blog
Tips Dalam Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak
DepositoBPR by Komunal
13 Januari 2023
Tips Dalam Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Pendidikan adalah kunci masa depan anak-anak Anda. Mewujudkan cita-cita si kecil melalui pendidikan terbaik yang Anda mampu, merupakan investasi yang tidak dapat dibeli dengan uang. Oleh sebab itu, mempersiapkan dana pendidikan anak adalah hal yang harus dipertimbangkan.



Semakin tinggi pendidikan anak Anda, semakin besar kesuksesan yang akan dinikmati anak Anda dalam jangka panjang. Tidak hanya finansial tetapi juga untuk membentuk karakter dan pandangan dunia, meningkatkan peluang karir anak Anda, serta untuk memberi anak Anda kesempatan yang mungkin tidak bisa Anda capai dan miliki.



Dana Pendidikan pada dasarnya adalah jenis rencana tabungan investasi dimana Anda menyumbangkan jumlah tabungan secara teratur dan uang untuk diinvestasikan atas nama Anda. Ini juga dapat berarti sebagai sumber daya keuangan yang disediakan untuk menyelenggarakan dan mengelola pendidikan dimasa yang akan datang.



Bagaimana Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak?


Sangat penting untuk memutuskan investasi atau tabungan yang tepat untuk pendidikan. Yuk baca langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui apa saja yang dapat Anda lakukan untuk merencanakan dana pendidikan yang tepat untuk anak Anda:



1. Perhitungkan berapa biaya pendidikan anak-anak Anda di masa depan


Langkah pertama adalah menghitung besarnya biaya pendidikan yang dibutuhkan untuk pendidikan anak Anda di masa mendatang. Lakukan ini secara bertahap, mulai dari jenjang pendidikan paling bawah sampai mereka akan menamatkan pendidikannya di tingkat perguruan tinggi.



2. Menjaga kondisi keuangan


Lacak dan hitung setiap aset yang Anda miliki saat ini, baik berupa uang tunai maupun investasi lainnya. Tinjau semua uang tunai yang Anda miliki saat ini, lalu hitung nilai proyeksi di masa depan ketika anak Anda mulai kuliah (misalnya dalam 18 tahun ke depan).



Hal ini akan membantu Anda memperkirakan kemampuan keuangan Anda dalam memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak Anda di masa mendatang. Ketika Anda mengetahui potensi diri Anda, maka langkah selanjutnya yang akan dihadapi akan lebih mudah..



3. Belilah asuransi pendidikan yang tepat


Hampir semua perusahaan asuransi menawarkan produk asuransi pendidikan. Anda akan memiliki beberapa untuk dipertimbangkan dan dipilih, tentu saja dengan mengumpulkan informasi yang akurat terlebih dahulu. Jangan lupa untuk terus membandingkan satu sama lain, agar Anda dapat menemukan dan membeli produk terbaik untuk memenuhi kebutuhan finansial ini.



5 Pilihan Investasi Dana Pendidikan Anak



1. Saham


Saham adalah salah satu investasi terbaik untuk dana pendidikan anak-anak karena memiliki tingkat pengembalian yang lebih tinggi daripada kelas aset lainnya. Dalam hal berinvestasi untuk anak-anak, saham yang dapat tumbuh dan membayar dividen adalah pegangan utama mengingat seberapa banyak pengembalian tambahan yang dapat mereka hasilkan dalam jangka panjang.



2. Reksa Dana untuk Anak


Saham memang bagus, tetapi Anda dapat menempatkan diri Anda pada risiko besar jika Anda menyebarkan uang investasi Anda hanya pada segelintir saja. Reksa dana adalah kumpulan uang yang dikumpulkan dari sekelompok besar investor, yang diinvestasikan dalam kelompok besar aset, biasanya saham, obligasi, atau kombinasi keduanya.



3. Polis asuransi


Anda dapat menetapkan bahwa hasil dari polis asuransi jiwa dibayarkan kepada kustodian yang akan menyimpannya dalam rekening kustodian untuk anak. Kustodian diharuskan untuk mendistribusikan dana tersebut kepada anak sesuai keinginan Anda.



Uang dalam rekening kustodian hanya dapat digunakan untuk kepentingan anak secara langsung. Orang dewasa yang bertanggung jawab atas akun tersebut tidak dapat membelanjakan uang asuransi untuk diri mereka sendiri.



4. Buka Rekening Tabungan untuk Anak


Mulai menabung bisa tampak menakutkan bagi anak-anak, tetapi orang tua dapat mengatasi ini dan kebiasaan baik lainnya secara langsung dengan menjadikannya tugas yang mudah bagi anak-anak melalui pemahaman.



5. Deposito


Cara lain untuk menyiapkan dana pendidikan untuk anak-anak adalah dengan memanfaatkan deposito. Anda dapat menyimpan uang dengan mudah dan mendapatkan bunga deposito tertinggi serta tingkat risiko yang rendah.



Nah itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak menyiapkan dana pendidikan untuk anak Anda. Pastikan untuk menginvestasikan uang Anda dengan tepat dan bijak.



#Lebih Untung, dengan tingkat suku bunga tertinggi hingga 6,25% #Lebih Aman, karena telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) #Lebih Praktis, lebih dari 250 BPR terseleksi di seluruh Indonesia dalam satu aplikasi. kunjungi website kami untuk informasi lebih lengkap! Dapatkan informasi lengkapnya hanya di https://depositobpr.id/



share

Bagikan