Bunga Deposito BCA 1 Miliar vs BPR, Begini Cara Hitungnya!

blog

Bunga Deposito BCA 1 Miliar vs BPR, Begini Cara Hitungnya!

DepositoBPR by Komunal

09 Agustus 2024

Investasi deposito memang menjadi salah satu simpanan uang yang menjanjikan. Seorang deposan dapat melakukan investasi tersebut di bank mana saja dengan jumlah yang sesuai dengan preferensi mereka, seperti di BCA dan BPR.

Saat ini, suku bunga deposito BCA dan BPR cukup bersaing satu sama lain. Jadi, hal tersebut harus dipertimbangkan secara matang untuk mendapatkan keuntungan yang sesuai ekspektasi. Misalkan, memikirkan ketika akan melakukan bunga deposito BCA 1 miliar dapat berapa maupun BPR saat masa pencairan.


Oleh karena itu, lebih baik mencari tahu besaran suku bunga deposito BCA dan BPR terlebih dahulu sebelum berdeposito. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya tentang simulasi deposito BCA vs BPR, simak pembahasan bunga deposito BCA 1 miliar berikut sampai akhir!


Besaran Suku Bunga Deposito BCA


Bank BCA adalah bank swasta di Indonesia yang berfokus pada bisnis perbankan sebagai bentuk solusi terhadap masalah keuangan. Salah satu produk unggulannya adalah Deposito Berjangka.

Seperti yang telah diketahui pada umumnya, deposito adalah instrumen investasi berupa simpanan uang di bank yang hanya dapat diambil setelah jangka waktu tertentu. Deposito bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengelola keuangan yang tepat.

Pengalokasian dana ke dalam deposito berguna untuk menyiapkan dana darurat dan menjaga keamanan finansial di masa depan. Biasanya, setiap bank menawarkan bunga deposito yang berbeda-beda.

Berapa bunga deposito BCA 1 miliar? Nah, produk Deposito Berjangka di BCA dapat disebut juga dengan e-Deposito apabila pembukaan investasinya melalui channel BCA. Produk ini pun tersedia dalam beberapa masa tenor, mulai dari 1, 3, 6, dan 12 bulan. Adapun suku bunga deposito BCA 1 miliar yang berlaku efektif mulai 24 Juni 2024 adalah sebagai berikut.


Bunga Deposito BCA 1 Miliar vs BPR, Begini Cara Hitungnya!

Sementara itu, bunga deposito yang ditawarkan oleh BPR mencapai 6,75% p.a. Penetapan tingkat suku bunga deposito tersebut telah mendapatkan jaminan dari LPS. Tenor deposito yang bisa dipilih pun beragam, mulai dari 1 sampai 12 bulan.

Perlu diketahui bahwa suku bunga deposito yang melebihi penjaminan dari LPS dan/atau total saldonya lebih dari Rp2 miliar, maka suku bunga yang ditawarkan oleh bank tersebut tidak memperoleh jaminan dari LPS.


Rumus Hitung Bunga Deposito BCA 1 Miliar


Jika ingin menghitung bunga deposito BCA 1 miliar dapat berapa, maka kamu perlu mengetahui terlebih dahulu terkait rumus hitungnya. Perhitungan ini bertujuan untuk mengetahui jumlah keuntungan akhir yang akan didapatkan.


Selain itu, perhitungan bunga deposito berguna sebagai bahan pertimbangan untuk membandingkan besaran penawaran suku bunga masing-masing bank, dalam hal ini  BCA dan BPR. Simulasi perhitungan dilakukan dengan rumus-rumus hitung sederhana.


Deposito BCA 1 miliar dapat bunga berapa? Adapun rumus perhitungan bunga deposito bank BCA dan BPR adalah sebagai berikut.


Total Bunga Deposito = Dana Investasi x (Suku Bunga p.a / 12 bulan) x Masa Tenor


Total Pajak = Bunga Deposito x Pajak Deposito


Total Bunga Deposito Akhir = Jumlah Bunga Deposito - Jumlah Pajak


Secara umum, nilai pajak deposito akan dikenakan sebesar 20% jika nominal uang deposito > Rp7.500.000. Namun, jika uang yang didepositokan < Rp7.500.000, maka tidak akan dikenakan pajak deposito.


Simulasi Deposito BCA vs BPR 1 Miliar


Setelah mengetahui rumus hitung suku bunga deposito BCA 1 miliar dan BPR di atas, kamu dapat menghitung keuntungan deposito 1 miliar dapat bunga berapa dengan lebih mudah. Kamu hanya perlu memasukkan angka-angkanya ke dalam rumus hitung.


Berikut ini merupakan simulasi deposito BCA vs BPR dengan uang deposito sebesar Rp1 miliar.


Bunga Deposito BCA 1 Miliar vs BPR, Begini Cara Hitungnya!

Pada hasil simulasi perhitungan di atas, kamu bisa melihat jika bunga deposito BCA 1 miliar dapat berapa berdasarkan waktu tenor yang dipilih. Dikarenakan penawaran suku bunga deposito BCA dan BPR tidak sama, maka hasil yang didapatkan pun juga berbeda meskipun jumlah uang yang didepositokan sama.

Berdasarkan hasil keuntungan akhir pada tabel, tampak bahwa BPR ternyata lebih menguntungkan. Hal ini karena bunga deposito bank BCA yang ditawarkan lebih kecil jika dibandingkan dengan milik BPR.



Itulah penjelasan seputar bunga deposito BCA hingga simulasi hitungnya yang perlu kamu ketahui. Melalui penjelasan di atas, kamu tidak perlu bingung lagi memilih berinvestasi deposito di bank yang mana.


Umumnya, tingkat suku bunga memang menjadi salah satu pertimbangan yang penting. Jika kamu tertarik dengan keuntungan yang tinggi, kamu bisa melakukan deposito di DepositoBPR by Komunal. Hal ini karena suku bunga yang ditawarkan memang relatif besar dan bersaing, yaitu 6,75% p.a.


Investasi deposito di DepositoBPR by Komunal juga memiliki tingkat risiko yang rendah dan aman karena sudah mendapatkan jaminan dari LPS. Nah, bagi kamu yang ingin menikmati pesta deposito berhadiah, Digital Lounge DepositoBPR by Komunal kembali hadir di Serpong.

Acara tersebut mulai 29 Juli-4 Agustus 2024 di Summarecon Mall Serpong 2 (lantai GF depan Optik Melawai). Di sana, kamu berkesempatan mendapatkan bunga deposito sampai dengan 6,75% p.a, ekstra cashback hingga Rp750 ribu, dan berbagai hadiah menarik lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek link artikel berikut ini!

Yuk, kunjungi Digital Lounge DepositoBPR by Komunal sekarang dan jangan sampai ketinggalan.



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer