4 Strategi Investasi Deposito untuk Cuan Optimal, Apa Saja?

blog

4 Strategi Investasi Deposito untuk Cuan Optimal, Apa Saja?

DepositoBPR by Komunal

11 Desember 2023

Sebagai investor, apakah kamu sudah tahu bagaimana strategi investasi deposito yang menjanjikan? Pada dasarnya, dengan menerapkan strategi investasi deposito yang tepat, investor dapat memaksimalkan keuntungan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan finansial.


Bisa dibilang, deposito adalah produk simpanan sekaligus jenis investasi low risk yang menjanjikan, karena keuntungannya relatif tinggi. Maka dari itu, tak mengherankan apabila kini deposito menjadi salah satu instrumen investasi yang diminati banyak orang.

Nah, apabila baru berencana terjun atau masih pemula dalam dunia investasi deposito, maka kamu mendatangi artikel yang tepat. Sebab, artikel ini akan membahas strategi sekaligus tips investasi deposito yang dapat diaplikasikan oleh para investor. Yuk, simak!


Strategi Investasi Deposito


Strategi investasi deposito melibatkan pemilihan dan pengelolaan deposito dengan tujuan mendapatkan keuntungan optimal. Berikut penjelasan selengkapnya.


1. Memilih Jenis Deposito


Memilih jenis deposito merupakan salah satu strategi investasi deposito karena jenis deposito yang dipilih dapat mempengaruhi keuntungan yang diperoleh. Ada beberapa jenis deposito yang tersedia, seperti deposito berjangka, deposito on call, dan sertifikat deposito.


Memilih jenis deposito yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi juga dapat membantu investor dalam memaksimalkan keuntungan yang diperoleh.


Misalnya, jika tujuan investasi jangka pendek, maka investor dapat memilih deposito dengan jangka waktu pendek, seperti deposito on call. Sebaliknya, untuk investor yang memiliki tujuan jangka panjang, deposito berjangka panjang mungkin akan lebih cocok.


Selain itu, memilih jenis deposito yang tepat juga dapat membantu mengurangi risiko dan meningkatkan keamanan investasi. Dengan memilih jenis deposito yang sesuai, investor dapat memaksimalkan keuntungan dari investasi deposito dan mencapai tujuan keuangan mereka.


2. Menentukan Masa Tenor


Masa tenor deposito adalah salah satu strategi investasi deposito karena memungkinkan investor untuk menyesuaikan jangka waktu penempatan deposito dengan rencana keuangan dan tujuan investasi mereka.


Selain itu, perhitungkan juga dengan cermat berapa potensi bunga yang akan kamu peroleh ketika time deposit mencapai akhir masa tenornya.



3. Membagi Dana Deposito


Adapun strategi investasi deposito berikutnya adalah dengan membagi dana deposito itu sendiri. Bagaimana maksudnya? Sebagai contoh, apabila kamu memiliki dana sebesar Rp100 juta dan bermaksud untuk menempatkan seluruhnya dalam deposito, coba pertimbangkan untuk membagi alokasi tersebut untuk dua periode berbeda.


Misalnya, alokasikan Rp50 juta untuk deposito selama satu tahun pada gelombang pertama, sementara Rp50 juta sisanya ditempatkan dalam deposito selama dua tahun. Setelah jatuh tempo pada tahap pertama, kamu dapat menarik sejumlah uang secara tunai dan menginvestasikannya kembali dalam bentuk deposito.


Strategi investasi deposito ini tidak hanya memberikan keuntungan berupa likuiditas yang lebih cepat tanpa penalti, tetapi juga meningkatkan peluang untuk mendapatkan suku bunga yang lebih tinggi di masa mendatang.


4. Memperpanjang Deposito


Terakhir, kamu juga bisa memperpanjang deposito sebagai salah satu cara menyimpan uang di deposito dengan maksimal. Dengan memperpanjang deposito, kamu dapat mengunci suku bunga yang menguntungkan untuk jangka waktu lebih lama, sehingga dapat memperoleh keuntungan dari suku bunga yang tetap selama periode yang lebih panjang.


Tak hanya itu, memperpanjang deposito juga dapat membantu meningkatkan keuntungan yang diperoleh dari investasi deposito, terutama jika suku bunga yang ditawarkan pada saat perpanjangan lebih tinggi daripada suku bunga awal.


Bahkan, beberapa bank menawarkan opsi perpanjangan deposito secara otomatis, sehingga memudahkan investor untuk memperpanjang deposito tanpa harus melakukan tindakan tambahan.


Dengan memilih strategi investasi deposito yang tepat, investor dapat memaksimalkan keuntungan dan mengelola risiko investasi mereka dengan lebih efektif. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk berinvestasi deposito?


Jika iya, maka pastikan untuk memilih bank terpercaya yang sekaligus memberikan berbagai keuntungan. Adapun salah satu rekomendasi bank yang cocok bagi generasi milenial untuk mulai membuka tabungan adalah Bank Perekonomian Rakyat (BPR).

Di BPR, kamu bisa memilih produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhanmu, di antaranya tabungan dan deposito. Bahkan, saldo minimum yang ditawarkan oleh BPR relatif rendah, lho. Jadi, kamu yang memiliki budget pas-pasan bisa menggunakan produk tabungan dari BPR tanpa hambatan.


Nah, kalau tertarik menabung melalui deposito dari BPR, kamu bisa menggunakan DepositoBPR by Komunal. DepositoBPR by Komunal menjadi platform yang akan memudahkanmu untuk menemukan berbagai macam produk deposito dari ratusan bank BPR terpilih di Indonesia.


Dengan segala kemudahannya, DepositoBPR by Komunal tentu menjadi rekomendasi fasilitas untuk menabung bagi kaum milenial yang sedang meniti masa depan. Terlebih, DepositoBPR by Komunal juga menawarkan suku bunga hingga 6,75% p.a yang membuatmu #LebihUntung karena bisa mendapatkan #SimpananRasaInvestasi.


Jadi, tak perlu ragu untuk mengembangkan dana di DepositoBPR by Komunal, sebab, kami telah tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bahkan, dana yang kamu simpan pada BPR yang terdaftar di sini pun akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sampai dengan Rp2 miliar!


Tunggu apa lagi? Yuk, nikmati #SimpananRasaInvestasi dengan menabung di DepositoBPR by Komunal sekarang juga!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer