Financial Planner: Pengertian, Tugas, Tipe & Manfaatnya

blog

Financial Planner: Pengertian, Tugas, Tipe & Manfaatnya

DepositoBPR by Komunal

08 Desember 2023

Financial planner adalah seseorang yang memiliki keahlian untuk merencanakan sekaligus mengelola aspek keuangan. Berkat keahliannya, seorang financial planner bisa membantu membuatkan rencana keuangan yang efektif dan sesuai dengan kondisi serta keinginan klien.


Tugas financial planner pun bukan hanya memberikan solusi untuk permasalahan keuangan, tapi juga membantu klien untuk mencapai kebebasan keuangan atau financial freedom. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang memanfaatkan jasa perencanaan keuangan demi mencapai tujuan finansialnya.

Apakah kamu tertarik untuk menggunakan jasa perencanaan keuangan? Atau mungkin ingin menjadi salah satu dari mereka? Yuk, simak dulu uraian lengkap terkait financial planner di bawah ini supaya lebih paham!


Apa itu Financial Planner?


Financial planner adalah seseorang atau lembaga profesional yang menawarkan jasa perencanaan keuangan untuk membantu klien mencapai kesejahteraan finansial. Klien yang dimaksud dapat berupa individu, instansi, maupun perusahaan.

Meskipun jasa ini lebih sering digunakan untuk membuat perencanaan keuangan sehari-hari, namun ada juga yang melayani untuk merancang strategi investasi hingga pengumpulan dana pensiun.

Manfaat Menggunakan Jasa Financial Planner


Jasa perencanaan keuangan dapat memberikan sejumlah manfaat, terutama bagi kamu yang mungkin masih belum memahami bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. Adapun beberapa manfaat menggunakan jasa perencanaan keuangan adalah sebagai berikut:

  • Membantu merumuskan tujuan keuangan yang realistis dan terperinci.

  • Memungkinkan diskusi yang lebih mendalam mengenai pengelolaan keuangan.

  • Mendapatkan bimbingan agar bisa mengatur keuangan dengan bijak.

  • Membantu memahami situasi ekonomi saat ini dan memberikan saran terkait cara menghadapinya.

    Memberikan pengetahuan terkait strategi investasi yang tepat dan cara mengelola risikonya.

    Mengawasi aktivitas keuangan sehari-hari supaya terhindar dari perilaku konsumtif.

Tugas Financial Planner


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tugas utama dari jasa perencanaan keuangan adalah membantu merencanakan keuangan klien agar bisa mencapai tujuan finansialnya. Berikut ini tugas financial planner, yaitu:


1. Menganalisis Karakteristik Klien


Sebelum membuat perencanaan keuangan, seorang financial planner harus menganalisis karakteristik dari kliennya sendiri. Karakteristik tersebut dimulai dari latar belakang, gaya hidup, sampai kondisi lingkungan di sekitarnya. Hasil analisis ini bisa dijadikan sebagai patokan untuk membuat perencanaan keuangan yang efektif.



2. Membantu Memetakan Tujuan Keuangan Klien


Tak sedikit klien yang belum mengetahui apa tujuan keuangannya secara spesifik. Disinilah peran financial planner dibutuhkan, yaitu untuk menuntun klien memetakan tujuan keuangannya secara realistis, mulai dari jangka pendek, menengah, sampai panjang.


3. Mengevaluasi Kondisi Keuangan Klien


Jasa perencanaan keuangan juga bertugas untuk melakukan financial check up terhadap kondisi keuangan klien dalam jangka waktu tertentu, seperti bulanan atau tahunan. Pemeriksaan bisa dimulai dari beberapa aspek keuangan, seperti total penghasilan, pengeluaran, jumlah aset, dan cicilan utang yang harus dibayar.

4. Merancang Anggaran Keuangan Klien


Setelah mengetahui karakteristik, tujuan, dan kondisi finansial klien, tugas selanjutnya yang harus dilakukan adalah merancang anggaran keuangan klien. Anggaran keuangan harus dibuat secara terstruktur supaya klien bisa mengelola keuangannya secara efektif.


5. Menjalankan dan Mengawasi Jalannya Rencana Keuangan


Tugas financial planner tidak berhenti di perencanaan saja, mereka juga harus mengawasi aktivitas keuangan klien sehari-hari. Apabila di tengah jalan klien menemukan kesulitan, maka seorang financial planner harus bisa memikirkan solusi yang tepat untuk mencegah risiko keuangan yang lebih besar.


Tipe Financial Planner


Ada beberapa tipe financial planner yang dapat dipilih sesuai aspek keuangan dan kebutuhan klien. Selain itu, masing-masing tipe juga menawarkan biaya layanan yang bervariasi. Selengkapnya, tiga jenis jasa perencanaan keuangan, yaitu:


1. Robo-Advisor


Robo-advisor adalah salah satu jenis layanan untuk membuat rencana keuangan yang sederhana. Robo-advisor dijalankan secara otomatis oleh teknologi kecerdasan digital, di mana komputer akan menentukan rencana keuangan kamu sesuai algoritma data yang tersimpan.


Harga jasa robo-advisor cenderung terjangkau karena tidak membutuhkan biaya operasional yang besar. Oleh karena itu, jasa ini sangat cocok bagi kamu yang sekadar membutuhkan bantuan dalam mengelola keuangan pribadi.



2. In-Person Financial Planner


Selanjutnya, ada juga in-person financial planner, yaitu jasa perencanaan keuangan untuk tujuan yang lebih kompleks dan jangka panjang. Maka dari itu, rencana keuangan yang dibuat oleh jasa ini akan lebih spesifik dibandingkan robo-advisor. Selain itu, harga jasa ini juga cenderung tinggi karena kebutuhan biaya operasional yang besar.


3. Online Financial Planning Service


Apabila kamu ingin menggunakan kedua tipe jasa di atas secara bersamaan, maka online financial planning service adalah pilihan yang tepat. Jasa yang satu ini dapat membantumu menyusun rencana keuangan sesuai algoritma komputer dan hasil konsultasi secara langsung.


Biaya online financial planning service cenderung bervariasi, tergantung dari layanan yang kamu pilih. Jadi, sebelum memakai jasa ini, sebaiknya kamu cari tahu dulu berapa harga pasti dari layanan yang akan dipakai.


Syarat Menjadi Financial Planner


Untuk menekuni profesi ini, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Seseorang yang berencana bekerja di bidang jasa financial planner harus memahami ilmu-ilmu keuangan secara mendalam, seperti akuntansi, manajemen keuangan, dan perpajakan.

Selain itu, untuk menjadi perencana keuangan, kamu harus memperoleh sertifikasi dari Financial Planning Standard Board. Sertifikat tersebut telah diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan cara mendapatkannya yaitu dengan menyelesaikan program gelar profesi Certified Financial Planner (CFP).



Itu dia penjelasan terkait apa itu financial planner beserta informasi penting lainnya, mulai dari syarat, tugas, tipe, dan manfaatnya. Setelah membaca uraian di atas, apakah kamu tertarik untuk menggunakan jasa financial planner?


Namun, perlu diingat bahwa biaya menggunakan jasa perencanaan keuangan terbilang cukup mahal. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena masih ada cara lain yang bisa membuat keuanganmu #MakinMaksimal, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi DepositoBPR by Komunal.

DepositoBPR by Komunal adalah aplikasi yang menjembatani nasabah dengan produk deposito dari BPR, baik konvensional maupun syariah. DepositoBPR by Komunal pun menawarkan suku bunga lebih tinggi dari deposito bank umumnya dan sesuai dengan ketentuan LPS yaitu mencapai 6,75% p.a.


Selain itu, DepositoBPR by Komunal juga sudah tercatat dan diawasi oleh OJK, sehingga keuanganmu akan tersimpan dengan aman. Jadi, yuk gunakan DepositoBPR by Komunal sekarang juga supaya kamu bisa merasakan sensasi #SimpananRasaInvestasi!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer