7 Cara Menabung untuk Beli Rumah bagi Kaum Milenial

blog

7 Cara Menabung untuk Beli Rumah bagi Kaum Milenial

DepositoBPR by Komunal

12 Januari 2024

Menabung menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan kebutuhan di masa depan, tidak terkecuali dengan membeli rumah. Lantas, bagaimana cara menabung untuk beli rumah?


Untuk awalan, cara menabung untuk beli rumah adalah dengan menentukan target dan tujuan menabung beserta timeline-nya terlebih dahulu. Dengan membuat target, kamu jadi akan lebih konsisten menyisihkan uang untuk tabungan rumah dalam jangka waktu panjang.

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara menabung untuk beli rumah bagi kaum milenial? Yuk, ulasan selengkapnya di sini!


Cara Menabung untuk Beli Rumah


Harga hunian yang kian melonjak dari tahun ke tahun mungkin membuat kaum milenial resah dan bertanya-tanya, apakah bisa kita memiliki rumah impian sendiri? Cara efektif yang dapat kamu lakukan, yaitu dengan menabung.


Saat sedang menabung untuk beli rumah, tak jarang dari kaum milenial yang merasa kesulitan karena perlu mengatur keuangannya sebaik mungkin.


Nah, agar tabungan yang dipersiapkan untuk beli rumah bisa mencapai target dan sesuai harapan, kamu dapat menerapkan beberapa cara menabung berikut ini.


1. Tentukan Target Menabung


Cara menabung untuk beli rumah yang pertama adalah menentukan target dan timeline-nya terlebih dahulu.


Tentukanlah nominal tabungan yang dibutuhkan untuk membeli rumah impianmu. Setelah itu, kamu dapat memilih apakah ingin menabung secara harian, mingguan, atau bulanan.


Jangan lupa, supaya bisa mencapai target sesuai dengan yang direncanakan, terus sisihkan uangmu untuk tabungan secara konsisten, ya!



2. Lunasi Utang


Supaya cara menabung untuk beli rumah dapat berjalan lancar, kamu juga perlu melunasi sebagian besar utang yang dimiliki.


Dengan melunasi sebagian utang-utangmu, kamu jadi tidak memiliki tanggungan besar dan bisa lebih fokus menyisihkan uang untuk tabungan rumah.


3. Pisahkan Rekening Tabungan dan Keperluan Harian


Satu hal yang sering menjadi tantangan bagi kaum milenial saat menabung adalah mudah tergiur menggunakan tabungannya untuk keperluan lain.


Karena itu, untuk mengantisipasi hal ini, ada baiknya kamu memisahkan tabungan dan pengeluaran sehari-hari pada dua rekening yang berbeda.


Agar tabungan rumahmu tidak terganggu, kamu bisa menyimpan dananya di DepositoBPR by Komunal!


Jika menabung di DepositoBPR by Komunal, danamu akan dicairkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dengan begitu, rencana tabunganmu akan tetap sesuai target dan rencana.


Bahkan, DepositoBPR by Komunal juga akan memberikanmu #SimpananRasaInvestasi karena memiliki suku bunga hingga 6,75%.


4. Langsung Menabung setelah Gajian


Cara menabung untuk beli rumah berikutnya adalah langsung sisihkan uangmu tepat setelah gajian.


Lantaran, jika menabung dengan mengandalkan gaji yang tersisa, uang yang masuk ke dalam tabungan jadi cenderung dinamis dan tidak terencana.


Hal tersebut tentu akan membuat tabunganmu jadi tidak sesuai dengan target dan harapan.


Nah, tipsnya adalah kamu bisa menyisihkan dana untuk tabungan ini sebesar 20% dari gaji.



5. Kelola Pengeluaran Sebaik Mungkin


Di samping menyisihkan uang tepat setelah gajian, cara menabung untuk beli rumah yang tak kalah penting adalah mengelola keuangan sebaik mungkin.

Ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan uang peganganmu terlanjur habis sebelum semua kebutuhan telah dipenuhi.


Soalnya, kalau kebutuhanmu belum terpenuhi dan peganganmu sudah habis, mau tidak mau kamu akan menggunakan dana yang awalnya disisihkan untuk tabungan.


6. Jalani Frugal Living


Pernahkah kamu mendengar apa itu frugal living sebelumnya? Yup, frugal living merupakan konsep gaya hidup hemat yang membuat seseorang lebih mementingkan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Gaya hidup ini tentu menjadi salah satu cara menabung untuk beli rumah karena akan membantumu dalam menentukan budget tabungan yang lebih besar.


7. Cari Penghasilan Tambahan


Tak hanya fokus pada pengeluaran, kamu juga perlu memperhatikan pemasukan sebagai cara menabung untuk beli rumah.


Dengan memiliki sumber penghasilan yang lebih banyak, kamu jadi lebih mudah menentukan budget tabungan maupun keperluan sehari-hari.


Karena itu, tak ada salahnya untuk mencari side job atau freelance di samping pekerjaan tetapmu. Misalnya, kamu bisa membuka jasa desain gambar ataupun berjualan di online shop.



Baca juga: 5 Tips Menabung Untuk Pasangan Muda yang Paling Efektif

Itu dia sederet cara menabung untuk beli rumah yang dapat kamu coba lakukan. Dengan menerapkan cara di atas, membeli rumah sedari muda tentu bukan jadi impian semata, bukan?


Nah, bagi kamu yang ingin mulai menabung untuk beli rumah secara efektif, maka gunakan saja DepositoBPR by Komunal!


Soalnya, DepositoBPR by Komunal menyediakan produk simpanan deposito dengan bunga hingga mencapai 6,75% p.a yang bisa membuatmu menjadi #LebihUntung.


Tak perlu khawatir, bunga tinggi yang ditawarkan oleh DepositoBPR by Komunal ini tetap #LebihAman karena telah sesuai dengan syarat dari Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS).


Apalagi yang kamu ragukan? Yuk, rencanakan masa depanmu dengan memanfaatkan #SimpananRasaInvestasi dari DepositoBPR by Komunal!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer