blog
Uang Adalah Segalanya: Mitos atau Fakta?
DepositoBPR by Komunal
25 November 2022
Uang Adalah Segalanya: Mitos atau Fakta?

Uang adalah alat tukar yang diterima oleh mayoritas orang untuk pembayaran barang dan jasa. Uang membuat dunia berputar, sehingga tak sedikit orang yang mengatakan bahwa uang adalah segalanya. Ekonomi bergantung pada uang untuk memfasilitasi transaksi dan untuk mendorong pertumbuhan keuangan.



Pada titik tertentu dalam hidup Anda, Anda mungkin pernah mendengar seseorang mengatakan bahwa mereka tidak peduli dengan uang. Meskipun sentimen ini terdengar bagus secara teori, kenyataannya, baik atau buruknya sentimen tersebut, Anda akan sampai di titik dimana Anda akan berpikir bahwa uang adalah segalanya tapi segalanya membutuhkan uang.



“uang tidak bisa membeli kebahagiaan” kalimat tersebut seolah mengartikan uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Apakah Anda termasuk bagian orang yang setuju dengan kalimat ini atau tidak? Hal tersebut sudah menjadi perdebatan di mana sebagian orang tidak menyetujui kalimat tersebut dan mengatakan bahwa orang yang mengatakan uang tidak bisa membeli kebahagiaan hanyalah orang yang tidak memiliki banyak uang.



Uang mungkin memang tidak bisa membeli kebahagiaan, tetapi bisa membeli keamanan dan keselamatan untuk Anda dan orang yang Anda cintai. Manusia membutuhkan uang untuk membayar semua hal yang memungkinkan keberlanjutan hidup Anda, seperti tempat tinggal, makanan, tagihan perawatan kesehatan, dan pendidikan yang baik. Anda tidak perlu menjadi Bill Gates atau memiliki banyak uang untuk membayar hal-hal ini, tetapi Anda akan membutuhkan sejumlah uang sampai Anda mati. Jadi apakah benar uang adalah segalanya? simak penjelasan berikut ini.




Uang Bukan Segalanya Tapi Segalanya Butuh Uang



Mungkinkah Uang Adalah Segalanya?


Secara umum, uang adalah segalanya karena jika memilikinya, kita bisa mendapatkan apapun yang dibutuhkan mulai dari keamanan, kebebasan, kesehatan (sampai batas tertentu), dan bahkan kebahagiaan. Jika Anda menginginkan hal-hal itu, uang adalah alat yang dapat digunakan untuk mendapatkannya.



Pada dasarnya, apa pun yang Anda pedulikan dalam hidup dan apa yang Anda inginkan, memiliki uang dapat membantu Anda mencapainya. Beberapa hal yang menjadi bukti bahwa uang adalah segalanya dapat meliputi beberapa hal berikut ini:



Keamanan Dalam Hidup


Pertama dan terpenting, uang adalah keamanan. Dalam kehidupan, Anda benar-benar perlu memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan dasar Anda mulai dari makanan, air, tempat tinggal, dan pakaian. Tanpa itu, akan sangat sulit untuk bertahan hidup.



Kebebasan


Setelah kebutuhan dasar Anda terpenuhi, uang bahkan dapat memberikan lebih banyak lagi untuk Anda. Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak Anda sukai dan hanya melakukan hal-hal yang memang Anda sukai. Memiliki uang dapat memberi Anda kebebasan untuk memilih bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda.



Uang juga memberi Anda kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang berarti. Alih-alih mengerjakan pekerjaan yang tidak Anda sukai. Beberapa kasus, Anda bahkan tidak perlu bekerja sama sekali. Bayangkan bisa berhenti dari pekerjaan bergaji rendah dan stres yang Anda benci. Itulah kenapa banyak yang menganggap bahwa uang adalah segalanya. Memiliki uang memberi Anda kemampuan dan kebebasan untuk melakukan hal itu.



Uang dapat membantu Anda memiliki kesehatan yang baik


Uang memang tidak akan secara instan membuat Anda sehat dan bugar, tetapi dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan Anda. Jika Anda menggunakannya dengan bijak, uang dapat meningkatkan kesehatan Anda dalam banyak hal, seperti menjadi pelanggan gym, mengkonsumsi makananan yang layak, akses kesehatan yang mudah, meningkatkan kesehatan mental.




Apa Mungkin Uang Bukanlah Segalanya?


Sejauh ini, semua yang dikatakan tentang uang adalah hal yang positif. Uang bisa membelikan Anda apapun yang Anda inginkan! Uang adalah segalanya! Tapi jika harus berpikir secara realistis Anda akan sampai pada kesimpulan dimana uang tidak bisa membeli segalanya dalam hidup.



Uang bukanlah tiket menuju kebahagiaan


Sebagian orang mungkin menganggap uang adalah segalanya namun untuk sebagian orang mungkin uang sesaat bisa menjanjikan kebahagiaan, tapi itu hanya berlaku dalam waktu singkat. Pada akhirnya sekaya apapun, Anda akan sampai pada kesimpulan bahwa uang bukanlah segalanya.



Meski dalam beberapa hal uang adalah segalanya dan bisa menjadi alat kontrol hidup Anda, faktanya tidak bisa menjamin kebahagiaan hidup Anda. Meskipun bisa, itu hanya sementara. Karena uang bukanlah segalanya dalam hidup dan uang bukanlah yang paling utama, memiliki uang belum tentu bahagia. Dengan uang, kita hanya bisa membeli kesenangan, tapi bukan kebahagiaan.



Uang juga tidak bisa membelikan Anda kehidupan yang bebas penyakit. Terkadang kita sakit dan tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Namun, seperti yang telah kita bahas di atas, memiliki lebih banyak uang dapat membeli akses ke perawatan medis. Dengan itu, Anda setidaknya memiliki kesempatan terbaik untuk menjadi lebih baik.



Jadi, ya, uang memiliki keterbatasan. Beberapa orang dapat berargumen bahwa itu bukan segalanya. Tapi itu adalah alat untuk mencapai tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dan memberi kita semua yang kita inginkan.



Uang Sebagai Jembatan Menuju Impian


Memang benar uang bukan segalanya tapi apapun yang kita lakukan selalu berhubungan dan membutuhkan uang yang terkadang menjadikan orang berpikir bahwa uang adalah segalanya. Memiliki uang memungkinkan Anda untuk memulai bisnis, membangun rumah impian, membayar biaya yang terkait dengan memiliki keluarga, atau mencapai tujuan lain yang Anda yakini akan membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih baik.



Untuk memastikan Anda memiliki cukup uang untuk melakukan hal-hal tersebut, Anda harus menetapkan tujuan keuangan yang jelas dan berupaya mencapainya. Karena uang adalah sesuatu yang akan selalu Anda butuhkan, penting bagi Anda untuk membuat rencana sedini mungkin untuk memastikan Anda selalu memiliki cukup uang.



Ada beberapa kondisi yang menjadikan uang adalah segalanya sehingga Anda perlu merencanakan hari ketika Anda tidak dapat memperoleh uang lagi melalui kerja keras Anda karena Anda menjadi terlalu tua atau sakit untuk bekerja. Menginvestasikan uang untuk jangka panjang dan pendek adalah hal yang harus dilakukan.



Ketika Anda menggunakan uang untuk berinvestasi, dana yang diinvestasikan dapat menghasilkan lebih banyak uang. Ketika Anda berinvestasi di deposito, investasi Anda dapat menghasilkan uang karena Anda akan mendapatkan bunga. Selain itu dengan banyaknya layanan investasi online seperti deposito online menjadikan Anda lebih mudah untuk berinvestasi.


Jika Anda menyimpan cukup uang, Anda dapat memperoleh hal-hal yang dapat membantu Anda memperoleh penghasilan yang baik. Semakin cepat Anda mulai berinvestasi, hasil investasi selama bertahun-tahun dapat mengubah investasi kecil menjadi jumlah yang besar.



Tunggu apa lagi? mulai investasikan uang Anda melalui DepositoBPR by Komunal yang menawarkan suku bunga hingga 6,25% serta sudah terjamin keamanannya karena dijamin langsung oleh LPS. Kunjungi websitenya sekarang juga di https://depositobpr.id/ dan dapatkan penawaran terbaik!



share

Bagikan