Kenali Frugal Living, Gaya Hidup Sederhana Orang-Orang Kaya

blog

Kenali Frugal Living, Gaya Hidup Sederhana Orang-Orang Kaya

DepositoBPR by Komunal

25 Juli 2024

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai financial freedom di usia muda adalah dengan menerapkan frugal living. Frugal living artinya secara bahasa adalah hidup hemat. Gaya hidup ini mengutamakan kemerdekaan finansial daripada hidup mewah.

Untuk dapat menerapkan gaya hidup yang satu ini, kamu harus bisa konsisten dan dapat menahan segala macam godaan yang berujung pemborosan. Buat kamu yang tertarik untuk mengetahui arti frugal living, tujuan, dan cara menerapkannya, baca artikel ini sampai habis.


Apa itu Frugal Living?


Arti frugal living adalah gaya hidup hemat yang menjadikan seseorang sebisa mungkin menghindari pembelian hal yang tidak penting. Perlu diketahui, gaya hidup ini merupakan gaya hidup orang-orang kaya di dunia.

Orang-orang kaya tersebut hidup dalam kesederhanaan dan tidak mengedepankan kehidupan yang mewah. Fokus utama mereka adalah untuk mencapai kemerdekaan finansial.


Frugal living atau hidup hemat yang sering kali disamaartikan dengan pelit. Padahal, dua hal tersebut sangat berbeda. Hidup hemat tidak mempermasalahkan membeli suatu barang mahal jika memang barang tersebut dibutuhkan.


Sedangkan pelit biasanya enggan atau takut membeli suatu barang meskipun harganya murah dan memang dibutuhkan.


Tujuan Frugal Living?


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, gaya hidup hemat mengedepankan kebebasan finansial. Selain dapat diterapkan guna mencapai kebebasan finansial, frugal living juga memiliki beberapa tujuan lain. Adapun tujuan frugal living adalah sebagai berikut.


  • Mengurangi hutang: Gaya hidup hemat akan menekan pengeluaran sehingga kamu bisa fokus untuk melunasi hutang-hutang yang ada.

  • Menambah tabungan: Apabila pengeluaran dapat ditekan, maka kamu bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk ditabung.

  • Bantu mengidentifikasi kebutuhan: Dengan menerapkan gaya hidup hemat, kamu jadi bisa mengetahui dengan lebih pasti apa saja hal yang benar-benar dibutuhkan.


Cara Menerapkan Frugal Living


Dari beberapa pembahasan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa frugal living merupakan gaya hidup yang baik sehingga direkomendasikan untuk diterapkan sedini mungkin. Apabila tertarik untuk menerapkan gaya hidup ini, kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah.


1. Menentukan Skala Prioritas


Pertama-tama, tentukan skala prioritas dengan mengutamakan kebutuhan kamu daripada keinginan yang tidak begitu penting. Menentukan skala prioritas akan membantu kamu untuk menghemat pengeluaran.


Jadi, kamu terhindar dari pembelian barang-barang yang tidak diperlukan. Dengan cara ini, tentu saja uangmu tidak akan habis begitu saja, bukan? Kamu juga akan lebih mudah dalam mengontrol keuangan.


2. Mencatat Setiap Pengeluaran


Mencatat setiap jenis pengeluaran dalam frugal living adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Cara ini dapat membantumu untuk menjalani hidup hemat dengan lebih baik. Melalui catatan tersebut, kamu akan mengetahui ke mana saja perginya uang yang sudah dikeluarkan, sehingga sekaligus bisa menjadi bahan evaluasi.

Membuat catatan pengeluaran cenderung membuat seseorang menjadi lebih bijak dalam mengeluarkan uang. Jadi, bisa terhindar dari belanja barang-barang yang tidak perlu.


3. Manfaatkan Barang yang Tidak Terpakai


Frugal living adalah usaha untuk menghemat pengeluaran sebisa mungkin. Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran adalah menggunakan kembali barang bekas yang masih bisa terpakai. Hal tersebut tentu jauh lebih hemat daripada membeli barang baru. Jika memang terpaksa harus membeli, maka kamu bisa membeli barang preloved yang biasanya menawarkan harga jauh lebih murah.


4. Hindari FOMO


FOMO atau Fear of Missing Out adalah salah satu sikap yang sering kali menjadi pemicu seseorang untuk hidup boros. Perlu kamu ingat bahwa hidup ini terus berjalan, sehingga jangan kaget kalau ada berbagai hal baru yang selalu bermunculan.

Namun, jika kamu selalu menuruti dan ingin mengikuti tren tersebut, maka jangan heran jika kamu menjadi lebih boros. Jadi, berusahalah untuk mengendalikan diri dan tidak mengalami FOMO. Jika berhasil melakukan hal tersebut, maka kamu bisa menghentikan banyak pengeluaran yang tidak perlu.



5. Membangun Kebiasaan Menabung dan Investasi


Menerapkan gaya hidup hemat berarti kamu akan memiliki pengeluaran yang sedikit sehingga memungkinkan pemasukan yang didapatkan digunakan untuk hal lain. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu tujuan dari hidup hemat adalah untuk menambah tabungan. Lalu, buat kamu yang masih belum menabung maka bangunlah kebiasaan tersebut mulai sekarang.


Selain menabung, kamu juga bisa mengikuti investasi untuk mendapat keuntungan yang lebih banyak. Salah satu bentuk investasi yang aman dengan risiko rendah adalah deposito. Maka dari itu, kamu bisa melakukan deposito sebagai langkah awal membangun kebiasaan menabung dan investasi


6. Jangan Malu untuk Berburu Diskon


Diskon atau promo merupakan satu hal positif yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa tetap memenuhi kebutuhan dengan pengeluaran yang lebih kecil berkat adanya diskon atau promo. Maka dari itu, jangan malu untuk berburu diskon maupun promo yang sering dilakukan di toko maupun supermarket.


Itulah beberapa informasi mengenai frugal living yang perlu kamu ketahui. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu cara menerapkan frugal living adalah dengan membangun kebiasaan menabung dan berinvestasi.


Bagi yang belum pernah berinvestasi sama sekali, maka kamu bisa coba berinvestasi dalam bentuk deposito. Salah satu produk deposito yang menguntungkan di Indonesia adalah DepositoBPR by Komunal.


Dengan bunga hingga 6,75% p.a., kamu bisa #LebihUntung daripada investasi deposito di bank lainnya. Selain itu, DepositoBPR by Komunal juga berstatus direkomendasikan oleh OJK.

Well, kalau kamu pengguna baru DepositoBPR by Komunal, cobain promo SERBA SERBU juga bisa membuatmu semakin untung!


Soalnya, promo ini menawarkan cashback sampai dengan Rp500.000 jika kamu menempatkan deposito dengan nominal tertentu (minimal Rp5 juta) menggunakan kode promo BARUPERTAMA dan BARULAGI. Mau tahu lebih lanjut tentang promonya? Yuk, cek di link berikut ini!

Dengan memanfaatkan promo cashback tersebut, kamu bisa menerapkan konsep frugal living secara maksimal, lho. Contohnya, saat ini, kamu memiliki kebutuhan untuk membeli motor baru seharga Rp10 juta motor lama telah rusak.


Kemudian, bagi kamu yang merupakan pengguna baru DepositoBPR by Komunal, maka bisa memanfaatkan kode promo BARUPERTAMA untuk memperoleh cashback yang bisa menambahkan tabungan untuk motor barumu.


Selanjutnya, kamu bisa menyisihkan sebagian gajimu untuk menabung di DepositoBPR by Komunal dengan ketentuan seperti berikut ini:



Alhasil, dengan pertama kali menempatkan deposito melalui DepositoBPR by Komunal, kamu bisa berhemat sekitar Rp600 ribu untuk membeli motor baru seharga Rp10 juta!


Jadi, tak perlu ragu lagi, mari rasakan #SimpananRasaInvestasi di DepositoBPR by Komunal sekarang!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer