Ini Bunga Deposito Neobank dan Perbandingannya dengan BPR

blog

Ini Bunga Deposito Neobank dan Perbandingannya dengan BPR

DepositoBPR by Komunal

27 Juni 2024

Salah satu sistem pengelolaan keuangan yang patut dicoba adalah dengan berinvestasi di bank digital, seperti Neobank dan BPR. Banyak orang lebih memilih deposito sebagai instrumen investasi karena besaran deposito Neobank dan BPR memang cukup bersaing dengan bank digital lainnya.

Meskipun begitu, kamu sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu berapa besaran suku bunga deposito di Neobank maupun bank lainnya sebelum berinvestasi. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan suku bunga mana yang sesuai dengan kebutuhan.


Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan mengenai besaran bunga deposito di Neobank dan perbandingannya dengan di BPR berikut ini!


Apa itu Deposito?


Deposito adalah produk penyimpanan uang dengan sistem penyetoran di awal yang disediakan oleh bank dengan ketentuan penarikan sesuai jangka waktu tertentu. Ketentuan tersebut pastinya sudah melalui kesepakatan antara bank dengan nasabah yang melakukan deposito.


Banyak orang tertarik melakukan deposito karena besaran suku bunga yang ditawarkan memang lebih kompetitif jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Deposito juga memiliki beberapa opsi jangka waktu simpanan (tenor), mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan.

Tenor deposito tersebut dapat dipilih oleh nasabah sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Deposito adalah investasi yang terbilang aman, stabil, dan cocok untuk kamu yang ingin menyimpan uang sekaligus mengembangkan dana.

Terdapat beberapa jenis deposito yang umumnya disediakan oleh bank, yaitu deposito berjangka, deposito syariah, deposito valas, deposito bertahap, dan deposito on-call. Setiap jenis deposito memiliki ketentuan dan karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan aturan yang berlaku di bank.


Sebagai contoh, apabila kamu melakukan deposito di Neobank, maka semua ketentuan deposito pun akan disesuaikan dengan aturan yang berlaku di Neobank. Oleh karena itu, selain mempertimbangkan besaran suku bunga, pastikan untuk selalu memilih produk deposito di perbankan yang mempunyai reputasi baik jika akan berdeposito.


Besaran Suku Bunga Deposito Neobank


Neobank adalah bank digital dengan layanan inovatif yang mengedepankan kemudahan pada berbagai transaksi perbankan dalam satu genggaman. Beberapa layanan yang ditawarkan oleh Neobank, yaitu Tabungan, Deposito (WOW dan Flexi), Pinjaman, dan lain sebagainya.


Layanan produk deposito Neobank menyediakan tingkat suku bunga yang beragam. Besaran suku bunga deposito Neobank bergantung pada jumlah uang dan masa tenor yang diambil oleh nasabah. Kamu bisa melakukan deposito Neobank dengan minimum deposit sebesar Rp100.000,-.


Deposito WOW di Neobank pada masa tenor 1 bulan menawarkan suku bunga sebesar 6,50% per tahun. Sedangkan, besaran bunga deposito di Neobank Flexi dengan masa tenor 1 bulan adalah 6,00%. Besaran suku bunga deposito Neobank ini berlaku per tanggal 15 Oktober 2023.


Namun, perlu diketahui bahwa apabila total nominal saldo deposito pada suatu bank lebih dari Rp2 miliar, dan/atau besaran suku bunga yang didapatkan oleh nasabah melebihi suku bunga yang dijamin oleh LPS, maka simpanan nasabah tersebut tidak mendapat jaminan dari LPS.



Simulasi Perhitungan Bunga Deposito Neobank vs. BPR


Melakukan perhitungan suku bunga bisa membantu nasabah untuk membandingkan tingkatan suku bunga yang ditawarkan oleh setiap bank.


Misalnya, BPR yang menawarkan suku bunga deposito hingga 6,75% dan sudah mendapatkan penjaminan dari LPS. Sementara itu, bunga deposito Neobank yang ditawarkan dengan masa tenor 1 bulan, mulai dari 6,00% per tahunnya.


Sebelum menghitung besaran bunga deposito di Neobank, perlu diketahui bahwa jika jumlah uang yang didepositokan lebih dari Rp7.500.000, maka nilai pajak deposito adalah 20%. Namun, apabila kurang dari nominal tersebut, maka tidak dikenakan pajak deposito.

Perhitungan suku bunga deposito Neobank dan BPR dapat dilakukan dengan rumus-rumus yang sederhana, seperti berikut ini.


Total Bunga Deposito = Dana Investasi x (Suku Bunga per tahun / 12 bulan) x Masa Tenor


Sebagai contoh, kamu ingin melakukan deposito sebesar Rp1.000.000, Rp3.000.000, dan Rp5.000.000, maka simulasi perhitungan bunga deposito Neobank WOW vs BPR adalah sebagai berikut.



Sementara itu, simulasi perhitungan bunga deposito Neobank Flexi vs. BPR adalah sebagai berikut.




Nah, itulah pemaparan lengkap mengenai besaran suku bunga deposito Neobank beserta simulasi perhitungannya agar bisa dibandingkan dengan BPR. Besaran suku bunga akan berpengaruh pada jumlah keuntungan yang diperoleh nantinya.


Apabila kamu ingin melakukan investasi dengan penawaran suku bunga yang relatif besar, DepositoBPR by Komunal adalah opsi yang tepat untuk kamu. Dengan suku bunga yang relatif besar, maka jumlah keuntungan yang akan didapatkan pun lebih besar.

Prosedur investasi di DepositoBPR by Komunal tergolong mudah dan aman karena telah mendapat jaminan dari LPS. Selain itu, prosesnya pun praktis karena bisa dilakukan melalui aplikasi.


Yuk, kelola uang menjadi simpanan rasa investasi dengan #PilihYangTepat bersama DepositoBPR by Komunal mulai sekarang!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer