blog
Tujuan Investasi Para Millennial & 3 Instrumen Terbaik Untuk Berinvestasi
DepositoBPR by Komunal
28 November 2022
Tujuan Investasi Para Millennial & 3 Instrumen Terbaik Untuk Berinvestasi

Hasil survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) bersama Zigi.id dan Sisi+ pada tahun 2021 ini mengumpulkan tanggapan 1.939 orang dari 33 provinsi di Indonesia mengatakan bahwa mayoritas tujuan investasi anak muda Indonesia bukan untuk mendapat profit jangka pendek melainkan untuk mempersiapkan masa depan.




Sumber : katadata


72,5% dari responden mengatakan tujuan mereka berinvestasi adalah untuk meningkatkan pendapatan depan mulai dari persiapan dana darurat,pensiun & menikah, dan lain-lain, 62,7% responden memiliki tujuan investasi untuk mengelola uang dingin, 51,6% lainnya berinvestasi untuk keperluan dana pensiun, 33,9% bertujuan untuk mendapat profit jangka pendek, dan 20% diantaranya berinvestasi untuk mempersiapkan pensiun dini.



Jika diambil kesimpulan berdasarkan kelompok umurnya, tujuan investasi yang dilakukan oleh generasi Milenial dan Gen Z adalah untuk keperluan masa depan. Saat ini investasi menjadi topic yang sangat menarik untuk dibahas, untuk itu, sebagai generasi milenial dan gen Z yang melek finansial, wajib banget memahami pentingnya investasi!



Pentingnya Investasi Sejak Dini


Faktor terpenting dalam berinvestasi dan membangun kekayaan adalah timing. Timing memungkinkan investasi Anda tumbuh dari waktu ke waktu, yang tentunya memiliki peranan penting untuk mencapai tujuan investasi dan keuangan Anda.


Hidup Lebih Hemat


Dengan berinvestasi sedini mungkin, kebiasaan menabung dan menghemat akan berkembang. Semakin banyak Anda berinvestasi, semakin cepat tujuan investasi tercapai dan semakin banyak yang akan didapatkan di masa depan.


Meningkatkan Kemampuan Dalam Mengambil Risiko


Anda tentu sudah tidak asing dengan pepatah, "semakin tinggi resikonya, semakin tinggi pula hasilnya". Probabilitas untuk mendapatkan hasil yang bagus di usia muda tentunya akan meningkat dengan adanya kemampuan mengambil risiko yang tinggi.



Memiliki Lebih Banyak Waktu Pemulihan


Jika Anda berinvestasi lebih awal dan mengalami kerugian, tentunya memungkinkan Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bangkit dari kerugian investasi tersebut dan menggunakan pengalaman tersebut untuk kedepannya.


Masa Depan Terjamin


Ada kalanya, kita mengalami momen pengeluaran yang mendesak, sehingga membutuhkan uang dengan segera. Selama masa-masa seperti itu, investasi yang dilakukan pada usia dini terbukti sangat berguna dan akan membantu Anda melewati masa-masa sulit tersebut.


Memudahkan Rencana Pensiun


Menabung untuk pensiun dari usia 20-an daripada usia 40-an selalu menjadi ide yang lebih baik. Kehidupan setelah pensiun lebih menantang daripada sebelumnya, jadi merencanakan tujuan investasi mulai saat ini akan membawa kehidupan yang lebih bahagia setelah pensiun.




Instrumen Investasi yang Cocok Untuk Generasi Muda


Dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini, milenial dan gen Z dapat lebih mudah mengakses pasar saham dan investasi online lainnya jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.



1. Investasi Saham


Bagi Anda yang ingin berinvestasi pada instrumen yang dapat memberikan return tinggi, saham bisa menjadi pilihan terbaik. Namun, hal ini tentu berbanding lurus dengan tingkat risiko yang juga tidak kalah besar.



Jika tujuan investasi bukan untuk jangka panjang, berinvestasi di saham sebenarnya tidak disarankan. Apalagi jika Anda masih belum memiliki pengalaman yang cukup dalam dunia investasi.



2. Investasi Emas


Rekomendasi instrumen investasi lain yang tak kalah menarik untuk dipilih generasi muda adalah emas. Imbal hasil yang diberikan oleh investasi emas mampu mengimbangi IHSG, bahkan melampauinya.


Ada berbagai alasan mengapa emas bisa menjadi jenis investasi yang menjanjikan, seperti, risiko rendah tergerus inflasi, selalu memiliki banyak bunga, dan memiliki tingkat likuiditas yang tinggi.



3. Menanamkan Deposito di Bank


Sama halnya dengan emas, deposito juga bisa menjadi peluang investasi yang memiliki tingkat risiko rendah, namun tetap mampu memberikan peluang keuntungan yang menjanjikan. Tingkat bunga deposito tertinggi yang bisa didapatkan investor deposito sekitar 5 hingga 8 persen per tahun.Oleh karena itu, tidak heran jika investor pemula umumnya memilih instrumen ini ketika mulai membangun tujuan investasinya.


Itu dia penjelasan lengkap seputar pentingnya investasi sejak dini yang perlu Anda ketahui khususnya para milenial dan gen Z biar masa depan makin cerah!


Simpan uangmu di DepositoBPR by Komunal #SimpananRasaInvestasi yang pastinya #LebihAman #LebihPraktis dan #LebihUntung. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut di DepositoBPR by Komunal.

share

Bagikan