Perhitungan Bunga Deposito 1 Miliar BCA vs BPR, Pilih Mana?

blog

Perhitungan Bunga Deposito 1 Miliar BCA vs BPR, Pilih Mana?

DepositoBPR by Komunal

29 Maret 2024

Deposito BCA bisa jadi salah satu jenis investasi yang dapat dipilih oleh nasabah. Jika kamu memiliki dana 1 miliar, bunga deposito BCA 1 miliar menjadi salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Saat ini, bunga deposito BCA 1 miliar berkisar antara 2,10% hingga 3,75% per tahun, tergantung pada jangka waktu yang dipilih.


Di sisi lain, BPR menawarkan tingkat bunga deposito 1 miliar yang lebih tinggi dibandingkan bank lainnya, termasuk BCA. Saat ini, suku bunga deposito BPR rata-rata mencapai 6,75% per tahun. Lantas, manakah yang bisa kamu pilih sebagai tempat investasi terbaik? Berapa bunga deposito BCA yang akan didapatkan?

Yuk, simak artikel ini selengkapnya untuk mengetahui cara menghitung bunga deposito dari contoh simulasi yang disediakan.


Pengertian Deposito


Deposito adalah instrumen keuangan yang memungkinkan individu dan bisnis untuk menyimpan dan mengamankan dana mereka. Berdasarkan laman resmi Otoritas Jasa Keuangan, deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu dan syarat tertentu.


Salah satu keuntungan utama membuka deposito yang perlu kamu ketahui adalah kestabilan suku bunga. Suku bunga deposito pada umumnya lebih tinggi dari suku bunga tabungan biasa, dan nilainya tetap untuk jangka waktu tertentu. Hal ini tentu menjadikan deposito sebagai pilihan menarik untuk berinvestasi yang lebih stabil dan aman.



Cara Menghitung Bunga Deposito


Jika kamu ingin mengetahui berapa bunga yang akan diperoleh dari deposito 1 miliar, kamu bisa menggunakan rumus ini:


Bunga Deposito = Dana Investasi x (Suku Bunga per Tahun / 12) x Masa Tenor


Untuk menghitung nilai bunga yang akan dihasilkan dari deposito senilai 1 miliar, kamu bisa menggunakan serangkaian rumus di atas. Selanjutnya, kamu dapat menghitung nilai akhir bunga deposito atau nilai deposito setelah dikurangi pajak yang berlaku. Untuk menghitung pajak bunga deposito, berikut adalah rumusnya:

Total Pajak = Bunga Deposito x Nilai Pajak


Untuk mendapatkan total bunga deposito akhir setelah dipotong pajak, kamu dapat menggunakan rumus berikut:


Total Bunga Deposito Akhir = Bunga Deposito - Total Pajak


Penjelasan:


  • Dana Investasi = Jumlah uang yang didepositokan.

  • Suku Bunga per Tahun = Persentase bunga yang ditawarkan bank per tahun.

  • Masa Tenor = Jangka waktu deposito dalam bulan.

Saat menghitung potensi hasil investasi, kamu juga harus mempertimbangkan kewajiban pajak. Oleh sebab itu, selain menghitung total pendapatan bunga, jumlah pajak yang harus dipotong juga harus dipertimbangkan.



Cara Menghitung Bunga Deposito BCA 1 Miliar


Bank BCA sendiri menetapkan suku bunga tenor 3 bulan sebesar 3,25% untuk nominal di bawah Rp2 miliar. Diketahui dana awal sebesar Rp1.000.000.000 yang diinvestasikan dengan suku bunga deposito 3,25% untuk tenor 3 bulan, serta pajak sebesar 20%.


Sementara itu, untuk tenor deposito 6 bulan, Bank BCA menetapkan suku bunga 1 miliar sebesar 2,25%. Sedangkan untuk deposito BPR 1 miliar masih tetap sama di angka 6,75%.

Di sisi lain, bunga deposito yang ditawarkan oleh BPR adalah sebesar 6,75%, yang mana hal tersebut telah sesuai dengan suku bunga yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).


Untuk lebih memahami cara menghitung bunga deposito, kamu bisa mencoba simulasi perhitungannya. Untuk kali ini, kamu dapat melihat perbandingan antara bunga deposito BCA 1 miliar dengan bunga deposito BPR 1 miliar.



Itulah penjelasan tentang cara menghitung besaran bunga deposito BCA yang patut kamu ketahui. Setelah melihat simulasinya, kamu dapat menyimpulkan bahwa memilih DepositoBPR by Komunal sebagai tempat berinvestasi akan memberikan keuntungan yang lebih besar.

DepositoBPR by Komunal menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada Bank BCA, yakni mencapai hingga 6,75% per tahun. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dalam periode yang sama.


Tidak hanya itu, investasi kamu akan #LebihAman dan terlindungi dengan jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Yuk, buat #PilihanTepat dengan segera membuka #InvestasiSimpananRasa bersama DepositoBPR by Komunal!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer