blog
Gaya Hidup Hemat Untuk Mencapai Kebebasan Finansial
DepositoBPR by Komunal
19 Desember 2022
Gaya Hidup Hemat Untuk Mencapai Kebebasan Finansial

Frugal living sedang menjadi topik yang sering dibahas akhir-akhir ini, terutama pasca pandemi. Banyak orang berpikir bahwa gaya hidup yang satu ini berarti harus mengorbankan kualitas demi menghemat. Nyatanya,tidak harus demikian. Sebaliknya, Anda dapat memilih untuk berhemat dengan cara yang akan menambah nilai lebih bagi hidup Anda.



Frugal living dapat dikatakan sebagai tindakan dimana seseorang berlaku bijak dengan uang dan bagaimana ia menggunakannya. Jika dilakukan dengan benar, Anda akan dapat memprioritaskan hal-hal yang penting. Gaya hidup ini lebih mengarah tentang membuat keputusan cerdas terkait cara Anda hidup, makan, berbelanja, dan membelanjakan uang.



Cara Memulai Frugal Living


Pertama dan terpenting, frugal living akan memungkinkan Anda membangun lebih banyak kebebasan finansial ke dalam hidup Anda dengan mempercepat Anda mencapai tujuan finansial Anda. Bagian terbaiknya adalah Anda dapat memutuskan apa yang paling penting bagi Anda.



Mungkin Anda akan menyisihkan tabungan baru untuk pensiun dini. Mungkin Anda akan menyisihkannya untuk mendanai impian hidup di kapal pesiar. Atau mungkin Anda akan membiarkan jaring pengaman tabungan memungkinkan Anda mengejar pekerjaan yang benar-benar Anda sukai.



Jika Anda belum pernah menjalani gaya hidup ini, mungkin awalnya terasa sulit. Tidak apa apa! Jangan takut untuk membuat beberapa perubahan. Berikut tips cara memulai frugal living:



1. Mulai penganggaran


Membuat dan berpegang teguh pada anggaran merupakan hal mendasar bagi kesuksesan finansial Anda dan menjalankan frugal living. Meskipun penganggaran belum tentu menyenangkan, itu adalah bagian penting dimana Anda dapat memprioritaskan hal-hal yang penting dan tanpa ragu memotong hal-hal yang tidak penting.



2. Buat rencana makan sehari-hari


Kurangnya perencanaan terkait keperluan makan akan menghabiskan anggaran. Mulailah membuat rencana untuk makanan Anda dan buat sendiri dirumah maka Anda akan menghemat cukup banyak.



3. Lihat peluang diskon


Manfaatkan kupon diskon. Anda mungkin dapat menghemat beberapa jumlah uang untuk setiap belanja ke toko.



4. Jual barang yang tidak Anda butuhkan


Apakah Anda telah mengumpulkan koleksi tas desainer yang sangat besar, memiliki banyak barang yang sudah terlalu kecil untuk anak-anak Anda? Kekacauan itu bisa diubah menjadi uang tunai dengan sedikit usaha dengan menjualnya kembali dan mendapatkan uang!



5. Beli mobil sesuai kemampuan Anda


Jangan biarkan model mobil terbaru membuat Anda dalam masalah. Sebaliknya, tentukan apa yang benar-benar Anda mampu sebelum Anda pergi ke dealer.



6. Berjalan atau bersepeda jika Anda bisa


Berjalan kaki dan bersepeda jauh lebih hemat biaya. Ambil kesempatan untuk berjalan atau bersepeda kapan pun Anda memiliki kesempatan. Anda akan menghemat biaya bahan bakar sambil berolahraga.



7. Otomatiskan tabungan dan investasi Anda


Setelah menetapkan sasaran pengeluaran, penting untuk mengotomatiskan sasaran tersebut. Jika tidak, Anda dapat dengan mudah menyerah dengan frugal living dan kembali ke kebiasaan pengeluaran yang berlebihan. Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan mengotomatiskan tabungan pensiun Anda melalui perusahaan Anda.



8. Dapatkan pekerjaan paruh waktu


Salah satu cara jitu untuk memperbanyak tabungan Anda adalah dengan mengambil pekerjaan paruh waktu. Pekerjaan dari rumah cenderung lebih fleksibel. Jika Anda sudah memiliki pekerjaan utama, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan dari rumah.



9. Bayar utang Anda


Utang menguras sumber daya Anda. Buatlah prioritas untuk melunasi utang Anda untuk selamanya. Setelah Anda menghilangkan utang dari hidup Anda, Anda tidak akan pernah ingin kembali. Menemukan cara hemat untuk hidup sesuai kemampuan Anda akan memungkinkan Anda membebaskan diri dari beban keuangan ini.



10. Hindari utang kartu kredit


Salah satu tips utama hidup hemat adalah menghindari utang kartu kredit karena Anda dapat menghemat banyak uang dan terhindar dari utang.



Nah itu dia penjelasan terkait frugal living. Jika Anda baru mengenal frugal living, Anda mungkin juga harus mengetahui dan menerapkan tips menabung untuk mendukung tujuan finansial Anda.


Inilah saat yang tepat untuk mengelola uang dan simpan dana Anda melalui DepositoBPR by Komunal yang sudah terdaftar di OJK dan pastinya dijamin aman oleh LPS dengan menawarkan suku bunga kompetitif hingga 6,25%. Kunjungi https://depositobpr.id/ sekarang juga untuk informasi lebih lengkap!



share

Bagikan