blog
Financial Independence: Bagaimana Cara Mencapainya?
DepositoBPR by Komunal
18 Januari 2023
Financial Independence: Bagaimana Cara Mencapainya?

Kondisi finansial yang tak menentu membuat banyak orang memikirkan kembali rencana jangka panjang mereka. Alih-alih pensiun pada usia 65 tahun, mereka ingin mencapai kemandirian finansial di usia 40-an atau bahkan 30-an. Financial Independence mungkin terdengar seperti hal yang mustahil untuk dilakukan, tetapi nyatanya sudah banyak orang yang telah membuktikannya.



Financial independence berarti memiliki pendapatan pasif yang cukup untuk membayar biaya hidup Anda sehingga Anda tidak perlu bekerja mencari nafkah. Istilah ini dipopulerkan pertama kali oleh Robert T. Kiyosaki, seorang pakar keuangan dari Amerika Serikat yang menggambarkan suatu kondisi dimana seseorang tidak lagi mengkhawatirkan kondisi keuangannya dan terbebas dari jeratan hutang atau cicilan.



Cara Meningkatkan Kecerdasan Finansial


Uang mempengaruhi hidup Anda setiap hari. Anda akan berhubungan dengannya setiap kali Anda pergi berbelanja, mengunjungi bank, atau membayar tagihan. Seringkali, Anda berurusan dengan uang dengan cara yang bahkan tidak Anda sadari, seperti gaji yang langsung disetorkan ke bank atau kontribusi dana pensiun yang diambil secara otomatis dari gaji Anda.



Kecerdasan finansial Anda mempengaruhi setiap keputusan yang Anda buat tentang uang: bagaimana Anda memperolehnya, membelanjakannya, menyimpannya, dan menginvestasikannya. Ini membantu Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari, memilih kartu kredit yang tepat, menabung untuk kuliah, memilih investasi, dan merencanakan pensiun sehingga Anda dapat mencapai financial independence.



Peluang Anda untuk memenuhi hampir semua tujuan keuangan, mulai dari keluar dari hutang hingga membeli rumah, bergantung pada seberapa baik kecerdasan finansial Anda. Tingkatkan kecerdasan finansial Anda dengan kiat dan sumber daya berikut:



Mulailah dengan dasar-dasarnya


Baca tentang membuat rencana pengeluaran, pengelolaan utang dan kredit, hipotek, perencanaan pensiun, mendapatkan pinjaman. Cari informasi secara online, pergi ke toko buku atau kunjungi perpustakaan setempat untuk menemukan buku yang ditulis oleh spesialis keuangan. Anda juga dapat berlangganan majalah pengelolaan uang agar pengetahuan Anda tetap segar dan relevan, plus mendapatkan tips dari profesional keuangan.



Tanya seorang ahli


Bankir, perencana keuangan, dan pendidik dapat membantu Anda menjadi ahli keuangan Anda sendiri, jadi bertanyalah! Apakah Anda sedang mencari produk dan layanan keuangan baru, mencari jawaban atas pertanyaan, atau Anda hanya ingin pendapat kedua, mencari seorang ahli dapat meningkatkan pengetahuan dan kepercayaan diri Anda terhadap keuangan.



Uji pengetahuan Anda


Lihatlah rencana keuangan Anda saat ini dan lihat di mana Anda dapat mempraktikkan apa yang telah Anda pelajari. Terus sesuaikan rencana Anda saat Anda mendapatkan lebih banyak pengetahuan, dan ingat – setiap rencana keuangan berbeda. Pasangkan kecerdasan baru Anda dengan pengalaman kehidupan nyata Anda untuk menemukan rencana yang sesuai untuk Anda.



Saat ini, literasi keuangan dan kecerdasan finansial menjadi lebih penting dari sebelumnya, bukan karena uang lebih penting daripada dulu, tetapi karena menghadapinya menjadi lebih rumit. Beberapa tren di dunia modern membuatnya semakin penting untuk memahami uang Anda dan cara kerjanya.



Meningkatkan kecerdasan finansial Anda tidak hanya membantu Anda. Ketika Anda belajar lebih banyak tentang uang, Anda dapat menggunakan apa yang Anda pelajari untuk mengajar anak-anak Anda atau anak-anak yang merupakan bagian dari hidup Anda, seperti keponakan, murid, tetangga, dan teman.



Nah itu dia penjelasan seputar financial independence serta cara meningkatkan kecerdasan finansial yang perlu diketahui. Salah satu cara untuk mencapai financial independence adalah dengan melakukan investasi sedini mungkin.



#Lebih Untung, dengan tingkat suku bunga tertinggi hingga 6,25% #Lebih Aman, karena telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) #Lebih Praktis, lebih dari 250 BPR terseleksi di seluruh Indonesia dalam satu aplikasi. kunjungi website kami untuk informasi lebih lengkap!




share

Bagikan