15+ Ide Bisnis Online dari Rumah yang Menguntungkan!

blog

15+ Ide Bisnis Online dari Rumah yang Menguntungkan!

DepositoBPR by Komunal

16 Agustus 2023

Saat ini, bisnis online dari rumah banyak dilakukan oleh seluruh kalangan, karena mampu memberikan keuntungan tanpa modal yang besar.


Inilah mengapa mulai dari anak remaja usia sekolah, karyawan perusahaan, hingga ibu rumah tangga menjadikan ide usaha rumahan sebagai peluang.


Hal tersebut juga bisa kamu lakukan untuk mencapai financial independence, lho. Bukan tidak mungkin, kamu dapat memanfaatkan waktu luang untuk melakukannya.

Nah, artikel berikut memiliki sejumlah ide bisnis online dari rumah yang bisa kamu coba. Yuk, simak sampai tuntas!


Ide Bisnis Online dari Rumah


Tak jarang dari ibu rumah tangga yang merasa ingin menambah pemasukan agar bisa mengelola keuangan rumah tangga sebaik mungkin.

Nah, untuk mengisi waktu luang dan menambah pemasukan, sejumlah ide bisnis online dari rumah di bawah ini bisa dijadikan pilihan yang tepat bagi ibu rumah tangga.


1. Content Writer


Ide pekerjaan online dari rumah yang pertama adalah content writer atau penulis konten. Salah satu jenis pekerjaan kreatif ini sedang banyak diminati oleh berbagai kalangan.


Pasalnya, untuk menjadi penulis konten, kamu tidak harus datang ke kantor, karena telah banyak perusahaan yang mengizinkan para content writer untuk bekerja dari rumah.


Nah, untuk menjadi seorang content writer, kamu bisa mengirimkan konten yang ditulis ke berbagai media massa digital.


2. Usaha Dropship


Bisnis dropship sangat cocok dijadikan sebagai ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga. Melalui bisnis online dari rumah satu ini, kamu tidak perlu melakukan stok barang.


Nah, sebagai gantinya, kamu hanya perlu membuat akun e-commerce dan bekerja sama dengan wholesaler.


Untuk barangnya sendiri, kamu tidak perlu membelinya. Namun, saat ada pembeli, wholesaler yang akan mengirimkan langsung kepada pelanggan dan menyesuaikan label dengan brand milikmu.


3. Membuka Kursus Online


Ide usaha rumahan yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah membuka kursus online. Pada era digital saat ini, banyak orang yang ingin berupaya untuk mengembangkan kemampuannya.


Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha online di rumah ini dengan membuka kursus berbayar sesuai dengan kemampuanmu.


Kamu bisa memanfaatkan berbagai kanal e-learning yang telah tersedia atau membuat website sendiri untuk usaha kursus online-mu.



4. Menjadi YouTuber


YouTube adalah salah satu aplikasi favorit masyarakat yang banyak dikunjungi setiap harinya.


Dengan banyaknya pengguna YouTube yang mencapai angka 2 miliar orang, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka profesi online dari rumah.


Untuk menjadi seorang YouTuber, bekal kemampuan berbicara saja masih belum cukup. Kamu perlu memiliki kemampuan berpikir kreatif, editing video, serta peralatan yang memadai.


5. Freelance


Ide profesi rumahan tanpa modal berikutnya adalah freelance atau pekerja lepas.


Untuk menjadi pekerja lepas, kamu perlu menjual kemampuan yang dimiliki dan pertimbangkan dengan kebutuhan masyarakat.


Berbagai jenis jasa freelance saat ini banyak dicari, seperti mengajar, desain grafis, menulis, dan berbagai keahlian lainnya.


6. Pemasaran Afiliasi


Pemasaran afiliasi atau affiliate marketing adalah salah satu peluang bisnis online dari rumah yang bisa kamu lakukan.


Cara kerja affiliate marketing hampir sama dengan sistem dropship. Namun, pemasaran afiliasi memerlukan kemampuan influencer untuk melakukan promosi produk.


Pada umumnya, gaji affiliate marketing bergantung pada berapa banyak produk yang kamu perjualkan melalui promosi.


7. Membuka Thrift Shop


Salah satu ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang tengah naik daun adalah thrift shop atau menjual baju loak.


Bisnis thrift shop ini selain menjual produk dari brand ternama dengan harga lebih murah juga bermanfaat dalam mengurangi limbah pakaian bekas.


Untuk memasarkannya, kamu bisa membuka toko di rumah sekaligus menjualnya melalui e-commerce, sehingga sasaran pelanggan yang diperoleh lebih luas.



8. Content Creator


Jika kamu memiliki kepercayaan diri yang tinggi, profesi content creator adalah salah satu pekerjaan online dari rumah yang cocok untukmu.


Kamu bisa memanfaatkan beberapa platform media sosial, seperti TikTok dan Instagram untuk membagikan konten-konten buatanmu yang menarik.


Melalui profesi content creator, kamu perlu membuat berbagai jenis konten, baik foto atau video yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.


Lantas, bagaimana cara memperoleh uang dari content creator? Kamu bisa bergabung sebagai affiliate perusahaan untuk memasarkan atau melakukan review suatu produk.


9. Menjual Makanan Online


Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang dalam perkembangannya terus memiliki kreasi untuk meningkatkan nilai jualnya.


Bisnis makanan adalah salah satu ide usaha online di rumah yang cukup menjanjikan.


Pasalnya, meskipun memiliki banyak kompetitor, makanan adalah produk yang selalu dicari oleh masyarakat. Oleh sebab itu, usaha makanan termasuk jenis bisnis yang berpeluang besar.


10. Web Developer


Ide profesi online dari rumah selanjutnya adalah pengembang website atau web developer. Web developer adalah salah satu profesi populer yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan.


Selain menjadi incaran perusahaan, kamu bisa membuka usaha pengembangan website di rumah secara online ataupun bekerja secara remote.

Sebab, selalu ada banyak orang yang membutuhkan jasa ini setelah memasuki era industri digital.


Untuk menjadi web developer, kamu harus menguasai beberapa jenis bahasa pemrograman, seperti Python dan JavaScript.


11. Web Designer


Selain menjadi pengembang website, kamu juga bisa menjadi web designer sebagai salah satu ide profesi rumahan.


Berbeda dengan pengembang website, keahlian web designer diperlukan untuk meningkatkan desain visual pada situs suatu perusahaan.


Nah, saat ini banyak individu atau perusahaan yang mencari jasa web designer dan dapat dilakukan melalui rumah, sehingga kamu tidak perlu datang jauh-jauh ke kantor.



12. Desain Grafis


Peluang profesi online dari rumah dengan modal kecil berikutnya adalah jasa desain grafis. Kamu bisa “menjual” jasa desain grafis kepada masyarakat lokal hingga luar negeri.


Dengan modal kecil, kamu bisa memperoleh pemasukan yang besar. Pasalnya, jasa desain grafis membutuhkan kemampuan editing yang andal.


13. Copywriter


Ide profesi online dari rumah berikutnya adalah copywriter. Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan menulis dan marketing yang mumpuni.


Pada umumnya, pekerjaan seorang copywriter adalah menulis teks iklan untuk kebutuhan publikasi di berbagai kanal, seperti media sosial.


Saat menulis teks iklan ini, kamu memerlukan bahasa yang persuasif untuk menarik perhatian audiens.


14. Podcaster


Peluang usaha online dari rumah selanjutnya adalah menjadi seorang podcaster. Podcast adalah versi terbaru dari radio.


Melalui podcast, kamu bisa membicarakan banyak hal, mulai dari isu-isu santai hingga serius. Pembawaan podcast cenderung ringan, sehingga membuatnya diminati oleh banyak orang.


15. Virtual Assistant


Ide pekerjaan online dari rumah berikutnya adalah virtual assistant. Profesi ini cukup digandrungi oleh berbagai kalangan dan menjadi tren beberapa waktu terakhir.


Pasalnya, virtual assistant dilakukan secara remote dan berpeluang untuk memperoleh gaji yang menjanjikan.


16. Blogger


Ide bisnis online dari rumah yang terakhir adalah menjadi seorang blogger. Ide usaha rumahan ini termasuk profesi yang menjanjikan.


Sebab, saat ini website bisa dibuat sendiri dengan mudah dan kamu bisa menulis konten di dalamnya.


Untuk memperoleh uang melalui blogger, kamu bisa menjadi affiliate perusahaan dengan memasarkan produk melalui menulis konten.


Tips Memulai Bisnis Online dari Rumah


Sebelum memulai bisnis online dari rumah, kamu perlu mengetahui tips memulainya terlebih dahulu.


Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan usaha online di rumah, di antaranya yaitu:


  • Kenali kemampuan dan keahlianmu untuk membantu memilih ide bisnis rumahan yang tepat.

  • Pertimbangkan modal dan peralatan yang kamu miliki. Sesuaikan modalmu dengan bisnis online dari rumah yang hendak kamu lakukan.

  • Mencari tahu peluang pasar dengan melakukan riset.

  • Melihat rata-rata harga dari para kompetitor.

  • Menentukan model bisnis online dari rumah yang tepat untukmu.

  • Menentukan strategi pemasaran yang kreatif.

Melakukan pemasaran bisnis melalui berbagai kanal, seperti media sosial dan membagikannya ke kenalanmu.


Nah, itulah sederet ide pekerjaan dan bisnis online dari rumah yang bisa kamu lakukan sebagai ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luang dan menambah pemasukan.


Selain melakukan bisnis online dari rumah, kamu juga bisa mengembangkan danamu dengan memanfaatkan layanan dari DepositoBPR by Komunal.


Dengan menyimpan dana di DepositoBPR by Komunal, kamu berkesempatan untuk memperoleh imbal hasil yang lebih tinggi, yaitu mencapai 6,75% p.a.

Nah, tunggu apa lagi, yuk, mulai berinvestasi dan menjadi #LebihUntung dengan DepositoBPR by Komunal!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer