12 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Minim Modal!

blog

12 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Minim Modal!

DepositoBPR by Komunal

28 April 2023

Saat ini, ada begitu banyak peluang usaha sampingan ibu rumah tangga yang tinggi dan mampu menghasilkan keuntungan.


Bukan tidak mungkin, memulai bisnis dari rumah nyatanya bisa dilakukan siapa saja bahkan dengan modal minim.


Tanpa harus meninggalkan urusan di rumah, kamu pun bisa sembari menghasilkan cuan untuk membantu financial planning keluarga.

Jika kamu tertarik mencobanya, yuk intip berbagai ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang menguntungkan berikut ini!


12 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga


Menjalani keseharian sebagai ibu rumah tangga memang bukan hal yang mudah, terkadang kamu tidak bisa meninggalkan pekerjaan dalam mengurus anak dan suami.


Namun, apabila kamu tetap ingin menghasilkan cuan tanpa harus pergi ke luar atau kantor, ada beberapa ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang bisa dicoba, antara lain yaitu:


1. Gabung Menjadi Dropshipper


Ide usaha untuk ibu rumah tangga yang pertama adalah dengan bergabung menjadi dropshipper.


Dropshipper merupakan salah satu jenis usaha dengan cara menyalurkan barang melalui distributor kepada konsumen yang kamu miliki.


Well, dapat dilihat bahwa kini bisnis secara online sedang marak dilakukan oleh berbagai jenis kalangan, karena relatif mudah dan bisa dikerjakan di manapun.


Tak hanya itu, menjadi dropshipper juga dapat menjadi peluang usaha sampingan ibu rumah tangga yang tinggi, sebab pembelian barang secara online semakin banyak digemari.


Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencari trend barang yang banyak diminati, kemudian tak usah khawatir untuk mempersiapkan stock atau pengiriman barang, karena akan langsung dilakukan oleh supplier.


2. Membuat Usaha Catering


Kamu hobi memasak, dan sering kali banyak yang suka memuji masakanmu? Nah, ide usaha sampingan ibu rumah tangga satu ini mungkin cocok untuk dilakukan.


Yup, jika kamu memikir ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini memerlukan modal tinggi, eits nyatanya, tidak selalu begitu, lho.


Umumnya, untuk membuka jasa catering rumahan, kamu hanya perlu mengeluarkan modal untuk mempersiapkan bahan-bahan makanan dengan menggunakan dapur pribadi, tanpa perlu menyewa tempat seperti restoran.


Kemudian, untuk memasarkannya, kamu bisa menawarkan menu andalan melalui orang-orang terdekat atau ke media sosial.


Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan bakat masakmu dalam acara pernikahan atau perayaan di sekitar rumah sebagai ajang promosi di awal.


3. Bisnis Kue Kekinian


Selain dropshipper, tempat jualan kue dengan karakter lucu kini semakin banyak dicari oleh anak-anak muda, untuk merayakan hari jadi atau kelulusannya.


Apalagi, yang sebelumnya sempat viral seperti bento dan ugly cake, yaitu kue ukuran kecil dengan berbagai karakter dan tulisan lucu, hingga saat ini pun masih banyak digemari.


Dalam membuat usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini, kamu juga tidak perlu menyewa tempat jualan. Cukup menyediakan kulkas untuk menyimpan kue di rumah, lalu promosikan melalui Instagram atau media sosial lainnya.



4. Menjadi Freelancer di Rumah


Apabila kamu tidak bisa memasak namun tetap ingin mencari usaha sampingan ibu rumah tangga, tak perlu khawatir.


Sekarang, berbagai sumber cuan bisa didapatkan hanya bermodal internet, salah satunya adalah menjadi freelancer di rumah.


Yap, kamu bisa menjadi freelancer untuk menulis, design, ataupun sebagai editor naskah, sesuai dengan skill dimiliki.


Seiring berkembangnya teknologi, saat ini tenaga penulis, designflyer atau banner, serta editor akan semakin dibutuhkan dan tidak mudah hilang dari pergantian zaman.


Selain itu, peluang usaha sampingan ibu rumah tangga sebagai freelancer juga cukup tinggi, karena seluruh informasinya dapat dicari melalui internet.


5. Membuka Kursus Menjahit


Selain memasak, apabila kamu memiliki kemampuan menjahit, cobalah untuk memanfaatkannya sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga dengan membuka kursus.


Saat ini, banyak orang yang ingin mencari kegiatan lain untuk mengisi waktu luang, salah satunya adalah dengan mengikuti kursus.


Untuk memulainya, kamu tak harus membuka kursus secara langsung dengan menyewa tempat mengajar, karena sekarang semuanya bisa dilakukan melalui virtual.


6. Membuat Produk Hampers


Kemudian, ide usaha sampingan ibu rumah tangga lainnya yaitu dengan membuat produk hampers.


Salah satu ide bisnis ini juga merupakan peluang usaha sampingan ibu rumah tangga yang tinggi, terutama pada momen perayaan seperti pernikahan, lamaran, atau hari raya keagamaan.


7. Reseller Frozen Food


Berikutnya, ide usaha sampingan ibu rumah tangga dengan membuka frozen food juga semakin banyak dilakukan hingga menjadi salah satu fenomena bisnis yang mudah dan memiliki peluang tinggi.


Bagaimana tidak? Sering kali ada saatnya ketika seseorang sedang malas untuk memasak, mereka akan mencari makanan yang simple tanpa harus diolah kembali.


Dengan demikian, kamu dapat menjual frozen food di rumah seperti nugget, sosis, risoles, ayam potong, hingga dessert yang sudah jadi dan tinggal digoreng.


Selain itu, bisnis makanan beku juga mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menyediakan kulkas untuk menyimpan makanan agar suhunya tetap terjaga dan segar.



8. Usaha Salon atau Jasa Rias dari Rumah


Selanjutnya, jika kamu memiliki kemampuan yang baik untuk merias rambut atau wajah, salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini cocok dijadikan sebagai ide.


Untuk target pelanggannya, kamu bisa mencari anak-anak muda atau ibu rumah tangga yang membutuhkan jasa rias wajah serta hair stylist pada acara wisuda, lamaran, hingga perayaan lainnya.


9. Jualan Online


Jika kamu tertarik membuka bisnis sendiri tanpa melalui dropshipper, usaha sampingan ibu rumah tangga dengan berjualan secara online boleh untuk dicoba.


Untuk barang yang ingin dijual, kamu bisa mencari suatu trend yang sedang populer di internet, seperti hijab, baju kekinian, atau barang unik dan menarik lainnya.


Apabila masih ingin mencoba sedari awal, kamu dapat mencari barang jadi melalui pasar atau toko-toko ritel yang banyak tersedia.


10. Membuat Kerajinan Tangan


Membuka bisnis dalam jasa untuk membuat kerajinan tangan juga bisa menjadi salah satu ide usaha untuk ibu rumah tangga.


Selain fleksibel karena bisa dilakukan di rumah, kamu juga dapat mengasah kemampuan dan kreativitas dalam membuatnya, dengan memanfaatkan barang-barang yang ada.


11. Menjadi Pengajar Les


Selain menjanjikan peluang yang tinggi, ide usaha sampingan ibu rumah tangga sebagai pengajar juga bermanfaat untuk menyalurkan ilmu yang kamu miliki.


Yup, dengan menjadi pengajar les, kamu bisa membantu anak-anak untuk memahami pelajaran dari sekolah agar mendapatkan nilai yang memuaskan.


Selain itu, kegiatan bisnis ini juga dapat dilakukan dari rumah dengan mengundang anak-anak belajar secara pribadi.


12. Membuka Toko Kelontong


Terakhir, usaha sampingan ibu rumah tangga ini sudah ada sejak lama dan banyak yang sudah menjalaninya selama bertahun-tahun.


Memang, bisnis untuk ibu rumah tangga dengan membuka toko kelontong terbukti dapat memberikan penghasilan yang menjanjikan setiap bulannya. Selain itu, kamu juga bisa melakukannya sambil mengurus pekerjaan lainnya.



Itulah beberapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa kamu coba di rumah.


Ketika seseorang baru memulai usaha, pastinya akan mendapatkan keuntungan. Nah, keuntungan tersebut bisa kamu sisihkan sebagian untuk diinvestasikan kembali agar dapat bertumbuh, salah satunya melalui deposito BPR.


Sebagai alternatifnya, kamu bisa menyimpan dana dengan investasi melalui DepositoBPR by Komunal, yang memiliki tingkat risiko rendah.

Selain #LebihUntung, karena tingkat suku bunga yang tinggi mencapai 6,75%, dana yang kamu simpan juga sudah pasti #LebihAman karena DepositoBPR telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa hubungi layanan pelanggan melalui website resmi DepositoBPR atau email ke [email protected].


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer