Sistem Deposito dan Alur Transaksi di DepositoBPR by Komunal

blog

Sistem Deposito dan Alur Transaksi di DepositoBPR by Komunal

DepositoBPR by Komunal

29 September 2023

Jika ingin mulai menempatkan dan mengembangkan dana melalui DepositoBPR by Komunal, kamu perlu mengenali sistem deposito dan alur transaksinya dahulu.

Pada dasarnya, DepositoBPR by Komunal akan berperan sebagai deposito channeling atau penghubung antara BPR dengan calon deposan untuk pembukaan deposito.


Mau tahu lebih lanjut mengenai sistem deposito dan alur transaksi di DepositoBPR by Komunal? Yuk, simak ulasan berikut ini sampai habis! Check this out!


Apa itu Deposito?


Sebelum membahas alur transaksi dan sistem deposito, penting untuk mengenali pengertiannya terlebih dahulu.


Sebetulnya, apa itu deposito? Deposito adalah produk simpanan berjangka yang disediakan oleh lembaga perbankan.


Berbeda dengan tabungan, produk simpanan ini hanya bisa dicairkan pada jangka waktu tertentu.


Meski begitu, deposito adalah produk keuangan yang kerap digunakan oleh sebagian orang untuk mengembangkan dana.


Pasalnya, produk simpanan berjangka ini memiliki persentase bunga yang relatif lebih tinggi dibandingkan tabungan.


Mengenal Sistem Deposito secara Umum


Secara umum, cara kerja dan sistem deposito akan dimulai dari penyetoran sejumlah dana ke bank untuk disimpan dalam jangka waktu tertentu.


Lalu, bank akan memberikan bunga secara akumulatif hingga tiba masa jatuh tempo dalam periode waktu tertentu.


Periode waktu ini akan ditentukan melalui tenor deposito yang sudah disepakati oleh pihak bank dan nasabah saat melakukan pembukaan deposito.

Selain itu, perlu diketahui pula bahwa dana nasabah yang sudah ditempatkan pada deposito hanya bisa ditarik jika sudah memasuki masa jatuh tempo.


Jika dana tersebut ditarik sebelum jatuh tempo, maka nasabah tidak akan mendapatkan keuntungan bunga sesuai dengan kesepakatan.


Bahkan, beberapa pihak bank juga memberlakukan penalti atau denda apabila nasabah menarik dana deposito sebelum jatuh tempo.



Bagaimana Sistem dan Alur Transaksi Deposito di DepositoBPR by Komunal?


Pada dasarnya, tidak ada perbedaan sistem deposito jika menempatkannya secara langsung pada bank maupun melalui DepositoBPR by Komunal.


Meskipun melakukan penempatan deposito melalui DepositoBPR by Komunal, dana nasabah akan tetap dihimpun dan dikelola oleh pihak BPR terkait.



Sebab, di sini, DepositoBPR by Komunal akan bertindak sebagai perantara atau penghubung (katalisator) antara bank BPR dengan calon deposan. Artinya, kami tidak akan menghimpun dana deposito milik nasabah sepeser pun.


Di sisi lain, bagi pihak bank, DepositoBPR by Komunal menjadi sarana untuk membantu BPR dalam hal pembukaan deposito oleh nasabah.


Untuk lebih jelasnya, berikut adalah alur transaksi dan sistem deposito pada DepositoBPR by Komunal.


1. Proses Know Your Customer


Pada tahap awal, calon deposan akan melakukan proses KYC (Know Your Customer) melalui platform DepositoBPR by Komunal.


Melalui proses ini, nasabah perlu mendaftarkan akun dan mengisi beberapa data pribadi, informasi umum, hingga alamat surat-menyurat pada laman yang tersedia di DepositoBPR by Komunal.


Setelah itu, calon deposan bisa mulai memilih produk deposito BPR yang tersedia pada aplikasi.



2. Penyaluran Dana Nasabah ke Pihak BPR


Saat nasabah melakukan transaksi dan membuka deposito, dananya akan melalui payment gateway yang turut mendukung alur transaksi DepositoBPR by Komunal.


Di mana, payment gateway sendiri merupakan sistem transaksi online yang mengotorisasi proses pembayaran langsung, baik menggunakan transfer bank, kartu kredit, e-wallet, ataupun direct debit dari nasabah.


Melalui payment gateway, diberlakukan sistem enkripsi data nomor kartu debit ataupun kredit untuk menjalani keamanan dan kenyamanan transaksi secara online.


Dana nasabah yang telah melalui payment gateway ini selanjutnya akan disalurkan secara langsung ke rekening BPR.


3. Pencairan Dana Setelah Jatuh Tempo


Setelah memasuki waktu jatuh tempo, total dana pokok dan keuntungan bunga deposito milik nasabah akan langsung cair ke rekening utama yang sudah didaftarkan melalui platform DepositoBPR by Komunal.


Seperti itulah informasi lengkap mengenai sistem deposito dan alur transaksi di DepositoBPR by Komunal yang bisa disampaikan.


Dengan sistem yang terintegrasi, seluruh dana depositomu tentu akan #LebihAman jika menempatkannya melalui DepositoBPR by Komunal.


Terlebih, Bank BPR yang terdaftar di DepositoBPR by Komunal juga telah dikurasi dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, kamu nggak perlu khawatir lagi, deh.


Yuk, langsung aja kembangkan danamu melalui DepositoBPR by Komunal dan nikmati #SimpananRasaInvestasi sekarang!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer