blog
Investasi Aman untuk Pemula, DepositoBPR jadi Pilihan Keluarga Muda
Bhaskara Chandra Prasetya
02 September 2022
Investasi Aman untuk Pemula, DepositoBPR jadi Pilihan Keluarga Muda
Memiliki keluarga di usia muda itu memang banyak tantangannya, selain harus siap mental, keuangan juga harus disiapkan dengan sangat matang. Maka dari itu, sangat diperlukan menyiapkan rencana keuangan mulai dari usia yang jauh lebih muda. Pemilihan produk investasi buat pemula dan keluarga muda pun tidak boleh sembarangan. Ada beberapa jenis produk keuangan yang dapat Anda pilih yang sudah kami rangkum dalam artikel 6 Investasi Yang Menguntungkan Dan Dapat Dicoba.

Hal terpenting dalam melakukan investasi adalah memastikan jaminan keamanan dari instrumen yang Anda pakai karena tiap-tiap investasi pasti memiliki risikonya masing-masing. Anda sebagai investor dituntut untuk selektif memilih investasi yang aman untuk pemula dan keluarga muda. Jangan lupa untuk terus menggali, manakah yang sesuai dengan kondisi finansial Anda. Jangan sampai, Anda melakukan investasi hanya karena ego dan terlena dengan keuntungan yang ditawarkan.


Lalu, seperti apa kriteria investasi aman untuk pemula dan keluarga?Jangan lupa untuk simak artikel berikut ini!


DepositoBPR: Investasi Aman bagi Pemula


Deposito merupakan salah satu jenis investasi pemula dan keluarga muda karena memiliki risiko rendah, bukan hanya deposito di bank umum, namun juga pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR).Instrumen ini mirip dengan tabungan, namun yang membedakan adalah pada deposito terdapat jangka waktu penempatan (tenor) yang menentukan besaran imbal hasil.


DepositoBPR sendiri memberikan imbal hasil (suku bunga) hingga 6% p.a. dengan tenor mulai dari 3, 6, 9, dan 12 bulan. Perlu Anda ketahui juga bahwa dana deposito yang ditempatkan di rekening BPR tujuan, seluruhnya aman karena dijamin oleh LPS hingga Rp 2 milyar.Apa itu LPS? Lembaga Penjamin Simpanan(LPS) adalah lembaga independen yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan (UU LPS) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2009. Informasi lebih jauh mengenai Lembaga Penjamin Simpanan telah kami rangkum dalam artikel Tugas LPS Dan Fungsinya Sebagai Lembaga Penjamin Simpanan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut daftar BPR yang ada pada DepositoBPR by Komunal, Anda dapat membuka laman Peluang Deposito.


Manfaat Deposito Berjangka


Setelah berkenalan dengan Deposito BPR, sekarang kita beranjak ke manfaat deposito berjangka. Deposito berjangka sendiri memang selalu direkomendasikan sebagai produk investasi buat pemula dan keluarga muda karena memiliki banyak keuntungan yang langsung bisa Anda rasakan dalam jangka pendek, menengah, bahkan jangka panjang di kemudian hari. Lalu, apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan dalam ketiga jangka tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.



1. Jangka Pendek



Seperti namanya, investasi ini berlangsung pada jangka yang tidak panjang. Contohnya, Anda memiliki rencana untuk membeli gadget terbaru dalam waktu 6 bulan kemudian atau ingin mengajak keluarga dan si kecil liburan ke luar kota di akhir tahun, maka Anda dapat memilih deposito jangka pendek.


Dengan ini, Anda dapat menikmati imbal hasil deposito tanpa harus menunggu jatuh tempo pencairan yang lama.



2. Jangka Menengah



Sedangkan untuk tabungan deposito juga cocok buat Anda yang berniat untuk menyimpan uang dalam kurun waktu yang lebih lama. Contoh, jika Anda memiliki rencana untuk menikah 3 tahun lagi, membeli kendaraan bermotor, atau bulan madu bersama kekasih.


Maka Anda bisa melakukan penempatan deposito secara bertahap setiap tahunnya. Dengan cara ini Anda dapat menumbuhkan kebiasaan menabung tapi tetap mendapatkan manfaat yang maksimal.



3. Jangka Panjang



Sekarang kita berpindah ke deposito jangka panjang. Untuk deposito jenis ini, diperuntukkan bagi Anda yang telah merencanakan keuangan yang jauh ke depan.Investasi deposito bisa Anda rasakan manfaatnya dalam jangka panjang, yaitu dengan melakukan ARO (Automatic Roll Over) hingga jangka waktu yang Anda inginkan, 3, 5, atau bahkan 10 tahun.

ARO Deposito adalah deposito yang dapat diperpanjang secara otomatis sehingga pokok deposito akan diperpanjang sesuai dengan tenor yang berlaku di pengajuan sebelumnya. Sedangkan, non-ARO Deposito adalah deposito yang tidak akan diperpanjang ketika tanggal jatuh tempo. Penjelasan lebih dalamnya, bisa Anda baca pada artikel kami berjudul: Fitur ARO (Automatic Roll Over) Bikin Investasi Deposito Jadi Makin Untung.


Mengapa DepositoBPR by Komunal Cocok untuk Pemula?


DepositoBPR by Komunal merupakan platform fintech aggregator pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menghubungkan antara Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dengan calon deposan. DepositoBPR by Komunal menawarkan sejumlah keunggulan yang pastinya coock untuk Anda para investor pemula, seperti:



1. Memberikan imbal hasil lebih tinggi


Tidak seperti bank konvensional, DepositoBPR by Komunal memberikan suku bunga yang lebih tinggi, yaitu hingga 6% p.a. (sesuai dengan ketetapan LPS).



2. Aman dan rendah resiko


Keunggulan yang kedua adalah DepositoBPR by Komunal telah dijamin keamanannya oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) dan pastinya sudah tercatat dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).



3. Dapat diakses kapanpun dan dimanapun


Bukan hanya tersedia dalam bentuk website, DepositoBPR by Komunal kini telah meluncurkan aplikasi yang tentunya dapat di-download melalui App-Store maupun Play-Store, sehingga Anda bisa mengaksesnya secara mudah, dimanapun, dan kapanpun.



4. Meluncurkan fitur e-Deposito pertama di Indonesia


Hal yang menarik dari DepositoBPR by Komunal adalah fitur e-Deposito yang memungkinkan penempatan menjadi lebih praktis dan aman melalui smartphone. e-Deposito merupakan produk Deposito berjangka yang dapat dibuka melalui DepositoBPR by Komunal. Dengan ini, Anda akan menerima advis elektronik yang merupakan surat pemberitahuan elektronik terkait penempatan deposito di BPR. Metode penyerahan advis e-deposito dari mitra BPR kepada Deposan adalah sebagai berikut:


  • Advis E-Deposito akan diterbitkan oleh Mitra BPR/BPRS dan ditampilkan melalui platform DepositoBPR by Komunal

  • Deposan akan menerima Email pemberitahuan setelah Advis E-deposito telah terbit

Informasi lebih lanjut mengenai e-Deposito dan advis elektronik dapat Anda baca lebih lanjut pada laman berikut: FAQ DepositoBPR by Komunal.


5. Menawarkan banyak promo menarik setiap bulannya


Buat Anda yang hobi cari promo menarik, investasi di DepositoBPR by Komunal adalah solusinya. Mulai dari promo ulang tahun, ajak teman, voucher belanja, bahkan cashback hingga jutaan rupiah.


Selengkapnya, Anda bisa langsung check di laman (Promo) untuk mengetahui update promo setiap bulannya.



Nah, setelah membaca penjelasan di atas, Anda diharapkan bisa lebih dewasa dan selektif dalam memilih instrumen investasi buat pemula dan keluarga muda. Mencari investasi aman buat pemula dan keluarga muda sangatlah penting, apalagi jika Anda memiliki banyak impian yang ingin dicapai.



Hal ini bisa dilakukan mulai dari kebiasaan kecil, seperti menabung dan seiring berjalannya waktu dapat mencoba berinvestasi ke sejumlah instrumen yang terbukti aman, salah satunya DepositoBPR by Komunal.


share

Bagikan