blog
Dana Darurat: hal yang harus diperhatikan dalam mengelolanya
DepositoBPR by Komunal
16 November 2022
Dana Darurat: hal yang harus diperhatikan dalam mengelolanya

Dana darurat adalah uang di rekening bank yang disisihkan untuk pengeluaran yang tidak direncanakan, seperti tagihan medis atau perbaikan mobil atau rumah. Secara sederhana Istilah ini mengacu pada uang simpanan yang dapat digunakan orang pada saat mengalami kesulitan keuangan.



Dana darurat dapat membantu Anda mengatasi kehilangan pendapatan karena kehilangan pekerjaan atau sakit yang berkepanjangan. Aset dalam simpanan darurat cenderung berupa uang tunai atau aset lain yang sangat likuid. Ini mengurangi kebutuhan untuk menarik dari opsi hutang berbunga tinggi, seperti kartu kredit atau pinjaman tanpa jaminan, atau merusak keamanan masa depan Anda dengan memanfaatkan dana pensiun.



Simpanan darurat menciptakan penyangga keuangan yang dapat membuat Anda tetap bertahan di saat dibutuhkan tanpa harus bergantung pada kartu kredit atau pinjaman berbunga tinggi. Sangat penting untuk memiliki dana darurat jika Anda memiliki hutang, karena dapat membantu Anda menghindari pinjaman lebih banyak. Hal ini adalah bagian penting dari rencana keuangan yang solid.



Sangat bagus jika Anda sudah memiliki rencana mengenai simpanan uang darurat, tetapi apakah simpanan darurat Anda sudah terstruktur dengan baik? Lebih penting lagi, apakah Anda memperlakukannya seperti simpanan darurat yang sebenarnya, atau hanya sejumlah uang yang tidak diketahui yang ada saat Anda ingin menggunakannya?



Berikut beberapa hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan untuk membangun dan mengelola dana darurat:



Hal yang perlu diperhatikan Dalam Membangun dan Mengelola Dana Darurat




1. Buka rekening tabungan terpisah


Jauhkan dana darurat dari rekening giro dan tabungan Anda sehari-hari untuk menghindari tercampurnya uang darurat ke dalam uang untuk non-darurat.



2. Menetapkan tujuan


Sebelum Anda mulai menyisihkan uang, tentukan berapa biaya bulanan Anda. Dokumentasikan semua pengeluaran Anda, termasuk keperluan rumah, asuransi, utilitas, bahan makanan, pembayaran kendaraan, tagihan kabel atau telepon, dan biaya lain-lain. Putuskan berapa banyak yang Anda inginkan dalam dana darurat Anda dan tetapkan tanggal kapan Anda ingin mencapainya.



3. Buat anggaran


Lihat di mana Anda dapat mulai menghemat lebih banyak uang. Untuk menemukan cara menabung, pertama-tama Anda harus memahami di mana dan bagaimana Anda membelanjakan uang Anda. Penganggaran membantu Anda mendistribusikan pendapatan secara lebih efisien dan menemukan cara untuk mengurangi atau mengelola pengeluaran Anda.



Aplikasi penganggaran salah satu alat lain yang berguna yang dapat membantu Anda menghitung pendapatan dan pengeluaran untuk memberikan gambaran tentang situasi keuangan Anda.



4. Mulai langkah kecil


Jika pengeluaran selama enam bulan tampaknya terlalu banyak untuk ditabung dalam waktu singkat, mulailah dari yang lebih kecil. Buatlah target dari nominal kecil. Setelah Anda mencapai target, Anda bisa menaikan target tersebut. Anda akan merasa senang mencapai tujuan dan melihat dana darurat terus tumbuh.



Tambahkan "uang tambahan" ke dalam simpanan darurat Anda. Tingkatkan saldo akun darurat dengan menambahkan uang yang didapat dari bonus atau uang terbaru yang Anda terima di luar pendapatan pokok Anda. Anda bahkan dapat mencoba mengurangi makan di luar atau kemewahan lainnya dan menambahkan jumlah itu ke rekening darurat untuk mencapai tujuan Anda lebih cepat.



5. Mengganti uang yang Anda gunakan


Jika Anda harus menggunakan sebagian besar simpanan darurat Anda untuk memperbaiki rumah atau perbaikan mobil (atau hal lain yang sama pentingnya), pastikan untuk mengganti kembali uang itu sesegera mungkin.



6. Pastikan dana darurat dapat diakses dengan mudah


Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan membutuhkan uang ini sehingga tidak masuk akal untuk mengikatnya di simpanan yang sulit diakses. Pastikan untuk menyimpannya di tempat yang tepat sehingga Anda dapat mengakses uang kapan saja tanpa dikenakan sanksi.



7. Memanfaatkan pembayaran otomatis


Ada banyak hal yang seringkali terlupakan, termasuk menyisihkan uang untuk keperluan dana darurat Anda. Dengan memanfaatkan pembayaran otomatis, Anda tidak perlu khawatir lupa menyisihkan dan uang Anda habis begitu saja.



8. Pahami apa yang dimaksud dengan keadaan darurat


Kehilangan pekerjaan atau pengeluaran tak terduga seperti perbaikan mobil, perawatan medis. Hal-hal seperti hadiah, hiburan, liburan, dan acara olahraga tidak termasuk kedalam keadaan darurat.




Hal yang perlu dihindari dalam Mengelola dan Membangun Dana Darurat



Jangan mengandalkan kartu kredit berbunga tinggi sebagai dana darurat Anda Bahkan jika Anda memiliki banyak kredit yang tersedia, Anda akan membayar lebih untuk apa pun yang Anda beli. Simpanan darurat Anda memungkinkan Anda membayar sesuatu yang Anda butuhkan segera tanpa perlu membayar biaya bunga tambahan.



1. Jangan masukkan uang yang Anda gunakan untuk liburan dalam dana darurat



Karena dana darurat hanya untuk keperluan tak terduga. Jika Anda memiliki hal lain yang ingin Anda hemat seperti liburan keluarga besar, buka rekening tabungan terpisah.



2. Jangan gunakan semua uang untuk membayar utang sebelum membangun dana darurat



Bahkan jika Anda hanya dapat menghemat sedikit dan menyisipkannya untuk simpanan darurat, itu tetap dapat memberi Anda bantalan untuk membantu melewati gundukan masalah kecil di jalan.



3. Jangan gunakan dana pensiun Anda



Mengalokasikan kembali sebagian dari uang ini untuk membangun dana darurat Anda dapat berdampak besar pada tabungan pensiun Tambahkan ke simpanan darurat Anda setelah Anda membayar dana pensiun Anda.



4. Jangan menjadi tidak realistis



Sangat penting bagi Anda untuk jujur ​​​​pada diri sendiri saat membuat anggaran. Anda membutuhkan gambaran yang jelas tentang keuangan Anda untuk mengetahui berapa banyak yang Anda simpan dalam dana darurat Anda.




Tempat Terbaik Untuk Menyimpan Dana Darurat


Di mana tempat terbaik untuk menyimpan dana darurat Anda? Sebaiknya simpan dana darurat Anda terpisah dari rekening bank Anda yang lain. Selain itu, ada opsi lain yang dapat Anda dipertimbangkan yakni deposito.



Deposito adalah kemungkinan lain untuk simpanan darurat Anda. Deposito berbeda dari opsi lain karena opsi ini mengharuskan Anda untuk menyimpan uang Anda untuk jangka waktu tertentu dengan imbalan pengembalian yang lebih tinggi.



Deposito biasanya menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada rekening bank lain. Setiap orang dapat membuka rekening deposito di hampir semua bank terlebih lagi sudah banyak layanan deposito online yang mudah diakses.


Dana darurat adalah cara terbaik untuk menabung untuk keperluan hal-hal yang tidak direncanakan. Menempatkan tabungan darurat Anda di rekening tabungan dengan pengembalian tinggi seperti deposito memungkinkan Anda memperoleh bunga saat Anda membangun simpanan darurat Anda.



Pengeluaran tak terduga tidak pernah datang pada waktu yang tepat dan tidak dapat diprediksi. Dengan menyisihkan uang sebelum hal buruk terjadi, Anda dapat membantu diri Anda di masa depan dalam menangani situasi yang berpotensi menyulitkan Anda.


Simpan uang Anda menggunakan deposito online untuk mempersiapkan dana darurat. DepositoBPR by Komunal menyediakan layanan deposito yang sudah terjamin oleh LPS dan terdaftar di OJK. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut di https://depositobpr.id/

share

Bagikan