Begini 7 Tips Mengatur Keuangan setelah Lebaran, Yuk Simak!

blog

Begini 7 Tips Mengatur Keuangan setelah Lebaran, Yuk Simak!

DepositoBPR by Komunal

15 Maret 2024

Sebagian orang akan membutuhkan dana ekstra saat menyambut hari raya Idulfitri atau Lebaran. Karena itu, sangat penting untuk mengatur kembali keuanganmu guna mengevaluasi kondisi finansial setelah lebaran. Lantas, adakah tips mengatur keuangan setelah lebaran?


Salah satu langkah terpenting untuk mengelola keuangan setelah lebaran adalah dengan menerapkan metode budgeting yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol finansial sekaligus meminimalisasi pengeluaran yang tidak penting.

Yuk, kenali berbagai tips mengatur keuangan setelah lebaran selengkapnya melalui pembahasan berikut ini! Check this out!


Tips Mengatur Keuangan setelah Lebaran


Momen hari raya Idulfitri atau Lebaran kerap membuat sebagian orang perlu mengeluarkan dana ekstra. Pasalnya, momen ini biasanya dilakukan dengan mengunjungi sanak saudara hingga pulang ke kampung halaman yang bisa menyedot banyak pengeluaran.


Tenang saja, meski sempat terkuras, ada beberapa tips mengatur keuangan setelah lebaran yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan kondisi finansial. Berikut uraian selengkapnya.


1. Menerapkan Metode Budgeting yang Tepat setelah Lebaran


Tips mengatur uang setelah lebaran yang pertama adalah menerapkan metode budgeting dengan tepat.


Dalam hal ini, cobalah untuk menunda pengeluaran yang tidak perlu serta membatasi biaya untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya, kamu bisa menahan diri untuk tidak bepergian atau bertamasya yang perlu mengeluarkan banyak uang setelah lebaran.


2. Mengatur Kembali Catatan Keuangan


Cara pengelolaan keuangan setelah lebaran berikutnya adalah memeriksa dan mengatur kembali catatan keuangan. Kamu bisa memastikan pos mana saja yang membuat pengeluaranmu menjadi sangat banyak di hari raya Idulfitri.


Kemudian, atur ulang rincian pengeluaran untuk hari-hari selanjutnya dengan cara mengatur prioritas serta menekan pos-pos yang dirasa tidak terlalu penting. Dengan begitu, kamu bisa meminimalkan pengeluaran yang tidak perlu setelah lebaran.



3. Mulai Menabung


Untuk mengembalikan kondisi finansial yang terkuras selama bulan Ramadan dan Lebaran, kamu juga disarankan untuk mulai menabung kembali dengan cara menyisihkan sebagian pemasukan.


Yang perlu diingat adalah pastikan untuk menyisihkan uang tabungan terlebih dahulu. Jangan sampai menunggu sisa pengeluaran untuk ditabung, ya! Sebab, hal ini justru malah membuat tabunganmu cenderung tidak stabil.


4. Menyediakan Dana Darurat


Pengeluaran bulan Ramadan dan libur Lebaran mungkin membuatmu harus menggunakan dana darurat yang sudah disiapkan jauh-jauh hari. Jika demikian, sudah sewajarnya bagi kamu untuk kembali mengisi dana darurat yang sudah terpakai setelah lebaran.

Pasalnya, dana darurat harus selalu tersedia dan memiliki jumlah yang sesuai dengan kondisi finansialmu. Tujuannya adalah untuk menghindari risiko terjadinya masalah keuangan yang bisa terjadi di kemudian hari akibat kondisi mendadak, seperti membutuhkan biaya untuk berobat atau memenuhi kebutuhan sehari-hari setelah terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).


5. Melunasi Utang


Melunasi hutang juga menjadi salah satu cara mengatur uang setelah lebaran yang penting untuk diperhatikan.


Memang, pengeluaran di bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri yang tidak terkontrol sering menimbulkan utang yang bersifat konsumtif. Mulai dari menggunakan kartu kredit, paylater, hingga pinjaman online kerap digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan pengeluaran menjelang lebaran.


Jika kamu sempat berutang, cobalah untuk segera melunasinya setelah lebaran, ya. Hal ini tentu bisa membantu memulihkan keuanganmu pascalebaran, sehingga dapat menjalani aktivitas sehari-hari tanpa beban.


6. Mencari Peluang Pemasukan Tambahan


Agar arus kas pemasukanmu kembali pulih setelah lebaran, kamu juga bisa mencari peluang untuk menambah pendapatan. Bagaimana caranya?


Sebetulnya, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh pemasukan tambahan. Yang pertama, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan. Atau, bisa juga dengan mencari pekerjaan baru yang menawarkan gaji lebih tinggi.



7. Mengalokasikan Dana untuk Investasi


Last but not least, tips mengatur keuangan setelah lebaran yang perlu dilakukan adalah mengalokasikan dana untuk berinvestasi. Dengan berinvestasi, kamu bisa mengembangkan danamu demi membantu mencapai tujuan finansial.


Mau berinvestasi dengan #LebihAman dan #LebihPraktis? DepositoBPR by Komunal bisa menjadi solusi untukmu!


Lantaran, DepositoBPR by Komunal menyediakan produk deposito syariah dari BPRS yang menawarkan imbal hasil hingga 6,75% per tahunnya. Di mana, imbal hasil ini tentu lebih tinggi dibandingkan dengan deposito yang ditawarkan oleh bank umum.


Tak perlu khawatir, uang yang kamu simpan melalui DepositoBPR by Komunal akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp2 miliar per nasabah per bank. Aplikasi DepositoBPR by Komunal sendiri telah tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, danamu tentu lebih aman!


Yuk, #PilihYangTepat untuk mengelola keuangan setelah lebaran menggunakan DepositoBPR by Komunal sekarang juga!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer