Mengenal Apa itu Asian Value dan Contohnya di Indonesia

blog

Mengenal Apa itu Asian Value dan Contohnya di Indonesia

DepositoBPR by Komunal

26 Juni 2024

Asian value adalah nilai budaya di Asia. Namun, apakah kamu tahu apa itu sebenarnya asian value? Sering kali orang-orang menganggap asian value adalah perilaku hemat karena kebiasaan orang asia yang sering berhemat dan menabungkan uangnya atau menyimpannya dalam bentuk lain, seperti deposito.

Hal tersebut tak sepenuhnya salah, tapi perlu diketahui bahwa masih ada banyak hal yang berkaitan dengan asian value selain kebiasaan menghemat uang. Buat kamu yang masih asing dengan istilah asian value, yuk simak artikel ini sampai akhir.


Apa itu Asian Value?


Asian value adalah suatu nilai sosial budaya yang umum di daerah Asia. Nilai-nilai tersebut menjadi ciri khas dari orang-orang Asia. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, orang-orang sering kali menganggap asian value adalah perilaku hemat yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebenarnya asian value lebih dari sekadar perilaku hemat.


Asian value meliputi beberapa hal lain, seperti kekeluargaan, loyalitas, dan masih banyak lagi. Nilai-nilai tersebut secara tidak sadar diterapkan orang-orang Asia dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan tersebut juga secara tidak langsung membuat orang-orang Asia jadi lebih mencolok ketika hidup bersama dengan masyarakat dari banyak negara di dunia yang memiliki budaya yang berbeda.


Contoh Asian Value di Indonesia


Di Indonesia sendiri, tentunya ada banyak penerapan asian value dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa contoh asian value adalah sebagai berikut.


1. Prinsip Hidup Sederhana dan Hemat


Contoh pertama asian value adalah prinsip hidup sederhana dan hemat. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, hal paling umum dari asian value adalah penerapan kehidupan yang sederhana dan hemat. Orang-orang Asia, termasuk di Indonesia memiliki prinsip hidup yang sederhana dan tidak berlebihan.


Pada umumnya, orang-orang Asia akan mengedepankan kebutuhan dasar terlebih dahulu meskipun mereka sebenarnya punya kemampuan yang lebih. Hal tersebut bisa dilihat dari perilaku orang-orang kaya di Indonesia yang mau makan di mana saja, meskipun itu di warung sederhana.


Asalkan kebutuhan dasar mereka, yakni makan dapat terpenuhi, maka orang-orang tersebut tidak masalah untuk makan di manapun, padahal mereka bisa saja makan di tempat yang lebih mahal dan mewah.


Selain itu, orang-orang Asia termasuk Indonesia juga menerapkan pola hidup hemat. Hal tersebut bisa dilihat dari kebiasaan menabung mereka. Sejak kecil, anak-anak Asia sudah diajarkan untuk menabung.


Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya mainan berupa celengan, baik itu celengan tradisional dari tanah liat atau mainan modern yang lebih canggih. Jadi, bisa dibilang bahwa salah satu hal paling menonjol dari asian value adalah kebiasaan menabung tersebut.



2. Kekeluargaan yang Erat


Contoh selanjutnya dari asian value adalah kekeluargaan yang erat. Di Indonesia, hubungan kekeluargaan menjadi nomor satu di antara kepentingan lainya. Sering kali terlihat, sebuah keluarga besar berusaha untuk tinggal di satu tempat yang sama agar bisa semakin dekat.


Selain itu, ada banyak sekali bisnis online maupun bisnis lainnya yang dijalankan secara kekeluargaan. Sebagai contoh, Anda pasti sering melihat ada warung makan yang dikelola oleh sebuah keluarga dan terus diwariskan sampai ke generasi selanjutnya. Bisnis-bisnis tersebut sering kali bisa bertahan lama karena orang-orang yang mengelolanya adalah anggota keluarga sendiri yang tentunya sangat dekat dan sudah mengerti satu sama lain.

3. Gotong Royong


Gotong royong merupakan hal yang sangat umum di Indonesia. Tanpa perlu dipanggil, orang-orang dapat berkumpul dengan sendirinya untuk membantu Anda ketika dalam kesusahan. Sebagai contoh, ketika ada yang membangun rumah, orang-orang di sekitar akan mulai berkumpul dan membantu proses pembangunan rumah tersebut.


Meskipun tidak sampai jadi sepenuhnya, tapi hal tersebut sudah menunjukkan rasa kepedulian terhadap sesama.


Maka dari itu, salah satu hal di Indonesia yang bisa menjadi bagian dari asian value adalah gotong royong. Ada kalanya, hal tersebut akan terbawa oleh orang-orang Indonesia ketika hidup di luar negeri. Mereka tidak akan segan membantu orang-orang di sekitarnya ketika mereka membutuhkan bantuan.



4. Menghormati yang Lebih Tua


Hal selanjutnya yang merupakan asian value adalah menghormati orang yang lebih tua. Di Indonesia, rasa hormat dengan yang lebih tua adalah hal wajib. Sering kali, ketika membuat keputusan penting orang-orang akan meminta pendapat dari para orang tua. Mereka sangat menghormati orang yang lebih tua dan menganggap mereka jauh lebih bijaksana.


Kembangkan Danamu Ala Asian Value Bersama DepositoBPR by Komunal


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kebiasaan hemat merupakan salah satu asian value di Indonesia. Jika Anda ingin mengembangkan dana ala asian value, maka Anda bisa mencoba investasi deposito di DepositoBPR by Komunal.


Bunga DepositoBPR by Komunal terbilang tinggi, yakni 6,75%. Bunga tersebut tentunya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk deposito dari bank lain. Jadi, bagi Anda yang ingin hidup dengan memegang teguh asian value, maka melakukan investasi deposito di DepositoBPR by Komunal merupakan hal yang patut dicoba.

Itulah beberapa informasi mengenai asian value yang perlu kamu ketahui. Salah satu contoh asian value adalah hidup hemat dan sederhana. Untuk mendukung hal tersebut, kamu bisa melakukan investasi deposito di DepositoBPR by Komunal seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Selain menawarkan bunga yang tinggi, DepositoBPR by Komunal juga telah berstatus direkomendasikan OJK.

Jadi, kamu tak perlu ragu lagi untuk melakukan investasi di DepositoBPR by Komunal. Yuk, cobain sekarang juga #SimpananRasaInvestasi bersama DepositoBPR by Komunal.



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer