Apa Itu Gaya Hidup Hemat? Definisi dan Tips Cara Memulainya

blog

Apa Itu Gaya Hidup Hemat? Definisi dan Tips Cara Memulainya

DepositoBPR by Komunal

19 Desember 2022

Frugal living atau gaya hidup hemat adalah tindakan dimana seseorang berlaku bijak dengan uang dan bagaimana ia menggunakannya. Istilah ini sedang menjadi topik yang sering dibahas, terutama pasca pandemi.


Yuk, simak penjelasan berikut ini untuk tahu lebih dalam mengenai apa itu gaya hidup hemat dan cara menerapkannya.


Apa itu Gaya Hidup Hemat?


Banyak orang berpikir bahwa gaya hidup hemat berarti harus mengorbankan kualitas demi menghemat. Nyatanya, tidak harus demikian karena Anda dapat memilih untuk berhemat dengan cara yang akan menambah nilai lebih bagi hidup Anda.


Frugal living dapat dilakukan dengan memprioritaskan hal-hal yang penting. Gaya hidup ini lebih mengarah tentang membuat keputusan cerdas terkait cara Anda membelanjakan uang untuk makan, bersenang-senang, serta kebutuhan lainnya.



Cara Memulai Gaya Hidup Hemat


Frugal living atau gaya hidup hemat akan memungkinkan Anda membangun lebih banyak kebebasan finansial dan mencapai tujuan finansial Anda. Bagian terbaiknya adalah Anda dapat memutuskan apa yang paling penting bagi Anda


Mungkin Anda akan menyisihkan tabungan baru untuk pensiun dini. Mungkin Anda akan menyisihkannya untuk mendanai impian hidup di kapal pesiar. Atau mungkin Anda akan membiarkan jaring pengaman tabungan memungkinkan Anda mengejar pekerjaan yang benar-benar Anda sukai.


Jika Anda belum pernah menjalani gaya hidup ini, mungkin awalnya terasa sulit. Tidak apa apa! Jangan takut untuk membuat beberapa perubahan. Berikut tips cara memulai gaya hidup hemat:


1. Mulai penganggaran


Membuat dan berpegang teguh pada anggaran merupakan hal mendasar bagi kesuksesan finansial Anda dan menjalankan frugal living. Meskipun penganggaran belum tentu menyenangkan, itu adalah bagian penting dimana Anda dapat memprioritaskan hal-hal yang penting dan tanpa ragu memotong hal-hal yang tidak penting.


2. Buat rencana makan sehari-hari


Kurangnya perencanaan terkait keperluan makan akan menghabiskan anggaran. Mulailah membuat rencana untuk makanan Anda dan buat sendiri dirumah maka Anda akan menghemat cukup banyak.


3. Lihat peluang diskon


Manfaatkan kupon diskon. Anda mungkin dapat menghemat beberapa jumlah uang untuk setiap belanja ke toko.


4. Jual barang yang tidak Anda butuhkan


Apakah Anda telah mengumpulkan koleksi tas desainer yang sangat besar, memiliki banyak barang yang sudah terlalu kecil untuk anak-anak Anda? Kekacauan itu bisa diubah menjadi uang tunai dengan sedikit usaha dengan menjualnya kembali dan mendapatkan uang!



5. Beli mobil sesuai kemampuan Anda


Jangan biarkan model mobil terbaru membuat Anda dalam masalah. Sebaliknya, tentukan apa yang benar-benar Anda mampu sebelum Anda pergi ke dealer.


6. Berjalan atau bersepeda jika Anda bisa


Berjalan kaki dan bersepeda jauh lebih hemat biaya. Ambil kesempatan untuk berjalan atau bersepeda kapan pun Anda memiliki kesempatan. Anda akan menghemat biaya bahan bakar sambil berolahraga.


7. Otomatiskan tabungan dan investasi Anda


Setelah menetapkan sasaran pengeluaran, penting untuk mengotomatiskan sasaran tersebut. Jika tidak, Anda dapat dengan mudah menyerah dengan frugal living dan kembali ke kebiasaan pengeluaran yang berlebihan. Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan mengotomatiskan tabungan pensiun Anda melalui perusahaan Anda.


8. Dapatkan pekerjaan paruh waktu


Salah satu cara jitu untuk memperbanyak tabungan Anda adalah dengan mengambil pekerjaan paruh waktu. Pekerjaan dari rumah cenderung lebih fleksibel. Jika Anda sudah memiliki pekerjaan utama, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan dari rumah.


9. Bayar utang Anda


Utang menguras sumber daya Anda. Buatlah prioritas untuk melunasi utang Anda untuk selamanya. Setelah Anda menghilangkan utang dari hidup Anda, Anda tidak akan pernah ingin kembali. Menemukan cara hemat untuk hidup sesuai kemampuan Anda akan memungkinkan Anda membebaskan diri dari beban keuangan ini.


10. Hindari utang kartu kredit


Salah satu tips utama hidup hemat adalah menghindari utang kartu kredit karena Anda dapat menghemat banyak uang dan terhindar dari utang.




Nah itu dia penjelasan terkait apa itu gaya hidup hemat atau frugal living dan tips memulainya. Jika Anda baru mengenal gaya hidup ini, Anda mungkin juga harus mengetahui dan menerapkan tips menabung untuk mendukung tujuan finansial Anda.

Inilah saat yang tepat untuk mengelola uang dan simpan dana Anda melalui DepositoBPR by Komunal yang sudah terdaftar di OJK dan pastinya dijamin aman oleh LPS dengan menawarkan suku bunga kompetitif hingga 6,25%. Kunjungi https://depositobpr.id/ sekarang juga untuk informasi lebih lengkap!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer