederhana dan tidak terbawa gengsi hingga menyebabkan pengeluaran Anda membengkak.



Mulailah untuk hidup dengan gaya hidup yang biasa saja, tanpa perlu peduli dengan gengsi. Kurangi kegiatan yang akan menghabiskan uang Anda dengan percuma.



5. Menabung Secara Rutin


Tabunglah sebagian dari penghasilan yang Anda peroleh, Anda dapat memisahkan rekening tabungan dengan rekening lainnya agar tidak tercampur dan mudah dikelola. Tentukan nilai setoran untuk tabungan yang tetap untuk setiap bulannya. Cara yang satu ini dapat membantu untuk mempermudah perhitungan.



Namun, jangan juga terlalu memaksakan diri untuk menabung apabila penghasilan Anda belum begitu memadai sehingga Anda mengabaikan kebutuhan sehari-hari.



6. Tambah Aset Investasi


Cara yang satu ini merupakan salah satu usaha yang tepat untuk mencapai kebebasan finansial yang layak untuk dicoba. Anda dapat menginvestasikan sebagian uang yang dimiliki untuk menambah aset. Anda dapat menyimpan uang melalui instrumen investasi apa saja mulai dari deposito, saham, reksadana, P2P lending, emas, dan lain sebagainya.



Investasi seperti saham dan deposito tersebut akan menjadi sumber penghasilan Anda di masa mendatang. Sehingga kedepannya, kebutuhan hidup Anda dapat dipenuhi dengan memanfaatkan keuntungan yang didapat dari hasil investasi.



7. Pikirkan Untuk Dapatkan Penghasilan tambahan


Selain melakukan investasi melalui saham dan deposito, untuk Anda yang memiliki waktu luang di luar jam kerja utama, tidak ada salahnya untuk bekerja lebih ekstra untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ada banyak sekali cara untuk memperoleh penghasilan tambahan contohnya saja dengan membuka usaha kecil atau pekerjaan lain, namun tetap perhatikan waktu untuk beristirahat.



Untuk mencapai kebebasan finansial, Anda dapat melakukannya dengan cara-cara yang sederhana seperti menginvestasikan uang Anda melalui
share

Bagikan