8 Tips Menabung untuk Haji, Ini Contoh Perhitungannya!

blog

8 Tips Menabung untuk Haji, Ini Contoh Perhitungannya!

DepositoBPR by Komunal

31 Juli 2023

Mempersiapkan dana untuk pergi ke tanah suci perlu dilakukan secara matang. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui sejumlah tips menabung untuk haji berikut ini.

Yup, apalagi mengingat setiap tahunnya biaya untuk pergi haji ke Baitullah akan selalu meningkat.


Perlu diketahui, ada dua jenis biaya yang ditetapkan di Indonesia, yaitu Ongkos Naik Haji (ONH) biasa dan plus. Keduanya berbeda dari segi fasilitas, durasi, serta harganya.


Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan dana sejak awal jika ingin mengunjungi tanah suci. Yuk, simak tips menabung untuk haji melalui artikel ini baik-baik!


Apa Perbedaan Haji ONH Plus dan Biasa?


Seperti yang telah disinggung di atas, perbedaan ONH plus dan biasa adalah terletak pada biaya serta waktu menunggu keberangkatannya.


Umumnya, haji ONH plus akan dikenakan biaya mulai dari Rp150 juta dengan masa tunggu yang lebih singkat, di mana program ini diselenggarakan oleh pihak swasta (travel).


Sementara itu, haji ONH biasa biayanya jauh lebih terjangkau, mulai dari Rp35 juta dengan pihak penyelenggara dan penentuan masa tunggu keberangkatan dari pemerintah.


Selain itu, fasilitas yang akan ditawarkan melalui program keduanya pun berbeda. ONH plus menyediakan hotel berbintang dan lokasinya lebih dekat dengan proses haji.


8 Tips Menabung untuk Haji


Salah satu tips menabung untuk haji paling utama dan menjadi kunci adalah dengan konsisten melakukannya, berapa pun dana yang kamu miliki.


Pada dasarnya, berangkat haji perlu disesuaikan dengan kemampuanmu, baik itu melalui fasilitas ONH plus atau biasa. Yang terpenting adalah niatmu untuk beribadah mengunjungi tanah suci.


Well, jika ingin mengumpulkan dananya sejak awal, berikut adalah sejumlah tips menabung untuk haji yang bisa kamu terapkan:


1. Membuat Rencana Anggaran


Tips menabung untuk ibadah haji yang pertama adalah sebaiknya kamu membuat rencana anggaran setiap bulannya sesuai dengan jumlah pendapatanmu.


Dengan melakukan cara menabung untuk haji ini, kamu bisa mengidentifikasi pengeluaran yang tidak diperlukan agar bisa menghemat uang.


Sehingga, pengeluaran yang tidak diperlukan itu dapat kamu pindahkan untuk menambah jumlah biaya tabungan haji.


2. Membuat Tabungan Terpisah


Membuat rekening terpisah merupakan tips menabung untuk haji lainnya agar tidak tercampur dengan berbagai biaya kebutuhan pokok lainnya.


Dengan begitu, kamu bisa fokus untuk mengumpulkan dana haji tanpa harus khawatir akan terpakai oleh kebutuhan di luarnya.


3. Menabung Rp20-50 ribu Sehari


Kamu merasa penghasilanmu hanya cukup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari? Tak perlu khawatir, tips menabung untuk haji ini bisa dicoba mulai dari sekarang.


Yup, jika konsisten melakukan tips menabung untuk haji dengan nominal Rp20-50 ribu per harinya, dalam sebulan kamu sudah bisa mendapatkan Rp620 ribu.


Sementara itu, saat kamu terus rutin melakukan cara menabung untuk haji ini, dalam satu tahun dana yang sudah terkumpul sebesar Rp7.400.000.


Maka dari itu, terlepas dari berapa pun penghasilanmu, selama kamu konsisten dalam menabung, mengumpulkan dana untuk ibadah haji bukanlah hal yang mustahil.



4. Menabung dari Investasi


Salah satu cara menabung untuk haji agar mudah bertambah yang bisa kamu lakukan adalah dengan berinvestasi.


Tips menabung untuk haji ini bisa dimulai dengan membeli SUKUK atau obligasi syariah, yakni salah satu jenis instrumen investasi pendapatan tetap.


Mulai dari Rp1 juta, kamu bisa membeli instrumen investasi ini sebagai cara menabung untuk naik haji dengan bagi hasil hingga 8.05% per tahunnya.


Jika kamu ingin berinvestasi dengan modal yang lebih kecil, reksa dana syariah juga bisa menjadi alternatif lainnya.


Yup, mulai dari Rp100 ribu, kamu bisa berinvestasi dengan bagi hasil yang tinggi, sehingga hal ini dapat membantumu dalam menambah jumlah tabungan untuk haji.


5. Buat Tabungan di Perusahaan Penyelenggara Haji


Biasanya, beberapa pihak travel yang menyelenggarakan haji akan menyediakan fasilitas tabungan untuk keberangkatan bagi para jamaah.


Untuk itu, jika ingin melakukan cara menabung untuk haji di pihak travel, sebaiknya kamu memilih perusahaan penyelenggara yang terpercaya dan kredibel dalam menyimpan danamu.


Nantinya, kamu bisa menyetorkan dana untuk ibadah haji dengan tenang setiap bulannya dan terkumpul hingga masa keberangkatan tiba.


6. Buat Jumlah Tetap untuk Menabung


Tips menabung untuk haji selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menetapkan jumlah menyimpan dana secara konsisten.


Misalnya, kamu bisa menyetorkan dana dengan jumlah tetap sebanyak Rp400 ribu per bulan.


Namun, cara menabung untuk ibadah haji ini hanya bisa dilakukan melalui koperasi syariah dengan bagi hasil sekitar 20% setiap tahunnya.


7. Tetapkan Target atau Jangka Waktu


Menetapkan target atau jangka waktu yang ingin dicapai adalah tips menabung untuk haji berikutnya.


Dengan menetapkan jangka waktu haji sendiri, hal ini akan memudahkanmu untuk fokus dan konsisten dalam menabung hingga mencapai target.


Biasanya, beberapa bank akan menyarankan jumlah setoran setiap bulannya agar bisa mencapai target yang telah ditentukan.



8. Jadikan Haji sebagai Prioritas


Mungkin, selain menabung untuk ibadah haji, kamu memiliki banyak keperluan lainnya yang harus dipenuhi, entah itu pengeluaran bulanan, cicilan KPR, hingga pendidikan anak.


Well, di samping semua hal itu, tips menabung untuk haji yang perlu kamu terapkan adalah dengan menjadikan ibadah ke tanah suci sebagai prioritasmu.


Apalagi, jika sudah mengetahui kapan estimasi waktu keberangkatannya, tentu menabung untuk haji harus kamu prioritaskan.


Contoh Perhitungan Tabungan Haji


Bagaimana? Setelah mengetahui berbagai tips menabung untuk ibadah haji sebelumnya, jangan lupa diterapkan mulai dari sekarang, ya.


Perlu diketahui, meskipun kamu mempunyai dana full untuk membayar program haji, tetapi keberangkatannya tidak bisa di tahun yang sama.


Jika ingin mendapatkan kuota haji, setidaknya kamu perlu menyetorkan dana awal sebanyak Rp25 juta. Namun, biaya keseluruhannya disesuaikan dengan harga yang berlaku saat berangkat.


Maksudnya, biaya haji untuk setiap tahunnya akan terus meningkat. Agar kamu bisa memahami lebih lanjut, berikut contoh perhitungannya.


  • Target naik haji: 10 tahun yang akan datang (120 bulan)

  • Biaya ONH tahun ini: Rp40.000.000

  • Biaya kenaikan haji di luar inflasi: 3% per tahun

  • Inflasi tahunan: 7% per tahun

  • Setoran awal tabungan haji: Rp35.000.000

  • Bagi hasil tabungan haji: 3% per tahun

Dari data tersebut, dapat diketahui bahwa perkiraan ONH untuk keberangkatan 10 tahun yang akan datang adalah sebanyak Rp94.746.452, dengan setoran bulanan sebesar Rp435.522 per bulannya.


Demikian penjelasan lengkap mengenai tips menabung untuk haji, mulai dari membuat rencana anggaran, menetapkan jumlah secara konsisten, hingga menjadikan prioritas.


Tidak dapat dipungkiri, biaya persiapan untuk berangkat haji memang tidak sedikit, itulah mengapa, kamu perlu mempersiapkan tabungannya sejak awal.


Berbicara mengenai mempersiapkan tabungan haji, kini, kamu juga bisa mengelola dana melalui Deposito Syariah BPR by Komunal.

Melalui Deposito Syariah BPR by Komunal, kamu akan mendapatkan berbagai layanan deposito berdasarkan prinsip syariah dengan skema bagi hasil yang menarik.


Selain itu, produk Deposito Syariah yang dimiliki BPRS juga menggunakan prinsip mudharabah, di mana kamu bisa mengalokasikan dana dengan pencairannya berdasarkan akad bagi hasil sesuai kesepakatan bersama.


Tak perlu khawatir akan keamanannya, karena seluruh layanan Deposito BPR sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Tunggu apa lagi, yuk mulai investasi dengan prinsip syariah bersama DepositoBPR by Komunal!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer