8 Tips Kredit Rumah Efektif supaya Terhindar dari Penipuan

blog

8 Tips Kredit Rumah Efektif supaya Terhindar dari Penipuan

DepositoBPR by Komunal

30 Januari 2024

Tips kredit rumah menggunakan KPR adalah cara yang paling banyak dibutuhkan oleh mereka yang baru pertama kali membeli rumah. Sederhananya, KPR adalah subsidi bunga dari pemerintah sebagai upaya menyelamatkan bisnis industri perumahan.


Terdapat sejumlah pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), salah satunya memastikan bahwa kamu telah membersihkan rekam jejak kredit melalui BI Checking.

Lantas, apa saja tips kredit rumah agar tidak menyesal? Mari simak artikel di bawah ini sampai selesai.


Tips Kredit Rumah Efektif


Bagi sebagian orang, beli rumah dengan KPR menjadi tantangan tersendiri dengan berbagai pertimbangan yang ada, termasuk kemampuan finansial.


Dengan menerapkan tips KPR di bawah ini, diharapkan kamu dapat membeli rumah pertama dengan lebih tenang dan terukur. Simak ulasan tips kredit rumah yang dapat kamu siapkan dari sekarang berikut ini.


1. Memiliki Kemampuan Finansial


Hal mendasar yang menjadi pertimbangan sebagian besar orang adalah jumlah penghasilan yang didapatkan. Kekhawatiran tersebut sebenarnya dapat disingkirkan dengan melakukan tips kredit rumah yaitu mengetahui kondisi keuangan.


Pastikan bahwa kebutuhan bulanan selama ini terpenuhi serta tagihan atau cicilan dapat ditangani dengan baik. Apabila merasa pos pengeluaran cukup terkendali, kamu baru bisa mengajukan KPR untuk mewujudkan rumah impian.


Ada baiknya, kamu mengalokasikan 30% dana dari penghasilan sebagai persiapan mengajukan KPR di awal. Jangan lupa, saat memutuskan untuk mengajukan KPR, maka kamu wajib membayar cicilan setiap bulannya hingga lunas.


2. Memilih Lokasi Rumah yang Strategis


Tips kredit rumah berikutnya berkaitan dengan lokasi rumah. Perlu diketahui, lokasi rumah yang tidak strategis dapat mempengaruhi pos pengeluaranmu dalam jangka panjang, misalnya pengeluaran biaya transportasi atau makan yang lebih besar.


Maka dari itu, usahakan untuk memilih rumah di tempat yang terjangkau aksesnya dan letaknya dekat dengan fasilitas publik misalnya sekolah, pusat perbelanjaan hingga fasilitas kesehatan.



3. Mengenal Spesifikasi Rumah


Tinggal di rumah yang besar dan bagus menjadi impian setiap orang. Namun, kamu tetap perlu bijaksana dalam memilih tipe rumah sesuai kebutuhan, termasuk berapa jumlah kamar, garasi, luas bangunan, dan lain sebagainya.


Ada beberapa tipe rumah yang terdapat di Indonesia, misalnya tipe rumah 21/24, 36, 45, 54, dan 60 untuk tipe rumah sederhana. Sementara itu, ada beberapa pilihan tipe rumah besar meliputi tipe rumah 70, 90, 120, dan 140-200.


4. Mencari Tahu Pilihan Tenor Cicilan


Tips kredit rumah berikutnya yakni mempertimbangkan pilihan tenor cicilan dengan cermat. Pasalnya, pemilihan tenor secara langsung akan mempengaruhi jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.


Sebagai gambaran, jangka tenor yang panjang biasanya memiliki besaran cicilan yang tidak terlalu membebani tiap bulannya, tetapi apabila ditotal kamu masih perlu mengeluarkan biaya yang besar.


Di sisi lain, jangka tenor yang pendek akan memakan biaya cicilan yang cukup besar, namun akan mengurangi beban tagihan lebih cepat.


5. Memeriksa Track Record dan Reputasi Developer


Sebelum memilih KPR, tips kredit rumah yang perlu diperhatikan adalah memeriksa track record dan reputasi developer. Jangan tergesa-gesa saat memilih developer, apalagi jika mereka menawarkan harga miring.


Dalam hal ini, kamu perlu memastikan bahwa developer yang dipilih memiliki riwayat kinerja yang baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengunjungi kantor developer atau memeriksa nomor narahubung.



6. Memastikan Legalitas Tanah


Selanjutnya, tips kredit rumah yang tidak kalah penting yakni memastikan legalitas tanah. Supaya tidak tertipu, pastikan tanah milik developer memiliki Hak Guna Bangunan atau HGB. Perlu diketahui, HGB adalah hak yang diberikan kepada individu atau badan tertentu untuk mendirikan bangunan di atas lahan yang bukan miliknya.


Status HGB pun mempunyai masa waktu tertentu sehingga perlu pemeriksaan berkala ke Dinas Pertanahan setempat untuk dapat mengetahui riwayat status HGB pada tanah perumahan tersebut.


7. Menabung Down Payment (DP)


Biasanya, pihak developer akan menerapkan uang muka atau down payment sebagai tanda keseriusan atau komitmen transaksi. Pada umumnya, DP kredit rumah berkisar antara 10%–20% dari total harga rumah yang ingin dibeli.


Untuk itu, tips kredit rumah yang perlu dilakukan yakni menyisihkan penghasilanmu lebih awal untuk pembayaran DP. Agar dana cepat terkumpul, mempertimbangkan investasi deposito menjadi solusi yang tepat.


8. Memantau Proses Pembangunan Rumah


Tips kredit rumah terakhir yang tidak kalah penting yaitu memantau proses pembangunan rumah dari awal hingga tuntas. Hal ini dimaksudkan supaya terhindar dari penipuan atau hasil kerja kuli bangunan yang asal-asalan.


Umumnya, proses pembangunan setiap rumah berkisar antara 6 bulan hingga 3 tahun, tergantung pada luas dan struktur bangunan. Pastikan bahwa apa yang dikerjakan selama ini sesuai dengan perjanjian jual-beli rumah di awal.


Strategi Wujudkan Rumah Impian Milenial Melalui KPR


Kamu perlu tahu, data menunjukkan bahwa sekitar 81 juta generasi milenial belum memiliki rumah sendiri. Padahal, pemerintah telah menyediakan alternatif yang tepat berupa fasilitas kredit untuk memudahkan masyarakat Indonesia yang hendak membeli atau memperbaiki rumah.


Pasalnya, dinamika gaya hidup generasi milenial saat ini cenderung bersifat konsumtif sebagai salah satu pengaruh sosial media yang masif. Kecenderungan inilah kemudian yang mempersulit para milenial mewujudkan rumah impian mereka.


Ada berbagai alasan penting yang mendasari kepemilikan rumah sejak dini, misalnya alasan kebutuhan primer, harga yang terus meningkat, atau menjadi aset tetap. Selain menerapkan tips di atas, kamu perlu mengetahui strategi membeli KPR berikut ini.


Misalnya kamu dengan pendapatan per bulan Rp25 juta ingin memiliki rumah ideal berdasarkan pendapatan seharga Rp800 juta. Kemudian, bank menetapkan fixed rate 2,5% per bulan hingga akhir. Lalu, kamu mengambil tenor kredit 15 tahun dan DP 20% dari harga rumah (Rp160 juta).


Pokok Pinjaman = Harga Rumah - Besaran DP


Pokok Pinjaman = Rp800 juta - Rp160 juta = Rp640 juta


Harga Pokok Rumah / Tenor dalam Satuan Bulan


Rp640.000.000 / 180 bulan = Rp3.500.000 per bulan.


Maka besar bunga fixed yaitu:


(Rp640.000.000 x 2.5% x 15) / 180 bulan = Rp1.300.000


Jadi total cicilan KPR yang harus dibayarkan adalah Rp3.500.000 + Rp1.300.00 = ±Rp4.855.000


Dapat disimpulkan, selama 15 tahun kamu akan membayar tagihan KPR dengan nominal yang sama setiap bulannya, yakni Rp4.855.000.


Itu dia daftar tips kredit rumah, mulai dari kemampuan finansial hingga memantau proses pembangunan rumah, yang dapat kamu terapkan. Pada dasarnya, cara kredit rumah ditujukan untuk menghindarkan kamu dari rasa menyesal karena kesulitan membayar cicilan atau risiko penipuan.


Ada cara yang lebih mudah untuk menambah dana cicilan KPR sebagai passive income, yakni mengalokasikan dana #LebihPraktis melalui investasi deposito. Berbeda dengan bank umum lainnya, deposito BPR menawarkan produk investasi yang mempunyai bunga lebih tinggi.


Untuk itu, kamu dapat menempatkan dana #LebihMudah dan terintegrasi melalui aplikasi DepositoBPR by Komunal. Kemudian, dengan bunga hingga 6,75% p.a., kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih tinggi untuk kondisi keuangan yang #MakinMaksimal.

Kamu tidak perlu khawatir sebab investasi deposito melalui DepositoBPR by Komunal terjamin aman karena sudah tercatat dan diawasi oleh OJK. Jadi, #PilihYangTepat investasi deposito dari sekarang untuk memiliki rumah impian. Yuk, tempatkan dana ke #SimpananRasaInvestasi di DepositoBPR by Komunal!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer