Hedonisme: Pengertian, Penyebab, Beserta Cara Mengatasinya

blog

Hedonisme: Pengertian, Penyebab, Beserta Cara Mengatasinya

DepositoBPR by Komunal

08 Januari 2024

Hedonisme adalah jenis gaya hidup yang menawarkan kepuasan dan kenikmatan tanpa memikirkan konsekuensinya untuk jangka panjang. Berbanding terbalik dengan frugal living, hedonisme atau sering juga disebut sebagai “berhedon” lebih berfokus mencari kesenangan sebagai nilai utama kehidupan.

Maka dari itu, orang-orang dengan gaya hidup hedonisme selalu menginginkan sesuatu yang lebih demi mencapai kepuasan dan kenikmatan. Tapi, tentunya kebiasaan tersebut tidak boleh dilakukan secara terus-menerus karena dapat memicu timbulnya risiko finansial hingga gangguan kesehatan fisik maupun mental.


Supaya kamu lebih bijak dalam mengelola keuangan dan bisa menghindari gaya hidup yang buruk ini, mari simak uraian lengkap terkait apa itu hedonisme, mulai dari pengertian sampai cara mengatasinya!

Apa itu Hedonisme?


Hedonisme adalah pandangan hidup seseorang yang memiliki tujuan untuk menikmati dan merasakan kebahagiaan sesering mungkin. Jadi, penganut hedonisme akan berusaha sangat keras untuk menghindari hal-hal yang dapat membuatnya merasa sedih.


Hedonisme juga sering dikaitkan dengan gaya hidup konsumtif. Hal ini dikarenakan hedonisme dapat mendorong seseorang untuk membeli barang secara impulsif demi memenuhi kepuasan dan kenikmatan sesaat.

Ciri-Ciri Hedonisme


Perilaku hedonisme dapat ditemukan dengan mudah di tengah masyarakat. Akan tetapi, tak sedikit juga orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terjebak dalam hedonisme. Maka dari itu, beberapa ciri-ciri hedonisme adalah sebagai berikut:


  • Menjalani hidup boros karena mengejar kemewahan.

  • Selalu mementingkan keinginan dibandingkan kebutuhan.

  • Tidak pernah merasa puas dengan apa yang dimiliki saat ini.

  • Hanya memikirkan kepuasan dan kenikmatan sendiri sehingga cenderung egois.

  • Memilih pertemanan berdasarkan kekayaan.

Contoh Gaya Hidup Hedonisme


Secara umum, seseorang dengan perilaku hedonisme memiliki kebiasaan-kebiasaan yang mencolok dalam memenuhi keinginannya. Adapun beberapa contoh perilaku hedonisme adalah sebagai berikut:


  • Menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk melakukan aktivitas yang kurang produktif, seperti bermalas-malasan dan bermain video game.

    Gemar membelanjakan uang untuk barang atau layanan yang kurang bermanfaat.

    Jarang memikirkan masa depan sehingga tidak memiliki asuransi, investasi, dan dana darurat.

  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang enak, tanpa memikirkan kandungan gizi.

  • Selalu mentraktir teman, bahkan tidak ragu untuk menggunakan uang hasil utang.


Faktor Penyebab Gaya Hidup Hedonisme


Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang menerapkan gaya hidup hedonisme, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Beberapa faktor penyebab perilaku hedonisme adalah sebagai berikut:


1. Faktor Internal


Faktor penyebab perilaku hedonisme secara internal merujuk pada aspek-aspek yang ada di dalam diri orang tersebut, seperti sikap, motif, persepsi, dan pengalaman. Adapun faktor internal yang dapat memicu hedonisme adalah:


  • Memiliki tingkat nafsu dan keinginan yang tinggi.

  • Tidak takut akan risiko yang dapat membahayakan masa depan.

  • Berinisiatif tinggi sehingga merasa dapat mencari kesenangan meskipun sendirian.

  • Sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan materi.

2. Faktor Eksternal


Sementara itu, faktor eksternal merujuk pada aspek-aspek yang berada di sekitar individu tersebut, seperti lingkungan dan orang terdekat. Adapun faktor eksternal yang dapat menyebabkan perilaku hedonisme adalah:


  • Pola asuh yang cenderung dimanja sehingga keinginannya selalu terpenuhi.

  • Adanya tekanan sosial sehingga harus menjalankan hidup boros demi memenuhi standar.

  • Iklan dan tren yang tengah populer.

  • Memiliki sumber daya materi yang banyak, seperti uang dan properti.

Dampak Negatif dari Gaya Hidup Hedonisme


Meskipun hedonisme dapat memberikan kepuasan dan kenikmatan yang instan, namun prinsip ini juga bisa memicu dampak-dampak negatif, terutama jika dilakukan dalam jangka waktu panjang. Beberapa dampak dari menerapkan perilaku hedonisme adalah:


  • Munculnya masalah keuangan untuk jangka panjang karena pengeluaran tidak terkendali.

  • Memicu kebiasaan buruk, seperti sering berhutang atau melakukan korupsi.

  • Memicu pola hidup tidak sehat yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada fisik dan mental.

  • Mudah merasa kecewa dan stres ketika keinginan tidak terpenuhi.

  • Memiliki sifat individualisme yang tinggi sehingga tidak peduli dengan orang lain.

  • Sulit melaksanakan tanggung jawab karena terbiasa hidup enak.


Cara Mengatasi Gaya Hidup Hedonisme


Jika kamu merasa terjebak dalam gaya hidup ini, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi perilaku hedonisme, seperti:


1. Menerapkan Gaya Hidup Minimalis


Pertama, cara mengatasi hedonisme adalah menerapkan gaya hidup yang minimalis. Kamu bisa memulainya dengan menghindari hal-hal yang hanya bernilai kemewahan dan memprioritaskan kebutuhan.


2. Mengatur Keuangan dengan Cermat


Selanjutnya, cara efektif untuk mengatasi hedonisme adalah membuat budget bulanan yang bijaksana. Dalam hal ini, prioritaskan pengeluaran yang bersifat pokok dan urgent. Pastikan juga untuk memantau pengeluaran secara rutin demi menghindari hidup boros.

3. Mensyukuri Apa yang Dimiliki Saat Ini


Salah satu cara mengatasi hedonisme adalah dengan mensyukuri apa yang dimiliki saat ini. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi keinginan berlebih dan menghindari kepuasan yang bersifat sementara.


4. Selektif dalam Memilih Teman


Selektif dalam memilih teman juga termasuk cara mengatasi gaya hidup hedonisme. Kenapa begitu? Sebab, teman yang bisa memberikan nilai-nilai positif dapat membantumu terhindar dari kebiasaan-kebiasaan kurang baik, seperti gaya hidup hedonisme.


5. Menyingkirkan Kegiatan yang Kurang Bermanfaat


Upaya lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi gaya hidup hedonisme adalah dengan menyingkirkan kegiatan yang kurang bermanfaat. Sebagai gantinya, carilah kegiatan yang bisa mengarahkan energi dan waktumu untuk kegiatan produktif, seperti mengikuti kursus, membaca buku,atau berolahraga.


6. Mencari Dukungan dari Orang Tepercaya


Apabila kamu kesulitan untuk mengatasi hedonisme, maka carilah bantuan dari ahlinya, seperti psikolog. Psikolog dapat membantumu untuk lebih memahami penyebab perilaku hedonisme, mengubah pola pikir negatif, serta merancang tujuan hidup yang lebih bermakna.


7. Menerapkan Mindset yang Produktif


Terakhir, kamu harus bisa memahami nilai-nilai penting kehidupan. Dengan begitu, kamu bisa membuat tujuan hidup yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar untuk mencapai kebahagiaan jangka panjang.


Demikian penjelasan terkait apa itu hedonisme beserta ciri-ciri, contoh, faktor, dampak, dan cara mengatasinya. Jadi, hedonisme adalah cara menjalani hidup yang berfokus untuk memenuhi keinginan secara optimal, tanpa berpikir panjang terkait masa depan.


Jika kamu merasa tengah menjalani gaya hidup serupa, yuk mulai belajar mengatur keuangan secermat mungkin dengan berinvestasi di DepositoBPR by Komunal. DepositoBPR by Komunal adalah aplikasi yang menyediakan berbagai macam produk deposito dari BPR, baik konvensional maupun syariah.

DepositoBPR by Komunal memberikan penawaran suku bunga yang lebih tinggi dari deposito bank umum dan telah sesuai dengan ketentuan LPS, yaitu mencapai 6,75% per tahun.


Jadi, aplikasi ini tentunya bisa membuat kamu #LebihUntung. Selain itu, kamu juga tak perlu khawatir dengan kredibilitasnya karena DepositoBPR by Komunal sudah tercatat dan diawasi oleh OJK.


Tunggu apa lagi? Yuk, manfaatkan DepositoBPR by Komunal sekarang juga supaya kamu bisa merasakan #SimpananRasaInvestasi sekaligus membuat keuanganmu #MakinMaksimal setiap harinya!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer