blog
Mengenal Lebih Jauh Arti Deposito Beserta 3 Jenisnya
Komunal Indonesia
20 Juni 2022
Mengenal Lebih Jauh Arti Deposito Beserta 3 Jenisnya
Mengelola keuangan merupakan hal yang sangat penting karena dapat berpengaruh untuk keberlangsungan hidup di masa yang akan datang. Mengelola keuangan juga membutuhkan pertimbangan yang matang agar mendapatkan hasil yang maksimal. Investasi menjadi salah satu solusi mayoritas masyarakat untuk mengelola keuangan, salah satu instrumen investasi yang cukup populer dan banyak dimanfaatkan oleh banyak orang adalah


Untuk mencapai rasa aman secara finansial, memiliki tabungan saja tidaklah cukup. Anda juga perlu melindungi dana yang Anda miliki dari inflasi yang terjadi setiap tahun.



Dengan adanya ancaman inflasi, masyarakat dituntut untuk memanfaatkan berbagai macam cara selain menabung, hal ini dikarenakan suku bunga yang didapatkan dari tabungan belum cukup untuk melampaui rata-rata inflasi setiap tahunnya. Sehingga tak ada salahnya untuk mencoba produk perbankan lainnya yakni deposito.



Mengenal Arti Deposito


Ada banyak sekali produk simpanan yang ditawarkan oleh perbankan, salah satunya adalah deposito ini. Arti deposito sendiri antara lain adalah uang yang disimpan di bank. Dalam dunia keuangan, deposito dapat merujuk pada sejumlah uang yang disimpan atau ditempatkan di rekening bank dalam jangka waktu tertentu, yang umumnya dilakukan untuk mendapatkan bunga.



Jangka waktu yang diterapkan dalam deposito biasanya bervariasi mulai dari 30 hari hingga sekitar 5 tahun. Dana yang sudah didepositkan pun harus dicairkan sesuai batas waktu yang telah disepakati sebelumnya. Apabila nasabah ingin mencairkan dana sebelum batas waktu yang ditentukan. Pihak bank dapat mengenakan denda atau penalti.



Meskipun dana yang didepositokan hanya dapat diambil setelah jangka waktu yang disepakati selesai, deposito menawarkan keunggulan tersendiri yang tidak ditawarkan oleh tabungan biasa. Suku bunga yang ditawarkan oleh bank untuk produk deposito dapat dikatakan lebih kompetitif dibanding tabungan biasa.



Kebanyakan investor memilih deposito sebagai instrumen investasi karena risiko yang ditawarkan terbilang rendah. Hal tersebut dikarenakan deposito juga termasuk kedalam jaminan LPS yang berarti deposito merupakan produk investasi yang sudah terjamin.



Mengenal Deposito BPR


Setelah memahami arti deposito, Anda perlu mengetahui salah satu produk deposito yang menawarkan suku bunga tinggi yakni deposito BPR. Sebagian orang mungkin belum begitu familiar dengan produk deposito yang ditawarkan oleh bank BPR.



Selain menginvestasikan uang Anda di bank umum, Anda juga dapat melakukan investasi melalui bank BPR yang menawarkan deposito dengan tingkat bunga yang cukup tinggi.


Perlu diketahui, deposito BPR merupakan produk simpanan berjangka yang ditawarkan oleh Bank Perkreditan Rakyat dengan suku bunga yang lebih tinggi dari bunga deposito yang ditawarkan oleh bank umum. Selain itu jangka waktu penyimpanannya juga tersedia dalam beberapa pilihan waktu hingga 12 bulan.



Tak berbeda jauh dengan produk deposito yang ditawarkan oleh bank umum, yang membedakan adalah nilai suku bunga yang ditawarkan. Sebagian orang mungkin akan bertanya kenapa nilai suku bunga deposito yang ditawarkan oleh BPR lebih tinggi dibanding bank umum? Tingginya suku bunga yang ditawarkan tersebut bertujuan agar BPR juga dapat bersaing dengan bank besar di luar sana dalam menghimpun dana masyarakat.



Selain itu, umumnya pendanaan kredit BPR yang diberikan untuk para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki bunga yang relatif tinggi juga. Hal tersebut otomatis akan berpengaruh pada penghasilan bunga yang lebih tinggi juga untuk dana simpanan.



Suku bunga deposito yang ditawarkan oleh Bank Perkreditan Rakyat memang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan suku bunga deposito bank umum. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena suku bunga deposito BPR sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).



Rata-rata nilai suku bunga yang ditawarkan BPR seluruh wilayah Indonesia umumnya mencapai 6% per tahun. Hal tersebut menjadikan BPR lebih unggul dari bank umum yang rata-rata menawarkan bunga deposito tertinggi di angka 4% saja untuk pertahunnya.



Masih bingung untuk menyimpan uang dengan tepat dan menghasilkan keuntungan berlipat? Deposito BPR ini dapat Anda jadikan pilihan untuk berinvestasi dengan aman. Dengan suku bunga yang tinggi serta jangka waktu yang beragam menjadikan produk deposito yang disediakan oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dapat menjadi pilihan strategis.



Keuntungan Deposito


Setelah mengetahui arti deposito dan dan mengenal produk deposito BPR, tentu Anda ingin mengetahui mengenai keuntungan apa saja yang ditawarkan oleh produk perbankan yang satu ini. Tentunya, jika dibandingkan dengan tabungan biasa deposito memiliki banyak keunggulan.



Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh deposito antara lain suku bunga yang ditawarkan deposito lebih tinggi serta lebih kompetitif jika dibandingkan dengan simpanan biasa. Selain itu, dengan adanya jaminan dari LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan memberi arti deposito sebagai pilihan investasi yang aman sekaligus minim akan risiko.



LPS sendiri memberikan jaminan dana untuk setiap nasabah dengan jumlah mencapai 2 miliar Rupiah dengan nilai suku bunga maksimal sebesar 6% untuk setiap bank. Sehingga apabila bank tempat Anda mendepositokan uang mengalami kebangkrutan, LPS akan menjamin dana Anda agar tetap aman. Oleh karena itu, pastikan bank yang Anda pilih untuk menyimpan uang telah terdaftar di LPS sehingga Anda akan merasa aman.


Selain itu, persyaratan yang harus dipenuhi relatif lebih mudah menjadikan produk perbankan yang satu ini banyak diminati oleh berbagai kalangan.




Tips Memilih Deposito Yang Tepat


Sebelum mengambil langkah untuk mendepositokan uang yang Anda miliki, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal saat hendak menentukan produk deposito. Hal utama yang perlu dipertimbangkan antara lain adalah memastikan reputasi serta kinerja bank penyedia produk deposito yang akan dipilih.



Pastikan bank yang dipilih memenuhi syarat yang sesuai standar kualifikasi berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Bank tersebut juga harus memiliki laporan keuangan yang sehat sehingga uang yang Anda depositokan akan aman dan terhindar dari resiko yang tidak diinginkan. Selain itu, Anda juga harus memastikan suku bunga yang ditawarkan oleh bank sesuai dengan batas yang dijamin oleh LPS yakni paling tinggi senilai 6%. Anda perlu hati-hati terhadap bank yang menawarkan nilai suku bunga yang menggiurkan di atas ketentuan LPS agar terhindar dari penipuan yang marak terjadi belakangan ini.




Setelah mengetahui dan memahami lebih lanjut mengenai arti deposito, jenis-jenis, keuntungan serta tips dalam menentukan bank, Anda dapat memilih bank untuk mendepositokan uang Anda dengan tepat.



Salah satu platform deposito BPR dengan reputasi yang baik dan terdaftar serta diawasi oleh OJK adalah DepositoBPR by Komunal yang menawarkan berbagai keunggulan mulai dari suku bunga yang menarik hingga jangka waktu yang beragam.


share

Bagikan