blog
5 Tips Menabung Untuk Pasangan Muda yang Paling Efektif
DepositoBPR by Komunal
02 November 2022
5 Tips Menabung Untuk Pasangan Muda yang Paling Efektif

Salah satu cara terbaik untuk mengendalikan keuangan Anda dalam ekonomi yang tidak menentu saat ini adalah dengan memiliki rekening tabungan yang sehat dan menerapkan tips menabung dengan tepat.



Menabung memberikan “penghalang” finansial untuk ketidakpastian hidup dan meningkatkan perasaan aman dan ketenangan pikiran. Setelah dana darurat yang memadai terbentuk, tabungan juga dapat menyediakan “uang benih” untuk investasi dengan hasil lebih tinggi seperti deposito, saham, obligasi, dan reksa dana.



Menyimpan uang adalah salah satu aspek penting dalam membangun kekayaan dan memiliki masa depan keuangan yang aman dan memberi Anda kesempatan untuk menikmati hidup yang berkualitas.



Menyisihkan sejumlah uang secara sistematis dapat membantu Anda menghindari banyak resiko finansial di masa yang akan datang. Oleh sebab itu penting sekali untuk mengetahui jenis-jenis tabungan dan tips menabung yang baik dan benar.



3 Jenis Tabungan yang Wajib Dimiliki


Tips menabung untuk masa depan itu penting. Sebenarnya, ada baiknya untuk tidak hanya memiliki satu rekening tabungan sehingga ada baiknya untuk menggunakan beberapa jenis tabungan yang berbeda.



Membuka beberapa rekening tabungan dapat membantu Anda mengidentifikasi berbagai tujuan keuangan dan memastikan Anda berada di jalur yang tepat untuk mencapainya. Anda dapat memiliki rekening untuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Berikut ini jenis-jenis tabungan yang wajib Anda miliki.


1. Tabungan Untuk Dana darurat


Tabungan dana darurat adalah jenis rekening tabungan pertama dan terpenting yang harus Anda miliki. Dana darurat melindungi Anda dari pengeluaran mendesak dan mendadak, kehilangan pekerjaan, atau bencana lain yang perlu Anda tangani dengan uang.



Salah satu tips menabung untuk dana darurat Anda harus memiliki cukup uang di dalamnya untuk menutupi biaya hidup setidaknya tiga sampai enam bulan, tetapi tidak apa-apa jika Anda harus perlahan-lahan bekerja hingga jumlah tersebut tercapai. Yang penting adalah memprioritaskan membangun dana darurat dan tidak menyentuh uang itu kecuali keadaan darurat benar-benar muncul.



2. Tabungan Hari Tua


Tabungan hari tua atau dana pensiun adalah rekening tabungan jangka panjang yang dapat dibuka oleh individu dengan pendapatan yang diperoleh untuk menabung guna keperluan masa depan sambil menikmati keuntungan tertentu. Anda dapat membuka rekening untuk pensiun melalui bank, perusahaan investasi, broker online, atau broker pribadi.



3. Tabungan pribadi


Tabungan pribadi adalah kebutuhan untuk sebagian besar kebutuhan finansial Anda. Karena Anda tidak dapat menyentuh dana pensiun atau darurat, disinilah Anda harus mendapatkan uang tunai untuk keperluan Anda mulai dari tiket pesawat, gadget baru, atau proyek renovasi rumah. Memiliki tabungan pribadi akan membantu mengurangi risiko Anda memiliki terlalu banyak hutang kredit dan merupakan garis pertahanan pertama Anda sebelum menyentuh dana darurat.



Seperti jenis tabungan lain yang telah dijelaskan di atas, tips menabung untuk rekening pribadi setidaknya jumlah yang harus Anda miliki dalam tabungan pribadi sebaiknya disesuaikan pada gaya hidup dan kebutuhan Anda.



Anda dapat menghitung ini dengan menggunakan rumus 50-30-20 yang dipopulerkan oleh Senator Elizabeth Warren. Dimana Anda harus membagi pendapatan ke dalam 3 kategori:




  1. 1.

    50% untuk Kebutuhan (Needs)


  1. 2.

    30% untuk Keinginan (Lifestyle/Self Reward)


  1. 3.

    20% untuk Tujuan Keuangan (Investasi/Tabungan)



Tips Menabung Untuk Pasangan Muda


Tips menabung untuk pasangan muda sangat penting untuk diketahui, dari perbaikan rumah hingga liburan, membuka rekening tabungan bersama dapat membantu Anda menghemat uang dan mencapai tujuan bersama.



Di sisi lain, Anda akan memiliki seseorang untuk membantu Anda untuk tetap bertanggung jawab dan tabungan dapat akan tumbuh lebih cepat. Selain itu, Anda harus memiliki kepercayaan dan menetapkan beberapa aturan dasar. Berikut adalah beberapa tips menabung untuk pasangan muda.



Tetapkan tujuan bersama yang ingin dicapai


Tips menabung yang paling utama adalah menetapkan tujuan. Hal ini dapat membantu Anda menghemat uang lebih cepat karena memberi Anda sesuatu untuk dituju. Apakah Anda membutuhkan jumlah tertentu untuk setoran rumah, atau Anda hanya ingin mengisi dana darurat, putuskan apa yang ingin Anda tuju secara bersama.



Buatlah rencana tentang bagaimana Anda akan menabung


Tips menabung selanjutnya adalah dengan berdiskusi sebagai langkah awal yang perlu diambil sebelum memilih untuk menabung bersama dan memutuskan bagaimana Anda akan menabung nantinya.Tetapkan aturan dengan cermat untuk menghindari argumen atau kesalahpahaman dan hal-hal buruk yang mungkin terjadi.



Apakah Anda berdua akan menambahkan jumlah yang sama ke tabungan bersama Anda setiap bulan? Atau, apakah Anda akan menambahkan persentase dari penghasilan Anda jika salah satu dari Anda menghasilkan lebih banyak uang? Pikirkan juga kapan Anda ingin mencapai tujuan tabungan Anda, apakah ada batas waktu tertentu untuk menggunakan uang yang disimpan tersebut? Pikirkan juga kapan Anda akan mulai menabung.



Buat anggaran bersama dengan pasangan Anda


Membuat anggaran terperinci adalah tips menabung yang sangat penting dan merupakan kunci untuk mengelola uang Anda secara efektif. Duduklah dengan pasangan Anda dan tentukan dengan tepat berapa banyak yang harus Anda keluarkan untuk bertahan hidup setiap bulan. Dari sana, Anda dapat mengalokasikan anggaran yang wajar untuk setiap orang sesuai dengan penghasilan individu dan kolektif Anda.



Memiliki gambaran yang jelas tentang berapa banyak yang dapat dibelanjakan secara wajar dapat mempermudah Anda untuk menolak pembelian yang tidak perlu nantinya. Hal tersebut sangat membantu mengurangi pengeluaran berlebih dan mendorong Anda untuk berpikir dua kali sebelum mengeluarkan uang untuk membeli lagi hal-hal yang tidak seharusnya dibeli.



Simpan di tempat yang tepat


Membuka rekening tabungan bersama memberi Anda tempat untuk menyimpan uang Anda. Tips menabung selanjutnya adalah untuk memastikan bahwa Anda menyimpan uang di tempat yang tepat. Anda mungkin juga dapat memperoleh bunga dari tabungan Anda, untuk membantu pertumbuhan uang Anda.



Untuk memperoleh keuntungan Anda dapat menyimpan uang melalui deposito namun pastikan untuk mempelajari perbedaan deposito dan tabungan terlebih dahulu.


Meninjau tabungan Anda


Tips menabung yang tak boleh terlewatkan adalah meninjau kemajuan tabungan Anda. Hal ini akan membantu Anda tetap berada di jalur yang tepat. Anda dapat memprediksi berapa banyak lagi yang Anda butuhkan untuk mencapai target dan menemukan masalah apa pun yang harus diperbaiki.



Jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana, lihatlah kondisi keuangan Anda. Mungkin saja terdapat pengeluaran uang yang lebih banyak seperti mengeluarkan uang berlebihan saat belanja di supermarket atau ada tagihan yang tidak Anda masukkan dalam anggaran awal. Tips menabung ini dapat membantu Anda memahami mengapa Anda tidak menabung sebanyak yang Anda inginkan di awal, dan meninjau bagian mana yang dapat diperbaiki lebih lanjut.



Masalah finansial tentunya hanya akan menambah stres dan ketegangan yang tidak perlu pada hubungan Anda, baik pasangan sudah menikah, bertunangan, atau yang sedang merencanakan masa depan bersama. Pastikan Anda dan pasangan memiliki prioritas keuangan yang selaras dengan penganggaran secara cermat, melunasi utang berbunga tinggi, dan sering berdiskusi tentang masalah keuangan.



Jika Anda dapat merencanakan dan menabung dengan rajin, Anda akan terhindar dari banyak argumen keuangan dan hambatan ekonomi yang memicu kecemasan di kemudian hari.



Simpan uang Anda menggunakan deposito untuk persiapan masa depan yang lebih baik, Komunal menyediakan layanan DepositoBPR by Komunal yang sudah terjamin oleh LPS dan terdaftar di OJK.


share

Bagikan