Inilah Perbandingan Hitungan Bunga Deposito BTN dan BPR

blog

Inilah Perbandingan Hitungan Bunga Deposito BTN dan BPR

DepositoBPR by Komunal

30 Juni 2024

Investasi deposito adalah salah satu cara yang bisa dilakukan dalam mencapai kebebasan finansial di masa depan. Saat ini, penawaran suku bunga deposito antar bank sangat kompetitif, seperti bunga deposito BTN dan BPR.

Ketika akan melakukan deposito di bank, kamu sebaiknya mencari tahu suku bunganya sebagai bentuk pertimbangan. Untuk informasi lebih lanjut, simak artikel berikut yang akan membahas tentang besaran bunga deposito BTN saat ini dan perbandingannya dengan BPR.


Tingkat Suku Bunga Deposito BTN dan BPR


Sebelum melakukan perhitungan suku bunga, kamu perlu memahami pengertian deposito sekaligus besaran bunga deposito bank BTN dan BPR terlebih dahulu. Deposito merupakan produk simpanan uang yang ditawarkan oleh bank dengan tingkat pencairan lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Pencairan deposito hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Deposito dapat dijadikan sebagai langkah mengatur keuangan yang tepat. Misalnya, ketika mendapatkan THR, maka kamu bisa melakukan investasi dengan uang THR tersebut. Selain lebih bijak, uang itu nantinya dapat digunakan sebagai dana darurat.

Terdapat banyak jenis deposito yang dapat dipilih, mulai dari deposito berjangka, deposito on call, hingga deposito valas (valuta asing). Suku bunga deposito yang ditawarkan pada setiap bank juga berbeda-beda, begitu pula dengan keuntungan akhir yang diperoleh.


Bank BTN adalah bank yang menyediakan berbagai fasilitas dan produk, salah satunya adalah Deposito BTN Ritel Rupiah. Produk tersebut merupakan bentuk kemudahan investasi berjangka yang ditawarkan oleh BTN dalam mata uang rupiah.


Ada dua cara sistem Deposito BTN Ritel Rupiah, yaitu secara offline di Kantor Cabang BTN dan online di BTN mobile. Tenor deposito yang tersedia sangat beragam, mulai dari 1, 2, 3, 4, 6, 12, hingga 24 bulan.

Selain itu, suku bunga deposito BTN saat ini cukup bersaing dengan bank lainnya. Berikut ini adalah besaran BTN bunga deposito yang berlaku per 9 Juni 2023 secara efektif.



Sementara itu, BPR menawarkan produk deposito BPR dengan suku bunga mencapai 6,75% p.a. Suku bunga tersebut relatif lebih besar dibandingkan dengan bank lainnya dan telah dijamin oleh LPS.

Tenor deposito di BPR, yaitu 1 hingga 12 bulan. Investasi deposito di BPR didukung oleh teknologi keuangan (fintech) yang canggih sehingga keamanannya juga terjamin.


Rumus Hitung Bunga Deposito BTN dan BPR


Untuk mengetahui jumlah keuntungan akhir, kamu bisa melakukan perhitungan BTN bunga deposito dan BPR. Perhitungan tersebut dapat dilakukan dengan rumus hitung bunga deposito BTN saat ini vs BPR. Adapun rumus-rumus perhitungannya adalah sebagai berikut.


Total Bunga Deposito = Dana Investasi x (Suku Bunga p.a / 12 bulan) x Masa Tenor


Total Pajak = Total Bunga Deposito x Nilai Pajak Deposito


Total Bunga Deposito Akhir = Jumlah Bunga Deposito - Total Pajak


Pada umumnya, deposan akan dikenakan pajak deposito sebesar 20% apabila nominal uang yang mereka depositokan > Rp7.500.000. Sedangkan, jika jumlah uangnya < Rp7.500.000, maka deposan tidak akan dikenakan pajak.


Simulasi Perhitungan Bunga Deposito BTN vs. BPR


Setelah mengetahui rumus-rumus hitung BPR dan BTN bunga deposito, kamu dapat melakukan simulasi perhitungannya. Simulasi ini berguna untuk membandingkan berapa suku bunga deposito BTN saat ini dan BPR beserta jumlah keuntungan akhirnya.

Selain itu, hasil perhitungannya nanti dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum akhirnya berinvestasi deposito di bank. Sebagai contoh, kamu akan melakukan deposito di BTN dan BPR sebesar Rp75.000.000, maka simulasi perhitungan bunga deposito Bank BTN vs BPR adalah sebagai berikut.



Demikian penjelasan mengenai bunga deposito Bank BTN dan perbandingannya dengan BPR. Melalui pembahasan di atas, kamu menjadi lebih paham suku bunga deposito mana yang memberikan jumlah keuntungan lebih tinggi.


Apabila kamu menginginkan keuntungan yang lebih besar saat berdeposito, maka DepositoBPR by Komunal adalah opsi yang paling tepat. Penawaran suku bunga yang relatif besar di DepositoBPR by Komunal sesuai dengan preferensi yang kamu inginkan. Dengan bunga deposito yang besar, maka keuntungan pencairan yang didapatkan juga lebih besar.

Saat ini, DepositoBPR by Komunal telah berstatus aman karena dijamin oleh LPS. Jadi, kamu tidak perlu khawatir terkena investasi bodong dan bisa menyimpan uang dengan aman serta praktis di DepositoBPR by Komunal.


Ayo #PilihYangTepat sekarang juga dengan simpanan rasa investasi bersama DepositoBPR by Komunal!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer