Begini Cara Pencairan Dana Deposito di DepositoBPR by Komunal

blog

Begini Cara Pencairan Dana Deposito di DepositoBPR by Komunal

DepositoBPR by Komunal

29 September 2023

Masa jatuh tempo tentu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh para deposan agar bisa mendapatkan hasil investasinya di deposito. Namun, sudah tahukah kamu bagaimana cara melakukan pencairan dana deposito di DepositoBPR by Komunal?

Sebagai aplikasi yang dapat memudahkanmu untuk menempatkan dana deposito di BPR, DepositoBPR by Komunal juga turut memberikan pengalaman mencairkan deposito secara praktis, bahkan hanya dengan menunggu di rumah!


Supaya nggak penasaran lagi, kamu bisa menyimak cara melakukan pencairan dana deposito di DepositoBPR by Komunal selengkapnya dalam artikel berikut ini!


Cara Pencairan Dana Deposito di DepositoBPR by Komunal


DepositoBPR by Komunal merupakan salah satu platform populer untuk menempatkan pendanaan deposito di Bank Perekonomian Rakyat (BPR).

Salah satu keunggulan DepositoBPR by Komunal adalah dapat membantu nasabah untuk melakukan pendanaan di BPR secara digital.


Bahkan, setelah depositomu sudah memasuki jatuh tempo, kamu juga bisa mencairkan dananya secara praktis tanpa perlu repot-repot mengunjungi bank BPRnya, lho.


Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah pencairan dana deposito di DepositoBPR by Komunal.


1. Ajukan Penjemputan Bilyet Fisik melalui Aplikasi


Cara melakukan pencairan dana deposito di DepositoBPR by Komunal yang pertama adalah mengajukan penjemputan bilyet fisik melalui aplikasi.




Saat depositomu sudah memasuki jatuh tempo, kamu akan menemukan notifikasi pada aplikasi DepositoBPR by Komunal untuk segera mengirimkan bilyet fisik yang sudah diterima saat mengajukan deposito ke pihak BPR terkait.


Sebelum mengajukan penjemputan bilyet tersebut, kamu akan diarahkan untuk menandatangani kolom tanda tangan di dalam bilyet fisik deposito tersebut.


Pastikan juga untuk mengunggah foto bukti pengiriman bilyet fisik tersebut pada dashboard aplikasi DepositoBPR by Komunal.


Tenang, kamu tidak akan dikenakan biaya untuk mengajukan penjemputan bilyet fisik ini, alias gratis!


Selain itu, jika ingin mencairkan dana deposito secara praktis, kamu bisa memilih produk E-deposito yang tidak memerlukan bilyet fisik sebagai bukti kepemilikan.

Namun, nasabah akan tetap mendapatkan advis deposito sebagai surat bukti penempatan dana jika memilih E-deposito.


Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot mengajukan penjemputan bilyet fisik untuk mencairkan dana deposito.


Di sisi lain, jika bilyet fisik depositomu hilang, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu lakukan.


  • Membuat surat keterangan yang menyatakan bahwa bilyet fisik telah hilang dari pihak kepolisian.

  • Membuat surat pernyataan tertulis yang ditujukan kepada pihak BPR terkait.

  • Memindai dua dokumen tersebut dalam bentuk softcopy.

  • Mengirimkan softcopy dokumen terkait kepada pihak Komunal.

  • Menghubungi Customer Happiness Komunal untuk mendapatkan bantuan pengiriman dua dokumen tersebut kepada pihak BPR terkait.

  • Menunggu konfirmasi dari pihak BPR terkait untuk proses lebih lanjut.


2. Tunggu Sampai Dana Deposito Masuk ke Rekening


Cara mencairkan dana deposito di DepositoBPR by Komunal selanjutnya adalah menunggu hingga dana deposito sudah masuk ke rekening yang didaftarkan pada aplikasi.


Sebetulnya, pencairan deposito apa bisa langsung? Berapa lama mencairkan deposito di DepositoBPR by Komunal?


Secara umum, lama waktu pencairan dana depositoBPR by Komunal adalah selama 1x24 jam. Namun, hal ini tentu tergantung dengan kebijakan dari bank yang kamu gunakan sebagai rekening utama.


Nantinya, dana yang masuk ke dalam rekeningmu adalah total dana pokok serta bunga yang didapatkan sesuai dengan ketentuan.


3. Klik Tombol Konfirmasi pada Menu “Depositoku”


Setelah memastikan dana depositomu sudah masuk ke rekening, langkah berikutnya adalah membuka menu “Depositoku” pada aplikasi DepositoBPR by Komunal.


Terakhir, pilih menu “Lunas” dan klik ikon “Konfirmasi” pada deposito terkait. Melalui langkah ini, pencairan dana deposito di DepositoBPR by Komunal telah selesai.


Bagaimana Cara Mencairkan Dana Deposito Jika Deposan Meninggal Dunia?


Jika nasabah meninggal dunia, dana deposito dapat dicairkan melalui ahli waris. Nantinya, ahli waris terkait perlu menghubungi mitra BPR dan Tim Komunal untuk mengonfirmasi bahwa deposan telah meninggal dunia.


Lalu, pihak BPR terkait akan menghubungi Tim Komunal untuk mengonfirmasi kembali serta melakukan pemeriksaan data diri deposan.


Setelah itu, ahli waris dapat berkoordinasi secara langsung dengan mitra BPR untuk mengetahui syarat serta proses pencairan dana deposito.



Bisakah Melakukan Pencairan Dana Deposito Sebelum Jatuh Tempo di DepositoBPR by Komunal?


Sebagian nasabah mungkin pernah ingin melakukan pencairan dana deposito sebelum memasuki jatuh tempo karena kondisi tertentu.


Tidak perlu khawatir, di DepositoBPR by Komunal, kamu juga bisa mencairkan dana deposito sebelum jatuh tempo, kok. Untuk memprosesnya, cukup hubungi Customer Service Komunal melalui kontak berikut:



  • Live chat di website DepositoBPR by Komunal setiap hari kerja, pukul 09.00–16.00 WIB.

  • WhatsApp: 0851-6310-6672.

  • Datang langsung ke head office DepositoBPR by Komunal di Voza Tower Lantai 20, Jl. Mayjen HR. Muhammad Nomor 31, Sukomanunggal, Surabaya, Jawa Timur.

Namun, perlu diketahui bahwa pencairan dana deposito sebelum jatuh tempo akan membuat nasabah tidak bisa mendapatkan keuntungan dari bunga sesuai dengan kesepakatan.


Bahkan, nasabah juga berisiko mendapatkan denda atau penalti jika mencairkan dana deposito sebelum batas tenor yang sudah ditentukan.


Penalti ini biasanya meliputi biaya administrasi serta potongan dari jumlah dana pokok dan bunga deposito.


Nominal penalti tersebut cenderung beragam sesuai dengan kebijakan bank BPR terkait, jenis produk deposito, serta nominal dana yang didepositokan.


Secara umum, persentase penalti yang diberikan kepada nasabah setelah mencairkan dana deposito sebelum jatuh tempo adalah sekitar 0,5–3%.


Itu dia ulasan lengkap mengenai cara pencairan dana deposito di DepositoBPR by Komunal yang penting untuk kamu perhatikan. Bagaimana? cukup mudah, bukan?


Karena segala kemudahannya, tak perlu ragu lagi untuk menempatkan deposito melalui DepositoBPR by Komunal, ya!


Tenang, DepositoBPR by Komunal sudah tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Bahkan, BPR yang ada di DepositoBPR by Komunal juga sudah dikurasi dan dijamin oleh LPS. Dengan begitu, danamu tentu akan #LebihAman.


Yuk, buat investasimu jadi #MakinMaksimal bersama DepositoBPR by Komunal!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer