Apa itu Valas (Valuta Asing)? Ini Jenis, Fungsi, & Sistemnya

blog

Apa itu Valas (Valuta Asing)? Ini Jenis, Fungsi, & Sistemnya

DepositoBPR by Komunal

18 Januari 2024

Valuta asing atau biasa disingkat dengan valas adalah mata uang yang diakui dan diterima untuk melakukan pembayaran serta transaksi berskala internasional.


Nah, bagi kamu yang bergelut di bidang ekspor-impor, tentu akan sangat membutuhkan jenis mata uang. Satu hal yang perlu kamu tahu, inflasi juga dapat memengaruhi kurs valuta asing, lho. Sebab, inflasi dapat menurunkan nilai mata uang secara keseluruhan di suatu negara.

Mau tahu lebih lanjut tentang valuta asing, jenis, fungsi, hingga sistemnya dalam transaksi internasional? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini!,


Apa itu Valuta Asing (Valas)?


Valuta asing atau valas adalah adalah mata uang yang digunakan dan diterima sebagai alat pembayaran untuk perdagangan internasional.


Valas yang sering digunakan biasanya merupakan mata uang dari suatu negara yang berperan besar dalam sistem perekonomian di seluruh dunia. Adapun jenis valas yang umum digunakan adalah Dollar AS (USD).


Secara umum, valas adalah bagian dari devisa suatu negara. Sudah tahu apa itu devisa? Yup, devisa adalah kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara berupa barang, jasa, serta mata uang yang valid untuk digunakan untuk transaksi perdagangan internasional di negara lain.


Jenis Valuta Asing


Berdasarkan sifatnya, valuta asing atau valas dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu valas fisik dan valas nonfisik.


  • Valas fisik: Valas yang berbentuk uang logam atau kertas yang diterbitkan oleh bank dari negara terkait.

  • Valas nonfisik: Berbentuk surat-surat berharga, seperti cek dan wesel.

Sementara jika dilihat dari bentuknya, valas dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu mata uang asing, surat wesel luar negeri, saldo kredit, serta hak penerima pembayaran.



Fungsi Valuta Asing


Pada dasarnya, valas adalah mata uang yang memiliki peran cukup signifikan, terutama dalam transaksi perdagangan dunia, adapun beberapa fungsi valas adalah sebagai berikut.


1. Alat Tukar


Fungsi utama dari valuta asing adalah sebagai alat tukar yang sah digunakan dalam transaksi internasional.


Di samping Dollar AS, beberapa mata uang asing yang umum dan populer dalam dunia valas adalah Yen Jepang (JPY), Euro (EUR), Poundsterling Inggris (GPB), dan Dollar Australia (AUD).


2. Menunjang Perdagangan Internasional


Karena digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dan diakui seluruh dunia, valas dapat digunakan untuk menunjang perdagangan internasional secara keseluruhan.


Eits, jangan salah. Penggunaan valas dalam perdagangan internasional nggak hanya terbatas impor-ekspor barang saja.


Kamu pun bisa menggunakan valas untuk keperluan transaksi jasa antarnegara, seperti menggunakan freelance desain grafis dari luar negeri, dan lain sebagainya.


3. Mengendalikan Kurs Mata Uang


Fungsi valas berikutnya adalah berperan penting dalam mengendalikan kurs mata uang. Kurs mata uang biasanya bersifat fluktuatif, sehingga pemerintah biasanya akan menggunakan valas untuk menstabilkan nilai tukar mata uang pada negara tersebut.


Mengenal Sistem Valuta Asing


Hingga saat ini, terdapat tiga sistem valuta asing yang sudah dikenal secara umum dalam dunia bisnis dan perdagangan internasional, yaitu kurs tetap, kurs bebas, serta kurs terkendali. Berikut masing-masing penjelasannya.


1. Sistem Kurs Tetap


Kurs tetap adalah sistem dari valuta asing yang melibatkan keikutsertaan pemerintah. Dalam hal ini, pemerintah akan menentukan nilai kurs mata uangnya terhadap mata uang dari negara lain yang tidak bisa diganggu gugat.


Hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan pergerakan kurs yang cenderung fluktuatif. Sistem valas ini juga membuat bank sentral harus terlibat aktif dalam transaksi valuta asing di negaranya.


Jika sewaktu-waktu terdapat kelebihan pasokan valuta asing, pemerintah akan membeli mata uang asing tersebut untuk menghindari penurunan nilainya. Sebaliknya, jika kekurangan pasokan, pemerintah akan menjual valuta asing yang dimiliki melalui bank sentral.



2. Sistem Kurs Bebas (Floating)


Kurs bebas dalam sistem valas adalah sistem yang umumnya bergantung dengan jumlah penawaran dan permintaan. Sistem valas ini juga dikenal dengan istilah floating.


Kurs bebas tidak mendapatkan intervensi dari pemerintah dalam menentukan mata uang tertentu yang akan digunakan untuk transaksi. Selain itu, sistem valas ini juga hanya berlaku di tempat terjadinya transaksi.


3. Sistem Kurs Terkendali


Salah satu sistem yang umum digunakan dalam valas adalah sistem kurs terkendali. Sistem ini akan melibatkan pemerintah melalui bank sentral untuk menentukan alokasi penggunaan valas yang ada di negaranya.


Secara umum, sistem kurs terkendali merupakan kombinasi dari kurs tetap dan kurs bebas sehingga nilai tukar valuta asing bisa bergerak secara bebas namun tetap melibatkan intervensi pemerintah. Ini dilakukan guna menghindari risiko pergerakan kurs yang terlalu ekstrem.


Itu dia penjelasan lengkap mengenai jenis, fungsi, hingga sistem valuta asing yang penting untuk dipahami.


Selain digunakan untuk perdagangan, valas juga kerap dijadikan sebagai instrumen investasi, lho. Investasi valas ini akan memanfaatkan momentum naik turunnya kurs atau nilai tukar mata uang.


Namun, karena bersifat fluktuatif, keuntungan investasi valas cenderung tidak bisa diprediksi. Maka dari itu, untuk mengoptimalkan keuntungan, kamu perlu melakukan diversifikasi dengan mengembangkan dana melalui instrumen investasi lain, seperti deposito.


Tak ada salahnya untuk melakukan diversifikasi investasi melalui produk deposito yang tersedia pada aplikasi DepositoBPR by Komunal.


Aplikasi ini menyediakan produk deposito dari BPR sehingga menawarkan suku bunga tinggi, hingga 6,75% per tahun. Selain itu, keuntungan yang diperoleh dari produk investasi ini juga cenderung stabil, lho.


Jadi, nggak perlu ragu lagi dan mari nikmati #SimpananRasaInvestasi bersama DepositoBPR by Komunal sekarang juga!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer