Cara Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun, Ini Strateginya!

blog

Cara Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun, Ini Strateginya!

DepositoBPR by Komunal

27 April 2023

Cara menabung 20 juta dalam 1 tahun kerap menjadi perhatian bagi generasi milenial di masa sekarang.


Pasalnya, generasi milenial sering kali mudah tergiur dengan tren terkini sehingga tidak mempunyai dana darurat sama sekali, seperti membeli smartphone terbaru atau liburan ke tempat wisata populer, yang membuat mereka kesulitan untuk menabung sejak usia muda.

Bila kamu salah satunya, sekarang tak perlu khawatir lagi. Sebab, ada beberapa cara menabung 20 juta dalam setahun yang mudah untuk dilakukan. Penasaran? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!


Cara Menabung 20 Juta dalam 1 Tahun untuk Generasi Milenial


Jika baru mulai menabung, kamu bisa mengawalinya dengan nominal yang kecil terlebih dahulu, seperti menyimpan uang sebanyak 20 juta dalam 1 tahun. Namun, bagaimana caranya?


Supaya tidak bingung, kamu dapat mengikuti sejumlah tips menabung 20 juta dalam setahun yang akan dibahas berikut ini.


1. Menentukan Tujuan Menabung yang Realistis


Langkah awal dari cara menabung 20 juta dalam 1 tahun adalah dengan menentukan tujuan menabung yang realistis.

Misalnya, kamu ingin menabung untuk belajar mengelola keuangan dengan baik atau supaya bisa mencapai kebebasan finansial sedini mungkin.

Dengan begitu, kamu akan lebih termotivasi untuk menyisihkan uang secara konsisten hingga mencapai target tabungan yang telah ditentukan.


2. Membuat Rekening Tabungan yang Terpisah


Salah satu hal yang sering kali membuat generasi milenial kesulitan menabung 20 juta setahun adalah mudah tergiur menggunakan uangnya untuk membeli keperluan lain.


Jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus, uang tabunganmu akan gagal mencapai target sesuai dengan yang diharapkan.


Sebagai upaya mengantisipasi godaan menggunakan uang tabungan ini, ada baiknya untuk membuat rekening tabungan yang terpisah dengan keperluan harian.


Tak hanya terhindar dari godaan, memisahkan rekening tabungan dengan keperluan harian juga akan membantumu untuk memantau kemajuan target uang yang telah dikumpulkan.



3. Mulai Menabung dari Nominal yang Kecil


Cara menabung 20 juta setahun yang tak kalah penting adalah dengan memulainya dari nominal kecil. Hal ini bertujuan untuk membangun motivasi dan kebiasaan menabung secara perlahan.


Idealnya, kamu perlu mengalokasikan pendapatanmu menggunakan skema 50-30-20, yaitu 50% untuk keperluan harian, 30% untuk memenuhi keinginan pribadi, dan 20% untuk tabungan.


Namun, bagi yang baru mulai menabung, tak ada salahnya untuk mengalokasikan dana tabungan sebesar 10%.


Jika sudah terbiasa, kamu bisa menaikkan persentase tabungan secara perlahan menjadi 10% hingga 20%.


4. Mengurangi Belanja Barang Konsumtif


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tergiur dengan barang-barang konsumtif sering kali membuat generasi milenial kesulitan menabung sejak usia muda.


Karena itu, agar tabunganmu bisa mencapai target, belajarlah untuk mengurangi kebiasaan belanja barang-barang konsumtif tersebut.


Kamu perlu menanamkan pikiran bahwa setiap keinginan tidak perlu selalu diwujudkan pada saat itu juga.


5. Memanfaatkan Promo dan Diskon saat Berbelanja


Selain mengurangi belanja barang konsumtif, kamu juga perlu memanfaatkan promo dan diskon untuk menghemat pengeluaran sebagai cara menabung 20 juta dalam 1 tahun.


Perlu diingat, kamu perlu menggunakan promo dan diskon ini secara bijak. Pastikan barang yang dibeli saat promo ini memang suatu hal yang sedang kamu perlukan.



6. Mengalokasikan Sebagian Dana untuk Investasi


Mengalokasikan sebagian pendapatan untuk investasi juga menjadi cara menabung 20 juta dalam 1 tahun yang perlu kamu terapkan.


Lantaran, investasi menjadi salah satu cara untuk mendapatkan passive income yang praktis, terutama bagi generasi milenial.


Namun, sebelum melakukannya, penting bagi kamu untuk mengetahui profil risiko investasi terlebih dahulu.


Jika kamu memiliki profil risiko investasi konservatif, ada baiknya untuk memilih instrumen investasi dengan tingkat risiko rendah, seperti deposito.

Nah, untuk itu, kamu bisa menggunakan produk deposito dari DepositoBPR by Komunal!


Sebab, DepositoBPR by Komunal menawarkan tingkat bunga hingga 6,75% p.a yang mana lebih tinggi bila dibandingkan dengan deposito biasa.


Bahkan, menginvestasikan dana di DepositoBPR by Komunal juga terbilang praktis karena kamu hanya perlu registrasi akun melalui aplikasi di smartphone tanpa perlu repot-repot datang ke bank secara langsung.


7. Mencari Penghasilan Tambahan


Selain mengelola pendapatan tetap, cara menabung 20 juta dalam 1 tahun juga bisa dilakukan dengan mencari penghasilan tambahan.

Misalnya, kamu dapat melakukan side job dengan menjadi freelancer atau berjualan di online shop.


Dari penghasilan tambahan ini, kamu dapat menambah budget untuk tabungan agar bisa mencapai target sesuai dengan yang diharapkan.


Baca juga: 5 Tips Menabung Untuk Pasangan Muda yang Paling Efektif

8. Menerapkan Strategi Saving Challenge


Jika kamu sering menggunakan media sosial, tentu sudah tidak asing lagi dengan saving challenge sebagai cara menabung 20 juta dalam 1 tahun.


Yup, saving challenge merupakan tantangan menabung dengan nominal tertentu secara konsisten selama beberapa waktu.


Biasanya, tantangan ini akan disebar pada media sosial dalam bentuk tabel dengan 52 kolom yang berarti jumlah minggu dalam satu tahun.


Kolom tersebut berisi nominal uang yang perlu kamu sisihkan untuk tabungan dalam satu minggu.


Jika konsisten menyisihkan uang sesuai dengan jumlah yang ditentukan pada setiap kolom, maka kamu berhasil menyelesaikan tantangan dan uang tabunganmu akan terkumpul sesuai target, yaitu Rp20 juta dalam setahun.


Itu dia sederet cara menabung 20 juta dalam 1 tahun yang bisa kamu coba lakukan. Semoga dengan menerapkan cara di atas, tabunganmu dapat mencapai nominal sesuai dengan yang diharapkan, ya!


Selain itu, kamu juga dapat menambah nilai tabungan dengan menyimpan danamu di deposito dari DepositoBPR by Komunal.


Pasalnya, DepositoBPR by Komunal menyediakan deposito yang dapat membuatmu #LebihUntung karena menawarkan imbal hasil tinggi hingga 6.75% p.a.


Tak perlu khawatir, menyimpan dana di DepositoBPR by Komunal juga #LebihAman karena seluruh penempatan deposito sudah dijamin oleh LPS. selain itu, aplikasi DepositoBPR by Komunal juga telah tercatat dan diawasi oleh OJK!


Yuk, nikmati #SimpananRasaInvestasi dengan menyimpan danamu di DepositoBPR by Komunal!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer