FOMO dalam Finansial: Pengertian Serta Dampaknya

blog

FOMO dalam Finansial: Pengertian Serta Dampaknya

DepositoBPR by Komunal

09 Januari 2024

FOMO adalah suatu keadaan yang membuat seseorang tidak ingin ketinggalan tren atau tertinggal dengan yang lain. Namun, tahukah kamu kalau FOMO bisa terjadi di aspek kehidupan mana saja, termasuk aspek finansial?



Karena FOMO membuat seseorang ingin terus mengikuti apa yang terjadi di sekitarnya, hal tersebut bisa membuat kamu tidak bijak dalam membuat keputusan, apalagi yang menyangkut finansial.



Salah satu contoh FOMO pada finansial adalah ketika investasi mulai marak di kalangan milenial. Padahal, salah langkah saat investasi karena FOMO bisa membuat kamu rugi, lho!



Lalu, bagaimana cara agar finansialmu tidak hancur karena FOMO? Yuk, simak pembahasan berikut.



Apa itu FOMO?


FOMO atau fear of missing out adalah kondisi di mana seseorang merasa takut tertinggal hal yang sedang berlangsung di sekitarnya. FOMO dapat membuat orang-orang takut dilihat sebagai orang yang ketinggalan zaman karena tidak mengikuti tren yang ada.



Kata FOMO mulai muncul di tahun 2013 dan dipopulerkan oleh dr. Andrew K. Przybylski. Orang-orang yang aktif di sosial media kerap merasa FOMO karena komunikasi masif yang terjadi di media tersebut. Kamu bisa melihat segala informasi dan tren baru yang bisa memicumu untuk FOMO.



Orang yang FOMO akan merasa gelisah jika melihat seseorang melakukan suatu hal yang tidak ia lakukan. Tidak hanya itu, orang yang FOMO juga merasa mereka harus ada di setiap momen agar bisa update di sosial media.



FOMO juga sering dikaitkan dengan adu eksistensi. Orang yang FOMO akan mengunggah momen yang mereka lalui di sosial media agar mendapat pengakuan dari orang lain.



Dampak FOMO bagi Finansial


Apakah FOMO bisa berdampak pada kesehatan finansial kamu? Jawabanya, iya. FOMO adalah fenomena yang bisa membuat kamu khawatir jika ketinggalan gaya.



Karena takut ketinggalan tren-tren yang sedang marak, kamu akan melakukan apapun demi mengikuti tren tersebut, salah satunya dengan menggelontorkan uang. Lalu, apa dampak FOMO bagi finansial? Berikut ulasannya.



1. Hidup Konsumtif


Salah satu dampak FOMO adalah kamu semakin konsumtif karena terus membeli barang-barang yang dimiliki orang lain. Kamu akan cemas jika orang lain memiliki suatu barang yang sedang populer dan langsung membelinya.


Jika ditanya alasannya, kamu akan berdalih membeli barang tersebut agar tidak ketinggalan zaman. Padahal, kamu belum tentu membutuhkan barang tersebut.



2. Terjebak Utang


Dampak FOMO yang selanjutnya adalah kamu bisa terjebak utang. Sebagai rentetan dari perilaku konsumtif akibat FOMO, kamu akan mudah berutang karena terus menuntut diri untuk membeli barang yang sedang tren.



Namun, jika kamu terus mengesampingkan risiko berutang dengan alasan agar bisa membeli barang impian dan tidak ketinggalan zaman, tentu saja hal itu akan berdampak pada kesehatan finansialmu.





3. Hidup Boros


FOMO adalah keadaan yang bisa membuat kamu hidup boros karena kamu terus menerus gengsi jika tidak mengikuti tren yang ada. Kamu akan terus mengeluarkan uang demi melakukan suatu tren atau membeli barang yang sedang dipakai banyak orang.



4. Salah Memilih Produk Investasi


Seperti yang sudah disinggung di atas, FOMO adalah kondisi yang bisa membuat kamu salah memilih produk investasi. Karena kamu takut ketinggalan teman-temanmu yang juga berinvestasi, kamu jadi asal-asalan memilih produk investasi tanpa mengetahui tujuan dan kemampuan kamu dalam berinvestasi.



5. Kesulitan untuk Menabung


Salah satu dampak FOMO adalah kamu jadi kesulitan menabung karena terus mengeluarkan uang demi gengsi sesaat. Kemudian, kamu akan semakin sulit menabung apabila dihadapkan oleh tren-tren mahal, seperti membeli barang bermerek.


Jika kamu masih memiliki kecenderungan untuk fear of missing out, kamu akan kesulitan mencapai rencana menabung yang telah kamu buat.



Itulah definisi dan dampak FOMO bagi kesehatan finansialmu. FOMO adalah keadaan yang bisa kamu kendalikan dari diri sendiri sehingga sebisa mungkin, hindari FOMO pada hal-hal yang merugikan keuanganmu.



Nah, daripada FOMO yang menghabiskan uang, kamu bisa ikuti tren yang bisa menghasilkan uang, lho! Bagaimana caranya?


Caranya adalah kamu bisa mendepositokan uangmu ke DepositoBPR by Komunal. DepositoBPR by Komunal merupakan aplikasi marketplace pertama khusus produk deposito BPR di Indonesia yang menawarkan produk deposito BPR secara konvensional dan syariah.


DepositoBPR by Komunal jelas #LebihUntung karena menawarkan bunga deposito yang tinggi hingga 6.75% p.a. Bunga tersebut tentu saja lebih tinggi dari deposito di bank umum.


Tidak hanya itu, kamu bisa mendapatkan penjaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sampai Rp2 miliar per bank dengan mendepositokan dana melalui BPR yang terdaftar DepositoBPR by Komunal.


Tenang saja, DepositoBPR by Komunal sendiri sudah tercatat dan diawasi oleh OJK sehingga #LebihAman.



DepositoBPR by Komunal juga #LebihPraktis karena kamu bisa buka deposito mulai Rp1.000.000,- atau pilih tenor deposito mulai 1 bulan di ratusan Bank BPR seluruh Indonesia.



Oke banget, kan? Kapan lagi kamu bisa merasakan #SimpananRasaInvestasi dengan jaminan keamanan dan return bunga yang tinggi. Jadi, tunggu apalagi? Gunakan DepositoBPR by Komunal agar finansialmu #MakinMaksimal.



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer