Uang THR Anak untuk Apa? Begini Cara Mengelolanya yang Tepat

blog

Uang THR Anak untuk Apa? Begini Cara Mengelolanya yang Tepat

DepositoBPR by Komunal

29 Maret 2024

Ketika lebaran tiba, orang tau pasti memikirkan sebaiknya uang THR anak untuk apa. Kebingungan tersebut muncul karena rasa khawatir ketika melihat anaknya memegang uang yang terbilang banyak dan tidak bijak digunakan. Di usia yang masih kecil, anak-anak pasti akan lebih sibuk memperhatikan kue lebaran yang disajikan daripada uang THR yang baru saja ia terima.

Maka dari itu, orang tua disarankan untuk membawa uang tersebut dan mengelolanya demi kebaikan sang anak. Buat kamu yang masih bingung sebaiknya uang THR anak untuk apa, baca artikel ini sampai akhir.


Uang THR Anak untuk Apa?


Ketika lebaran tiba, banyak orang-orang yang akan berbagi dengan sesamanya. Biasanya, anak-anak akan mendapat banyak bingkisan atau uang tunjangan hari raya dari keluarga maupun orang-orang terdekat.


Untuk menghormati mereka yang sudah mau berbagi, tentunya sesuatu yang sudah diberikan tersebut digunakan untuk hal-hal baik dan bermanfaat. Untuk kamu yang masih bingung sebaiknya uang THR anak untuk apa, simak beberapa tips berikut ini.


Biarkan Mereka yang Memutuskan


Pada dasarnya, uang THR tersebut adalah milik anak. Jadi, sudah sewajarnya kalau merekalah yang memutuskan mau diapakan uang tersebut. Tugas orang tua di sini hanya perlu untuk mengawasi penggunaan uang tersebut.


Namun, jika usia anak masih terlalu dini, maka orang tua perlu menyimpannya. Jika anak-anak sudah memasuki umur sekolah, maka berikan mereka saran untuk menggunakan uang tersebut ke hal-hal bermanfaat, seperti untuk membeli keperluan sekolah atau mainan edukatif.


Ajarkan untuk Menabung


Buat kamu yang masih bingung sebaiknya uang THR untuk apa, kamu bisa coba untuk menabungnya. Beri edukasi pada anak-anak tentang manfaat menabung. Sebagai contoh, kamu bisa memberitahu mereka bahwa dengan menabung mereka bisa mendapatkan barang yang lebih bagus, daripada langsung membelinya sekarang juga.


Dengan begitu, motivasi anak untuk menabung bisa tumbuh. Perlu diketahui, dengan memberikan edukasi-edukasi serupa, potensi anak-anak memiliki sifat konsumtif yang berlebihan bisa menurun. Jadi, mengajarkan anak menabung sejak dini sangatlah bermanfaat.


Menabungkan uang THR anak adalah langkah bijak yang patut diterapkan oleh orang tua. Dengan menabung, kebutuhan masa depan anak dapat terjamin. Meskipun uang THR tidak seberapa, hal ini juga dapat digunakan sebagai dana darurat anak.


Gunakan untuk Sedekah


Sedekah merupakan hal positif yang bisa kamu lakukan jika bingung sebaiknya uang THR anak untuk apa. Tak perlu banyak, cukup sisihkan beberapa persen dari THR anak-anak untuk bersedekah ke masjid atau ke orang-orang yang membutuhkan.


Beri edukasi kepada anak tentang pentingnya bersedekah kepada sesama. Dengan bersedekah, secara tidak langsung kamu akan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama dalam diri anak-anak. Jadi, dengan memberi edukasi kepada anak tentang bersedekah bisa membentuk karakter mereka jadi lebih baik.


Pakai untuk Investasi


Investasi merupakan salah satu cara yang bisa kamu pilih jika bingung sebaiknya uang THR anak untuk apa. Mengelola THR anak dengan menggunakannya untuk investasi bisa memberikan manfaat untuk masa depan anak. Salah satu jenis investasi yang bisa kamu pilih adalah deposito.

Deposito merupakan produk perbankan yang memiliki tingkat pengembalian lebih besar. Secara garis besar, deposito sama saja seperti tabungan, tapi tingkat pengembaliannya jauh lebih besar dari tabungan. Deposito merupakan jenis investasi yang sangat minim risiko, sehingga cocok untuk kamu yang masih pemula dalam urusan investasi.


Suku bunga deposito yang ditawarkan setiap bank berbeda-beda. Jadi, penting untuk mempelajarinya terlebih dahulu sehingga mendapatkan pilihan deposito dengan keuntungan paling besar.


Itulah beberapa rekomendasi buat kamu yang masih bingung sebaiknya uang THR anak untuk apa. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, investasi dalam bentuk deposito merupakan salah satu cara penggunaan uang THR anak yang tepat. Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, kamu bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi di DepositoBPR by Komunal.


DepositoBPR by Komunalmenawarkan bunga sebesar 6,75% yang tentunya lebih menguntungkan daripada produk deposito lain. Selain itu, simpanan kamu juga pasti #LebihAman karena sudah dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) hingga Rp2 Miliar per nasabah untuk tiap bank.

Jadi tunggu apa lagi? #PilihYangTepat untuk kelola THR anak dengan berinvestasi di DepositoBPR by Komunal.


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer