Apa itu Investasi Leher ke Atas? Ini Manfaat dan Contohnya

blog

Apa itu Investasi Leher ke Atas? Ini Manfaat dan Contohnya

DepositoBPR by Komunal

09 Februari 2024

Saat ini, banyak orang berpikir bahwa investasi identik dengan menanamkan uang untuk mendapatkan keuntungan finansial. Namun, ternyata investasi tidak hanya terbatas pada hal itu. Ada jenis investasi spesial yang justru tidak berfokus menghasilkan uang, melainkan untuk mengembangkan diri. Investasi spesial ini disebut dengan investasi leher ke atas.


Investasi leher ke atas adalah investasi jangka panjang yang bermanfaat untuk membuat diri kamu semakin berharga dan mampu memberikan kontribusi lebih besar, baik bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bahkan perusahaan tempat bekerja.

Lantas, apa itu investasi leher ke atas? Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.


Pengertian Investasi Leher ke Atas?


Investasi leher ke atas adalah upaya mengembangkan pengetahuan dan keterampilan diri sendiri. Investasi ini dilakukan dengan menanamkan waktu, tenaga, dan biaya untuk memperkaya wawasan serta kemampuan melalui pendidikan formal maupun non-formal.


Tujuan utama investasi pengembangan diri ini adalah agar ilmu yang didapatkan dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas hidup. Selain itu, ilmu dan keterampilan yang didapatkan juga dapat disebarluaskan agar memberi manfaat bagi orang banyak.


Dibandingkan investasi finansial seperti saham dan obligasi, investasi leher ke atas lebih menguntungkan karena hasilnya dapat dirasakan sendiri secara berkelanjutan tanpa risiko kerugian. Oleh karena itu, investasi peningkatan diri ini sangat penting untuk dilakukan.


Manfaat Investasi Leher ke Atas


Investasi leher ke atas merupakan upaya mengembangkan diri dengan mengasah pengetahuan dan keterampilan. Meski terdengar sepele, investasi jenis ini sesungguhnya memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan dalam jangka panjang. Adapun beberapa manfaat yang bisa dirasakan adalah sebagai berikut.


1. Prospek Karir Lebih Baik


Manfaat investasi leher ke atas yang pertama adalah dapat membuka peluang karir yang lebih baik di masa depan. Dengan mengasah keahlian dalam bidang pekerjaan, kamu tidak perlu khawatir tentang prospek karirnya kelak karena ketika kamu sudah memiliki keterampilan di bidang tersebut, prospek karir di masa depan akan lebih baik.



2. Kualitas Hidup Lebih Baik


Selain untuk karir, investasi leher ke atas juga penting untuk meningkatkan kualitas hidup secara spiritual. Dengan berinvestasi dalam pemenuhan kebutuhan batin, kamu dapat meraih kebahagiaan dan ketenangan hidup secara maksimal di masa mendatang.


3. Dapat Menekuni Karier yang Diinginkan


Mengembangkan diri membuat seseorang mampu menekuni karier impiannya. Dengan berinvestasi untuk terus belajar dan mengasah keahlian, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang dapat diaplikasikan untuk meraih karier idaman di masa depan.


Jenis-Jenis Investasi Leher ke Atas


Investasi leher ke atas tidak hanya terbatas pada pengembangan hard skills, tetapi juga pengembangan diri secara menyeluruh. Beberapa jenis investasi pengembangan diri antara lain investasi spiritual, investasi sosial, dan investasi keterampilan. Berikut ini penjelasan singkat mengenai ketiganya.


1. Investasi Spiritual


Investasi spiritual penting untuk ketenangan batin. Dengan memperbaiki kualitas ibadah dan hubungan dengan Tuhan, seseorang yang beriman akan mendapatkan rasa aman dan bahagia karena merasa memiliki tempat bersandar dan berlindung.


2. Investasi Sosial


Kemampuan bersosialisasi adalah salah satu bentuk investasi leher ke atas yang penting untuk keberlangsungan hidup seseorang. Dengan membangun hubungan baik di lingkungan sekitar, kamu akan mendapat banyak manfaat, seperti terhindar dari stres dan kesepian. Kemampuan bersosialisasi yang baik juga dapat mendukung kesuksesan karir di masa depan.


3. Investasi Keterampilan


Meningkatkan keterampilan adalah investasi leher ke atas yang efektif untuk mengembangkan diri. Keterampilan dapat diperoleh melalui pendidikan formal atau belajar secara mandiri. Dengan tekun mempelajari keterampilan baru, baik dalam teori maupun praktik, seseorang dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuannya.


Contoh Investasi Leher ke Atas


Terdapat beragam contoh investasi leher ke atas yang dapat dilakukan untuk mengembangkan diri. Mulai dari hal sederhana seperti membaca buku hingga mengikuti kursus atau seminar. Berikut ini beberapa contoh yang dapat menjadi inspirasi dalam melakukan investasi leher ke atas.


1. Membaca Buku


Membaca buku adalah cara yang efektif untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Dengan membaca, seseorang dapat memperoleh berbagai informasi dan memperluas pengetahuan dari seluruh dunia tanpa perlu bepergian.



2. Mengikuti Kursus atau Pelatihan


Mengikuti kursus atau pelatihan merupakan salah satu investasi leher ke atas yang efektif. Dengan mengikuti program terstruktur tersebut, seseorang dapat belajar skill dan pengetahuan baru tanpa harus menyusun kurikulum dan materi sendiri. Beberapa program yang bisa dicoba diantaranya kelas digital marketing, menulis, atau sesuai minat kamu.


3. Belajar di Sekolah


Cara sederhana lainnya untuk mengembangkan diri adalah memanfaatkan fasilitas belajar di sekolah atau kampus. Dengan rajin mengikuti pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler sesuai minat, kamu dapat mengasah pengetahuan serta keterampilan dengan lebih efektif dan terstruktur. Pendidikan formal merupakan sarana investasi pengembangan diri yang efektif.


4. Mempelajari Bahasa Asing


Mempelajari bahasa asing merupakan investasi pengembangan diri yang tepat bagi pecinta traveling. Dengan menguasai bahasa internasional ataupun bahasa daerah, kamu dapat berkomunikasi lancar saat berkunjung ke tempat baru. Bahasa asing dapat menjadi bekal berharga untuk kamu ketika melakukan perjalanan kelak.


Cara Investasi Leher ke Atas


Melakukan investasi pengembangan diri tidaklah sulit asalkan mengetahui caranya. Ada beberapa tips yang dapat diikuti agar investasi pengembangan diri berjalan efektif. Berikut ini cara investasi leher ke atas yang dapat dilakukan.


1. Memilih Lingkungan yang Tepat


Saat melakukan investasi leher ke atas, sangat penting untuk memilih lingkungan yang tepat. Berada di lingkungan di mana orang-orang memiliki minat belajar yang sama dapat memberikan dorongan untuk terus mengembangkan potensi diri. Hal ini merupakan temuan berharga yang mendukung usaha investasi dalam pengembangan diri.


2. Menyediakan Peralatan yang Memadai


Menyediakan peralatan yang memadai penting agar proses pengembangan diri berjalan optimal. Meski dengan anggaran terbatas, setidaknya kamu tetap bisa mengalokasikan sedikit dana untuk perlengkapan belajar sesuai dengan bidang yang diminati.. Dengan begitu, kamu bisa lebih nyaman saat melakukan investasi peningkatan diri.


3. Mengenali Potensi Diri


Langkah awal yang penting dalam investasi pengembangan diri adalah mengenali potensi diri dengan menggali kelebihan dan kekurangan diri. Hal ini dilakukan untuk menentukan bidang pengembangan diri yang paling sesuai. Pemahaman tentang diri sendiri menjadi kunci dalam proses investasi leher ke atas.


4. Mencari Mentor dan Komunitas yang Tepat


Mencari mentor atau bergabung dalam komunitas perlu dilakukan untuk mendukung kegiatan investasi pengembangan diri kamu. Namun, pertimbangkan juga kondisi finansial kamu sebelum memutuskan melibatkan mentor. Jika kamu keberatan menggunakan mentor, bergabung ke komunitas dengan minat yang sama bisa menjadi alternatif yang terjangkau dan mendukung proses pengembangan diri.


Itulah penjelasan lengkap mengenai investasi leher ke atas yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan diri. Selain investasi diri, kamu juga bisa melakukan investasi keuangan agar kondisi finansial tetap stabil. Salah satu pilihan yang aman adalah deposito. Jika kamu sedang mencari alternatif investasi keuangan dengan tingkat pengembalian yang menarik, produk deposito dari DepositoBPR by Komunal patut dipertimbangkan.


DepositoBPR by Komunal merupakan aplikasi yang memberikan akses #LebihPraktis ke produk deposito BPR. Pilihan produk deposito BPR yang terjamin keamanannya memberikan keuntungan bunga deposito lebih tinggi dari bank umum, mencapai 6,75% per tahun! Tak hanya itu, setoran awalnya juga terjangkau mulai dari 1 juta rupiah, oleh karena itu, siapapun dapat memulai investasi ini.


Jadi tunggu apalagi? Yuk, buat keuangan kamu #MakinMaksimal dengan DepositoBPR by Komunal, karena deposito di BPR saat ini #LebihMudah, #LebihAman, dan #LebihPraktis.



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer