Manajer Investasi: Pengertian, Fungsi, dan Cara Memilihnya

blog

Manajer Investasi: Pengertian, Fungsi, dan Cara Memilihnya

DepositoBPR by Komunal

22 September 2024

Investasi kini kian digemari oleh masyarakat karena ingin mewujudkan tujuan finansial jangka panjangnya. Nah, tahukah kamu bahwa dalam investasi terdapat seseorang atau perusahaan yang berperan menghandle portofolio investasi? Profesi ini dinamakan manajer investasi.

Manajer investasi adalah individu atau perusahaan yang memiliki pengetahuan dan pengalaman kerja dalam dunia keuangan sehingga dapat membantu kamu mengambil keputusan investasi dengan tepat.


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manajer investasi, kamu juga perlu tahu kalau investasi deposito di DepositoBPR by Komunal jadi semakin menguntungkan, lho.


Dengan program “Ajak Teman Dapat Bonus”, kamu berkesempatan memperoleh untung berlebih. Cukup ajak teman untuk nabung deposito di DepositoBPR by Komunal dan bagikan kode referralmu untuk kesempatan menang cashback hingga Rp1,5 juta. Klik di sini untuk informasi lengkapnya!

Manajer Investasi: Pengertian, Fungsi, dan Cara Memilihnya

Apa itu Manajer Investasi?


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manajer investasi adalah seseorang atau perusahaan yang disewa oleh investor untuk mengelola dana dalam portofolio investasi. Dalam hal ini,  manajer investasi bertugas untuk memberikan keuntungan maksimal dari keputusan investasi atas nama investor dalam kurun waktu tertentu.

Oleh karena itu, setiap manajer investasi selalu berusaha memberikan kinerja dan kemampuannya agar investasi kliennya berjalan dengan lancar. Selain itu, manajer investasi juga berhak menentukan untuk mempertahankan instrumen investasi maupun memindahkannya pada instrumen lain jika mengalami kerugian.


Tugas Manajer Investasi


Manajer investasi memiliki beberapa tugas penting yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan jasanya. Berikut ini adalah beberapa tugas dari manajer investasi:


1. Memantau dan Mengevaluasi Kinerja


Manajer investasi harus rutin memantau kinerja dari portofolio investasi milik klien kemudian membandingkannya dengan target atau benchmark yang sudah ditetapkan sebelumnya. Selain itu, profesi ini juga harus melakukan penyesuaian jika diperlukan agar tujuan investasi tercapai.


2. Mengambil Keputusan Investasi


Seperti yang telah disinggung sebelumnya, profesi ini memiliki tugas untuk memutuskan penjualan dan pembelian investasi berdasarkan riset pasar yang telah dilakukan. Oleh karena itu, manajer investasi harus melakukan penyesuaian dengan berbagai perubahan kondisi pasar maupun situasi klien yang terkait dengan profil risiko investasi.

3. Analisa Pasar


Analisa pasar dengan melakukan riset secara keseluruhan terkait investasi merupakan tugas penting manajer investasi. Dalam hal ini, profesi ini perlu melakukan analisa mendalam mengenai pasar keuangan dan mengidentifikasi peluang serta tren investasi. Tak hanya itu, diperlukan pula riset secara fundamental maupun teknikal mengenai berbagai instrumen investasi, seperti obligasi, saham, pasar uang, deposito dan lainnya.



4. Patuh pada Regulasi


Seorang manajer investasi haruslah patuh pada regulasi terkait aktivitas investasi. Selain itu, ia juga perlu bekerja sama dengan regulator dan auditor untuk memastikan akuntabilitas dan transparansi investasi.


5. Merencanakan Portofolio


Tugas dari manajer investasi selanjutnya adalah merencanakan portofolio milik klien. Artinya, profesi ini harus membuat dan mengimplementasikan strategi investasi yang telah disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan klien. Biasanya, seorang manajer investasi akan melakukan diversifikasi portofolio untuk mengurangi profil risiko klien.


6. Melaporkan pada Klien


Terakhir, manajer investasi haruslah melakukan pelaporan kepada klien terkait kinerja portofolio, baik keuntungan, kerugian, hingga perubahan nilai investasi. Kemudian, posisi ini juga harus menjelaskan dengan rinci mengenai saran terkait strategi investasi kepada klien.


Cara Memilih Manajer Investasi yang Tepat


Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa dari manajer investasi guna memaksimalkan hasil investasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Adapun cara memilih manajer investasi adalah sebagai berikut:


1. Reputasi dan Pengalaman


Ketika akan menggunakan jasa dari manajer investasi, Anda perlu memperhatikan reputasi dan jejak pengalaman kerjanya di masa lalu. Selain itu, Anda juga perlu melihat ulasan serta testimoni setiap klien sebelumnya.


2. Layanan dan Komunikasi


Jangan lupa memilih manajer investasi yang responsif dan komunikatif dalam menjawab segala pertanyaan seputar kebutuhan investasi Anda. Selain itu, pastikan bahwa mereka dapat menyediakan laporan secara berkala serta update mengenai kinerja dari portofolio investasi Anda.


3. Biaya Pengelolaan


Jangan lupa untuk menanyakan biaya pengelolaan dari investasi jasa ini. Tanyakan dengan jelas komisi dan struktur biaya yang dikenakan. Selain itu, pastikan bahwa tidak ada biaya tersembunyi yang dapat mengurangi nilai investasi Anda jika menggunakan jasa manajer investasi.


4. Strategi Investasi


Diskusikan dengan jelas mengenai strategi investasi yang akan diterapkan dan pastikan hal tersebut telah sesuai dengan kondisi, kebutuhan, dan tujuan keuangan Anda. Dalam hal ini, pilihlah manajer investasi yang bisa menyesuaikan strategi dengan pasar yang dinamis.


5. Kepatuhan dan Regulasi


Terakhir, pastikan bahwa manajer investasi yang akan Anda pilih telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK maupun lembaga berwenang lainnya. Selain itu, jangan lupa pastikan bahwa mereka mematuhi peraturan dan memiliki lisensi terkait jasa yang ditawarkan.


Demikian informasi lengkap mengenai manajer investasi, mulai dari pengertian, tugas, hingga cara memilihnya. Dapat disimpulkan bahwa manajer investasi merupakan para ahli yang berperan penting dalam mengelola portofolio investasi Anda. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni, manajer investasi dapat membantu Anda mencapai tujuan finansial dengan lebih efektif.


Salah satu produk investasi yang bisa Anda gunakan adalah deposito. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan jasa DepositoBPR by komunal #LebihPraktis dengan keuntungan menjanjikan. Dengan satu kali daftar, kamu dapat membuka ratusan deposito di berbagai BPR terpilih di Indonesia.

Selain itu, Deposito di BPR juga #LebihUntung dengan bunga mencapai 6.75%  p.a. Tak hanya itm penempatanan deposito di BPR juga telh dijamin #LebihAman karena dijamin oleh LPS atau Lembaga Simpan Pinjam hingga Rp2 miliar per nasabah per bank. Menarik bukan?


Sebagai contoh, misalnya kamu ingin berinvestasi Rp10.000.000 per bulan, dengan waktu 12 bulan. Dalam hal ini, kamu akan mendapat bunga deposito tahunan sebesar 6.75% p.a. Berikut ini perhitungannya.


Manajer Investasi: Pengertian, Fungsi, dan Cara Memilihnya


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer