blog
Ini Dia 6 Investasi Yang Menguntungkan Dan Dapat Dicoba
Komunal Indonesia
24 Juni 2022
Ini Dia 6 Investasi Yang Menguntungkan Dan Dapat Dicoba

Dalam masa yang akan datang, investasi menjadi sebuah aktivitas finansial yang sangat menjanjikan. Investasi yang menguntungkan menjadi daya tarik utama mayoritas masyarakat untuk terjun ke dalam dunia investasi.



Secara sederhana, investasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mengupayakan penanaman modal dengan harapan memperoleh keuntungan di masa mendatang. Investasi dapat dilakukan dengan memanfaat berbagai instrumen mulai dari investasi deposito, saham, obligasi dan lain sebagainya.



Oleh sebab itu, semua orang menginginkan investasi yang menguntungkan demi meningkatkan kondisi finansial. Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi Anda perlu memahami beberapa hal penting guna menyusun strategi investasi yang tepat agar terhindar dari kerugian.



Masa mendatang menjadi salah satu tujuan penting sebelum Anda memutuskan untuk melakukan investasi dan menghasilkan keuntungan. Memulai investasi sedari dini merupakan salah satu solusi yang tepat karena dengan begitu Anda akan memiliki kesempatan yang lebih besar dalam memperoleh keuntungan.



Perlu diketahui bahwa investasi memiliki karakter yang tidak dapat ditebak, hal ini dikarenakan banyaknya jenis atau instrumen investasi yang tersedia seperti investasi deposito, saham, dan lain-lain.


Memilih investasi yang menguntungkan dan memberikan return besar pastinya menjadi keinginan semua orang. Bukan rahasia umum lagi, apabila salah satu tujuan utama seseorang berinvestasi tentunya untuk mendapatkan keuntungan yang dapat meningkatkan kondisi finansial.



Namun investasi tidak hanya sekedar keuntungan melainkan juga memiliki risiko kerugian yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan harus diwaspadai. Oleh sebab itu, pastikan Anda benar-benar memilih instrumen investasi yang tepat dan dapat memberikan keuntungan.



Jenis - jenis Investasi Yang Menguntungkan


Memilih instrumen yang sesuai dengan Anda merupakan salah satu hal yang penting dalam melakukan investasi. Berikut adalah penjelasan terkait instrumen investasi yang menguntungkan dan cukup populer di Indonesia.




1. Saham


Popularitas saham sebagai salah satu instrumen investasi yang menguntungkan memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan hingga saat ini, saham masih menjadi pilihan banyak kalangan investor untuk menghasilkan keuntungan yang besar. Meskipun menghasilkan keuntungan yang besar, investasi yang satu ini memiliki profil risiko yang terbilang cukup tinggi jika dibandingkan instrumen lain seperti investasi deposito dan reksadana.



Sebelum memutuskan untuk memilih instrumen investasi yang satu ini, pastikan Anda sudah memahami semua unsur mengenai saham yang meliputi kesehatan operasional hingga laporan keuangan perusahaan yang menjadi pilihan Anda untuk berinvestasi guna menghindari segala resiko yang dapat terjadi sewaktu-waktu.



Saham juga terdiri dari berbagai jenis yang mengacu pada jenis saham yang berasal dari sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.



2. Obligasi


Investasi yang menguntungkan selanjutnya adalah obligasi yang menawarkan persentase keuntungan yang relatif stabil. Stabilitas yang dimiliki oleh obligasi menjadikan instrumen investasi yang satu ini banyak menarik perhatian investor.



Selain itu, profil risiko yang ditawarkan oleh investasi obligasi ini terbilang cukup terukur, sehingga memberikan rasa aman. Obligasi sendiri adalah salah satu instrumen investasi yang dikeluarkan dalam bentuk surat pernyataan hutang.



Surat pernyataan hutang yang dijadikan obligasi tersebut dikeluarkan atau diterbitkan oleh pemerintah atau korporasi. Selain itu, surat pernyataan hutang tersebut juga dapat diterbitkan oleh perseorangan. Meningkatkan potensi ekonomi dari pihak penerbit menjadi salah satu tujuan fundamental hadirnya obligasi.



Sama halnya dengan investasi deposito dan saham, obligasi terdiri dari beberapa jenis yakni pembagian kupon atau keuntungan. Kupon sendiri merupakan sebuah tanda bukti kepemilikan atas investasi obligasi, sekaligus menjadi bukti atas keuntungan yang diperoleh dari investasi yang menguntungkan satu ini.



3. Emas


Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang paling banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan instrumen investasi yang satu ini mudah untuk didapatkan. Investasi berupa emas juga menawarkan beberapa pilihan dalam berinvestasi.



Anda dapat membeli dan berinvestasi emas berupa emas murni hingga perhiasan emas yang akan disimpan sebagai aset bernilai. Selain itu, emas juga dapat dijadikan investasi yang menguntungkan dengan menggunakan skema tabungan. Cara investasi dengan menabung emas sudah banyak dilakukan secara online dengan biaya yang relatif lebih terjangkau.



Investasi emas menawarkan berbagai kelebihan, salah satu adalah nilai aset yang cenderung stabil serta memiliki risiko yang rendah. Kestabilan nilai yang dimiliki instrumen ini menjadikannya emas banyak dilirik oleh masyarakat sebagai sarana untuk berinvestasi.



Selain itu, emas juga dianggap sebagai investasi yang menguntungkan yang memiliki tingkat likuiditas yang sangat tinggi. Sehingga, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk kebutuhan dana darurat, emas dapat jadi pilihan utama yang dapat dicairkan dalam waktu yang relatif singkat.



4. Tanah dan properti


Tak lengkap rasanya apabila tidak membahas tanah dan properti saat membahas investasi yang menguntungkan. Investasi tanah dan properti menjadi investasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.


Mayoritas masyarakat menganggap bahwa investasi properti dan tanah dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Selain itu, instrumen investasi yang satu ini juga menawarkan risiko yang rendah sekaligus dapat dikelola dengan mudah.



Jenis investasi tanah dan properti juga dapat dioptimalisasi ke dalam jenis usaha properti guna meningkatkan potensi keuntungan untuk finansial Anda. Salah satu jenis usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat dengan memanfaatkan properti yakni dengan menyewakan properti itu sendiri.



Properti dan tanah dinilai sebagai investasi yang menguntungkan di mana dapat memberikan keuntungan yang besar mengingat nilainya yang selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.



5. Reksadana


Belakangan ini, investasi reksadana menjadi sangat populer. Hal ini dikarenakan saat ini, masyarakat dapat dengan mudah melakukan investasi reksadana. Reksadana menawarkan kemudahan serta kenyamanan dalam melakukan investasi berkat munculnya peran manajer investasi.



Manajer investasi akan membantu Anda untuk mengelola aset investasi reksadana Anda dalam memenuhi kebutuhan serta tujuan dari investasi Anda. Sebagai investor yang menanamkan modal di reksadana Anda hanya perlu menentukan jenis reksadana seperti apa yang sesuai dengan keinginan Anda yang kemudian akan mengarahkan transaksi tersebut kepada manajer investasi yang telah Anda pilih.



Sama halnya dengan saham maupun investasi deposito, Investasi yang menguntungkan satu ini juga memiliki beragam jenis serta profil risiko yang berbeda-beda, di antaranya adalah reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, reksadana saham, serta reksadana campuran.



Setiap jenis reksadana yang ditawarkan saat ini tentu memiliki berbagai jenis profil risiko berdasarkan dengan kebutuhan para investor, seperti conservative, serta balanced.



6. Investasi Deposito


Investasi deposito


Itu dia beberapa investasi yang menguntungkan yang dapat Anda jadikan pertimbangan saat ingin berinvestasi. Untuk Anda yang ingin berinvestasi dengan risiko yang rendah dapat memanfaatkan Deposito BPR by Komunal, selain suku bunga yang tinggi, komunal juga sudah terdaftar di OJK dan dijamin oleh LPS. Kunjungi website kami untuk penawaran menarik lainnya!


share

Bagikan