Apa itu Saving Deposit? Mengenal Pengertian dan Keuntungannya

blog

Apa itu Saving Deposit? Mengenal Pengertian dan Keuntungannya

DepositoBPR by Komunal

30 November 2023

Rekening tabungan atau saving deposit adalah salah satu layanan utama yang ditawarkan oleh bank ritel. Selain untuk menabung dan membantu menjaga likuiditas, saving deposit adalah layanan yang juga memiliki berbagai manfaat dan fitur yang dapat membantu nasabah dalam melakukan berbagai kegiatan finansial.

Bagaimana, penasaran dengan tabungan saving deposit? Mari pahami apa itu saving deposit selengkapnya dalam artikel berikut ini!


Apa itu Saving Deposit?


Saving deposit adalah salah satu jenis simpanan yang tersedia di bank dan termasuk jenis demand deposit yang dananya bisa dicairkan kapan pun, selama sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan.


Tabungan saving deposit dikenai bunga, namun umumnya berjumlah kecil. Bisa dibilang, saving deposit adalah instrumen utama yang dapat digunakan untuk menabung dan menghasilkan bunga yang menguntungkan.


Selain untuk menabung dan membantu menjaga likuiditas, saving deposit juga memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai kegiatan keuangan lainnya, seperti membayar tagihan, melakukan pembelian online, dan berinvestasi di pasar saham.


Keuntungan Saving Deposit


Adapun beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan sebagai pemilik rekening saving deposit adalah:


1. Pembayaran Bunga Setiap Bulan


Saving deposit adalah salah satu layanan yang menawarkan pembayaran pembayaran bunga bulanan pada rekening tabungan. Pembayaran bunga bulanan membantu dalam meningkatkan bunga berbunga (compound interest) atas saldo rekening saving deposit.


Dibandingkan dengan pembayaran bunga setiap tiga bulan, pembayaran bunga bulanan dapat menghasilkan pendapatan bunga jangka panjang yang lebih tinggi. Hal ini karena bunga yang diperoleh akan segera dihitung pada saldo rekening setelah pembayaran bunga bulanan dilakukan.


2. Tingkat Bunga yang Kompetitif


Rekening tabungan umumnya menawarkan tingkat bunga yang bersaing, biasanya berkisar antara 3% hingga 6% per tahun, tergantung pada persyaratan saldo minimum.


Dengan tingkat bunga yang kompetitif, dana yang disimpan dalam rekening saving deposit dapat tumbuh lebih cepat dari waktu ke waktu. Hal ini tentunya dapat membantu nasabah dalam melindungi nilai uang dari inflasi dan meningkatkan kekayaan secara keseluruhan.


3. Batas Penarikan yang Tinggi


Dengan batas penarikan yang lebih tinggi, pemilik rekening dapat mengakses dana yang disimpan dalam rekening saving deposit secara lebih mudah dan cepat. Selain itu, pemilik rekening juga dapat menabung lebih banyak dan memperoleh keuntungan dari dana yang disimpan dalam rekening saving deposit.



4. Asuransi dan Keamanan


Asuransi dan keamanan menyediakan perlindungan kepada pengembalian rata-rata keuangan yang diperoleh oleh pengguna rekening saving deposit. Jika terjadi kecelakaan, seperti kecelakaan diri, keberadaan asuransi dan keamanan dapat membantu meringankan beban biaya perawatan kesehatan dan pemulihan.


Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Saving Deposit


Sebagai nasabah, beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dulu dalam memilih saving deposit adalah:


  • Tingkat bunga: Pilihlah rekening tabungan dengan tingkat bunga yang kompetitif dan sesuai dengan kebutuhanmu.

  • Persyaratan saldo minimum: Pastikan kamu memahami persyaratan saldo minimum yang diperlukan untuk memperoleh manfaat penuh dari rekening tabungan.

  • Biaya dan keuntungan: Teliti biaya-biaya yang terkait dengan rekening tabungan dan pastikan bahwa manfaatnya sebanding.

  • Fasilitas ATM: Periksa batasan dan biaya penarikan ATM serta fitur keamanannya.

  • Fitur digital: Pastikan bank menyediakan platform perbankan digital yang efisien dan mudah digunakan.

Dapat disimpulkan, saving deposit adalah salah satu jenis simpanan yang memungkinkan nasabah untuk menyimpan uang dan mendapatkan bunga. Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan saving deposit?


Jika iya, maka pastikan untuk memilih bank terpercaya yang sekaligus memberikan berbagai keuntungan. Adapun salah satu rekomendasi bank yang cocok bagi generasi milenial untuk mulai membuka tabungan adalah Bank Perekonomian Rakyat (BPR).

Di BPR, kamu bisa memilih produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhanmu, di antaranya tabungan dan deposito. Bahkan, saldo minimum yang ditawarkan oleh BPR relatif rendah, lho. Jadi, kamu yang memiliki budget pas-pasan bisa menggunakan produk tabungan dari BPR tanpa hambatan.


Nah, kalau tertarik menabung melalui deposito dari BPR, kamu bisa menggunakan DepositoBPR by Komunal. DepositoBPR by Komunal menjadi platform yang akan memudahkanmu untuk menemukan berbagai macam produk deposito dari ratusan bank BPR terpilih di Indonesia.


Dengan segala kemudahannya, DepositoBPR by Komunal tentu menjadi rekomendasi bank untuk menabung bagi kaum milenial yang sedang meniti masa depan. Terlebih, DepositoBPR by Komunal juga menawarkan suku bunga hingga 6,75% p.a yang membuatmu #LebihUntung karena bisa mendapatkan #SimpananRasaInvestasi.


Jadi, tak perlu ragu untuk menabung di DepositoBPR by Komunal, sebab, kami telah tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Bahkan, dana yang kamu simpan melalui deposito BPR yang terdaftar di DepositoBPR by Komunal akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sampai dengan Rp2 miliar!


Tunggu apa lagi? Yuk, nikmati #SimpananRasaInvestasi dengan menabung di DepositoBPR by Komunal sekarang juga!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer