10+ Investasi Masa Depan yang Menguntungkan untuk Milenial

blog

10+ Investasi Masa Depan yang Menguntungkan untuk Milenial

DepositoBPR by Komunal

02 November 2023

Berbagai jenis investasi masa depan dapat dimanfaatkan oleh milenial. Kenapa bisa begitu? Pasalnya, kamu harus tahu bahwa investasi adalah hal yang menguntungkan, apalagi jika dilakukan secara rutin dan sejak muda. Sebab, berbagai hasil dari investasi dapat menguntungkan di masa depan pula.


Adapun salah satu cara menginvestasikan uang di usia muda adalah dengan memilih jenis investasi yang sesuai kesanggupan dan rencana masa depanmu. Dengan begitu, kamu akan merasakan berbagai manfaat investasi untuk masa depan.

Berkaitan dengan hal ini, terdapat berbagai pilihan produk investasi yang bagus untuk masa depan.


Untuk mengetahui beberapa rekomendasi jenis investasi masa depan yang bisa menguntungkan kamu, yuk, baca artikel ini hingga akhir!


Manfaat Investasi Masa Depan


Investasi dapat memberikan keuntungan untuk seseorang. Jika dilakukan sejak muda, kamu bisa menggunakan investasi untuk merencanakan masa depan.


Adapun manfaat investasi masa depan selengkapnya adalah sebagai berikut.


  • Memiliki financial freedom sejak muda.

  • Menjadi bekal guna memenuhi berbagai kebutuhan keuangan di masa depan, seperti untuk pendidikan S2, pernikahan, atau keperluan pribadi lainnya.

  • Bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

  • Jika punya aset, kamu bisa melindungi nilainya dari inflasi.

  • Menjadi dana jaminan untuk masa tua setelah pensiun.

Rekomendasi Investasi Masa Depan


Jika ingin merencanakan masa depan, kamu bisa memilih produk investasi yang sesuai kemampuan finansialmu, lho.


Berikut ini adalah beberapa rekomendasi investasi masa depan yang menguntungkan.


1. Investasi Bisnis


Rekomendasi investasi masa depan yang pertama adalah bisnis. Jadi, investasi ini dilakukan dengan menggunakan sejumlah dana untuk membuka bisnis.


Adapun mempunyai bisnis sendiri merupakan investasi jangka panjang yang bisa menguntungkan. Sebab, laba usaha mutlak dimiliki oleh kamu.


Contoh usaha yang bisa kamu coba adalah bisnis online, franchise, perkebunan, budidaya ikan hias, dan lain-lain.


2. Investasi Saham


Salah satu produk investasi masa depan yang paling umum adalah saham. Dengan investasi saham, kamu akan mempunyai kepemilikan di suatu perusahaan.


Selain itu, kamu akan menerima capital gain dan pembagian dividen dari perusahaan tersebut.


Jika ingin investasi saham menguntungkan, kamu bisa memastikan kondisi perusahaannya terlebih dahulu.


Caranya, kamu bisa cek laporan keuangannya, prospek bisnisnya, serta kredibilitas dan rekam jejaknya.



3. Investasi Properti


Kemudian, produk investasi untuk masa depan lainnya adalah properti. Jadi, kamu bisa membeli properti untuk mendapatkan keuntungan melalui penyewaan atau penjualan kembali di masa depan.


Contohnya, kamu bisa membeli rumah, apartemen, ruko, dan tanah. Perlu diketahui, harga aset ini bisanya mengalami kenaikan setiap tahunnya. Oleh karena itu, properti dapat menjadi pilihan investasi jangka panjang yang bagus.


Adapun, di masa kini, kamu bisa melakukan investasi properti online dengan property equity crowdfunding, P2P lending, atau pembelian saham emitennya.


4. Investasi Asuransi


Pilihan investasi masa depan selanjutnya adalah asuransi. Adapun jenis investasi asuransi yang paling menguntungkan adalah unit link. Pada dasarnya, unit link adalah produk asuransi yang memberi perlindungan dan investasi.


Sebagai pekerja, kamu bisa menggunakan produk ini untuk menyiapkan tabungan masa depan. Pasalnya, unit link dapat menjadi investasi jangka panjang yang meningkatkan kekayaan


5. Investasi Mata Uang Asing


Produk investasi masa depan selanjutnya adalah mata uang asing. Adapun penanaman modal dilakukan dengan membeli mata uang asing.


Sebagai tips, belilah mata uang tersebut saat harganya murah dan jual ketika naik. Dengan begitu, kamu akan mendapat keuntungan dari investasi mata uang asing.


Biasanya, investasi yang paling menguntungkan adalah dengan dolar US, Singapura, Australia, atau Hongkong. Selain itu, Euro, Pound Sterling, Yen, Rial Oman, dan Dinar Kuwait juga bisa menguntungkan.


6. Investasi Crypto


Selain itu, crypto merupakan jenis investasi untuk masa depan yang modern. Adapun crypto adalah mata uang digital yang hanya digunakan di dunia maya. Contohnya, ada bitcoin, litecoin, dogecoin, dan sebagainya.


Pada umumnya, modal trading cryptocurrency dapat dimulai dari Rp10.000. Ketika melakukan trading cryptocurrency, harganya bisa naik tinggi sehingga kamu akan cuan besar.


Namun, risiko investasi crypto cukup tinggi. Pasalnya, fluktuasinya sangat cepat sehingga kamu bisa rugi dalam sekejap.


7. Investasi Reksadana


Lalu, reksadana dapat menjadi pilihan investasi masa depan selanjutnya. Perlu diketahui, risiko investasi ini rendah sehingga cocok untuk pemula.


Adapun produk yang bisa dipilih adalah reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham.


Sebagai tips, kamu bisa investasi reksadana secara online dengan modal mulai dari Rp10.000.



8. Investasi Emas


Jenis investasi untuk masa depan selanjutnya adalah emas. Adapun investasi emas online merupakan pilihan terbaik di masa kini. Caranya, kamu bisa beli di marketplace atau menabungnya melalui aplikasi investasi emas.


Perlu diketahui, modal investasi ini pun terbilang murah, mulai dari Rp100 hingga 5.000 untuk mendapatkan 0,0001 gram emas.


FYI, kalau melakukan investasi jangka panjang, kamu bisa mendapat imbal balik hingga 12% per tahun.


9. Investasi Tabungan Berjangka


Selain itu, tabungan berjangka merupakan salah satu produk investasi untuk masa depan lainnya.


Perlu dipahami, produk ini merupakan jenis tabungan dengan jangka waktu, seperti halnya deposito. So, kamu tidak bisa mengambil uang di setiap saat seperti tabungan biasa.


Biasanya, masa tenornya dimulai dari 6 bulan dan dapat mencapai 20 tahun. Keuntungannya, besaran setoran setiap bulan disesuaikan dengan kemampuan nasabah.


10. Investasi Obligasi Pemerintah


Kemudian, obligasi pemerintah dapat menjadi pilihan produk investasi masa depan. Adapun contoh produk obligasi pemerintah adalah Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan, Surat Berharga Negara (SBN), Obligasi Negara Ritel, dan Saving Bond Ritel (SBR).


Jika berinvestasi dengan produk ini, kamu harus menunggu masa jatuh tempo yang ditetapkan pemerintah.


11. Investasi Deposito


Rekomendasi investasi masa depan yang terakhir adalah deposito. Adapun deposito adalah produk simpanan perbankan yang dapat dijadikan sarana investasi menguntungkan. Sebab, tingkat suku bunganya bisa mencapai 5–6% per tahun.


Selain itu, investasi deposito minim risiko karena bisa mendapatkan penjaminan dari LPS hingga mencapai Rp2 miliar per nasabah per bank.


Pada umumnya, minimal setoran deposito adalah Rp1 juta dan maksimal tenornya sampai 24 bulan.


Demikian sejumlah rekomendasi jenis investasi masa depan menguntungkan yang dapat dicoba milenial.


Seperti disinggung di atas, deposito merupakan salah satu jenis investasi yang bagus untuk masa depan. Sebab, deposito menawarkan suku bunga tetap yang cukup tinggi tanpa banyak usaha.


Kalau kamu tertarik membuka deposito yang menawarkan imbal hasil tinggi, DepositoBPR by Komunal bisa menjadi pilihan!


Pasalnya, DepositoBPR by Komunal menawarkan keuntungan yang tinggi, bahkan hingga mencapai 6,75% p.a, lho!


Eits, jangan khawatir dulu! Jumlah tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dari LPS serta tercatat dan diawasi OJK. So, uang yang kamu simpan dijamin aman.


Jadi, mau tunggu apalagi? Yuk, segera kembangkan danamu dan nikmati #SimpananRasaInvestasi di DepositoBPR by Komunal!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer