Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak, Yuk Simak!

blog

Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak, Yuk Simak!

DepositoBPR by Komunal

13 Januari 2023

Pendidikan adalah kunci masa depan anak-anak Anda. Untuk mewujudkan pendidikan yang bagus, Anda perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, mempersiapkan dana pendidikan anak adalah hal yang harus dipertimbangkan. Mari simak tips mempersiapkan dana pendidikan anak berikut ini.


Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak


Mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini sangat penting. Anda bisa menyiapkannya melalui instrumen investasi atau tabungan yang tepat. Namun, sebelum itu mari simak tips menyiapkan dana pendidikan anak berikut ini.


1. Perhitungkan berapa biaya pendidikan anak-anak Anda di masa depan


Langkah pertama adalah menghitung besarnya biaya pendidikan yang dibutuhkan untuk pendidikan anak Anda di masa mendatang. Lakukan ini secara bertahap, mulai dari jenjang pendidikan paling bawah sampai mereka akan menamatkan pendidikannya di tingkat perguruan tinggi.


2. Menjaga kondisi keuangan


Lacak dan hitung setiap aset yang Anda miliki saat ini, baik berupa uang tunai maupun investasi lainnya. Tinjau semua uang tunai yang Anda miliki saat ini, lalu hitung nilai proyeksi di masa depan ketika anak Anda mulai kuliah (misalnya dalam 18 tahun ke depan).


Hal ini akan membantu Anda memperkirakan kemampuan keuangan Anda dalam memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak Anda di masa mendatang. Ketika Anda mengetahui potensi diri Anda, maka langkah selanjutnya yang akan dihadapi akan lebih mudah..


3. Belilah asuransi pendidikan yang tepat


Hampir semua perusahaan asuransi menawarkan produk asuransi pendidikan. Anda akan memiliki beberapa untuk dipertimbangkan dan dipilih, tentu saja dengan mengumpulkan informasi yang akurat terlebih dahulu. Jangan lupa untuk terus membandingkan satu sama lain, agar Anda dapat menemukan dan membeli produk terbaik untuk memenuhi kebutuhan finansial ini.



5 Pilihan Investasi Dana Pendidikan Anak


Setelah mengetahui tips mempersiapkan dana pendidikan anak, mari simak pilihan instrumen investasi dan tabungan untuk dana pendidikan anak yang tepat berikut ini.


1. Saham


Saham adalah salah satu investasi terbaik untuk dana pendidikan anak-anak karena memiliki tingkat pengembalian yang lebih tinggi daripada kelas aset lainnya.


Dalam hal berinvestasi untuk anak-anak, saham yang dapat tumbuh dan membayar dividen adalah pegangan utama mengingat seberapa banyak pengembalian tambahan yang dapat mereka hasilkan dalam jangka panjang.


2. Reksa Dana untuk Anak


Saham memang bagus, tetapi Anda dapat menempatkan diri Anda pada risiko besar jika Anda menyebarkan uang investasi Anda hanya pada segelintir saja.


Reksa dana adalah kumpulan uang yang dikumpulkan dari sekelompok besar investor, yang diinvestasikan dalam kelompok besar aset, biasanya saham, obligasi, atau kombinasi keduanya.


3. Polis asuransi


Anda dapat menetapkan bahwa hasil dari polis asuransi jiwa dibayarkan kepada kustodian yang akan menyimpannya dalam rekening kustodian untuk anak. Kustodian diharuskan untuk mendistribusikan dana tersebut kepada anak sesuai keinginan Anda.


Uang dalam rekening kustodian hanya dapat digunakan untuk kepentingan anak secara langsung. Orang dewasa yang bertanggung jawab atas akun tersebut tidak dapat membelanjakan uang asuransi untuk diri mereka sendiri



4. Buka Rekening Tabungan untuk Anak


Mulai menabung bisa tampak menakutkan bagi anak-anak, tetapi orang tua dapat mengatasi ini dan kebiasaan baik lainnya secara langsung dengan menjadikannya tugas yang mudah bagi anak-anak melalui pemahaman.


5. Deposito


Cara lain untuk menyiapkan dana pendidikan untuk anak-anak adalah dengan memanfaatkan deposito. Anda dapat menyimpan uang dengan mudah dan mendapatkan bunga deposito tertinggi serta tingkat risiko yang rendah.




Nah itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak menyiapkan dana pendidikan untuk anak Anda. Pastikan untuk menginvestasikan uang Anda dengan tepat dan bijak.


#Lebih Untung, dengan tingkat suku bunga tertinggi hingga 6,25% #Lebih Aman, karena telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) #Lebih Praktis, lebih dari 250 BPR terseleksi di seluruh Indonesia dalam satu aplikasi. kunjungi website kami untuk informasi lebih lengkap! Dapatkan informasi lengkapnya hanya di https://depositobpr.id/



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer