blog
Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Finansial dan 3 Tujuannya
DepositoBPR by Komunal
05 Desember 2022
Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Finansial dan 3 Tujuannya

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui apa Itu finansial, perlu diketahui finansial adalah istilah yang secara luas menggambarkan studi dan sistem uang, investasi, dan instrumen keuangan lainnya.



Menurut Gitman, seorang pakar ekonomi dunia, finansial adalah aktivitas yang berkaitan dengan manajer keuangan dalam sebuah perusahaan. Finansial sendiri dapat dibagi secara luas menjadi tiga kategori berbeda yakni keuangan publik yang meliputi kebijakan pajak, pengeluaran, penganggaran, dan penerbitan utang yang memengaruhi cara pemerintah membayar layanan yang diberikannya kepada publik.



Selain itu ada finansial perusahaan, kategori ini mengacu pada aktivitas keuangan yang terkait dengan menjalankan perusahaan atau bisnis, biasanya dengan divisi atau departemen yang dibentuk untuk mengawasi aktivitas keuangan tersebut.



Sedangkan finansial pribadi melibatkan uang untuk individu dan keluarga mereka, termasuk penganggaran, menyusun strategi, menabung dan berinvestasi, membeli produk keuangan, dan menjaga aset.



Apa Tujuan Finansial?


Setelah mengetahui apa itu finansial, mengetahui tujuan dari finansial itu sendiri juga menjadi bagian yang cukup penting. Tujuan keuangan adalah target yang ingin dicapai saat mengelola uang Anda. Itu bisa melibatkan menabung, membelanjakan, menghasilkan, atau bahkan berinvestasi. Oleh karena itu, keuangan memungkinkan alokasi sumber daya modal yang lebih efisien.



Selain mengetahui apa itu finansial, membuat daftar tujuan keuangan sangat penting untuk membuat anggaran. Ketika Anda memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang Anda tuju, berusaha menuju target Anda dapat dilakukan dengan mudah. Tujuan finansial dapat dibedakan menjadi tiga sebagai berikut:



Tujuan Finansial Jangka Pendek


Setelah mengetahui apa itu finansial, penting untuk mengetahui tujuan finansial jangka pendek Anda harus dimulai dari menetapkan anggaran, mengurangi hutang Anda, dan mengumpulkan dana darurat. Setelah Anda mengetahui anggaran, penting untuk mulai memikirkan bagaimana Anda dapat mengurangi hutang dan kemudian dapat menyimpan uang itu untuk beberapa tujuan jangka menengah dan jangka panjang Anda.



Tujuan Finansial Jangka Menengah


Tujuan jangka menengah adalah tujuan yang mengikat tujuan jangka pendek dan jangka panjang secara bersama-sama. Beberapa tujuan jangka menengah mungkin untuk menyelesaikan pembayaran biaya sekolah, menabung untuk pernikahan, menabung untuk rumah pertama, atau bahkan melakukan renovasi rumah saat ini.



Tujuan Keuangan Jangka Panjang


Beberapa contoh tujuan jangka panjang meliputi melunasi hipotek Anda, menabung untuk pendidikan anak, dan pensiun.



Ketika memiliki anak, Anda akan selalu merasa memiliki waktu yang banyak untuk mulai menabung untuk dana pendidikan mereka. Namun, tanpa disadari dalam sekejap mereka berusia delapan belas tahun dan lulus SMA! Menyiapkan tujuan jangka panjang akan membantu Anda mempersiapkan hari tersebut, dan mengurangi beban penambahan biaya sekolah tambahan sekaligus.Terakhir, Menyiapkan dana pensiun di usia muda memastikan Anda akan memiliki masa pensiun yang lebih nyaman dan kebebasan finansial untuk menikmatinya!




Mengenal Risiko Finansial


Mengetahui Apa itu finansial memang penting, namun risiko finansial juga tidak kalah pentingnya. Risiko finansial adalah kemungkinan terjadinya kehilangan uang pada investasi atau usaha bisnis. Beberapa risiko keuangan yang lebih umum meliputi risiko kredit, risiko likuiditas, dan risiko operasional.



Risiko keuangan adalah bahaya yang dapat mengakibatkan hilangnya modal bagi pihak yang berkepentingan. Risiko likuiditas datang dalam dua hal yang ditakuti investor. Yang pertama melibatkan sekuritas dan aset yang tidak dapat dibeli atau dijual dengan cukup cepat untuk mengurangi kerugian di pasar yang bergejolak. Risiko likuiditas pasar adalah situasi di mana hanya ada sedikit pembeli tetapi banyak penjual.



Risiko operasional adalah risiko kerugian finansial terkait kegagalan orang, proses, dan sistem dalam operasi sehari-hari. Risiko operasional merangkum ketidakpastian dan bahaya yang dihadapi perusahaan ketika mencoba melakukan aktivitas bisnis sehari-hari dalam bidang atau industri tertentu. Suatu jenis risiko bisnis, dapat diakibatkan oleh gangguan dalam prosedur internal, orang, maupun sistem.



Nah itu dia penjelasan mengenai apa itu finansial, tujuannya dan resiko finansial yang perlu Anda ketahui. Ketahui lebih dalam mengenai apa itu finansial dan komponen finansial lainnya seperti literasi finansial dengan mengunjungi website DepositoBPR by Komunal di https://depositobpr.id/ sekarang juga.



share

Bagikan