Pialang: Pengertian, Tugas, Cara Kerja, dan Jenisnya

blog

Pialang: Pengertian, Tugas, Cara Kerja, dan Jenisnya

DepositoBPR by Komunal

03 Juli 2024

Pialang adalah seseorang atau badan yang bertugas untuk menghubungkan investor dan emiten atau penjual efek di pasar modal. Dalam dunia investasi, pialang juga sering disebut sebagai broker. Dengan bantuan pialang, investor dapat mengoptimalkan peluang keuntungannya.

Bagi pemula, peran pialang sangat membantu proses investasi, utamanya memilih jenis instrumen yang tepat dan sesuai dengan profil risiko. Jika ingin tahu lebih banyak tentang peran pialang dalam dunia investasi, cek dulu informasi selengkapnya di bawah ini.


Apa itu Pialang?


Pialang adalah individu atau perusahaan yang bertugas untuk membantu proses transaksi investor. Di sini, investor berperan sebagai klien yang menggunakan jasa pialang atau broker. Biasanya, pialang dibutuhkan dalam investasi atau jual beli saham di pasar modal. Akan tetapi, kebutuhan investasi untuk instrumen lainnya juga dapat dibantu dengan pialang.


Hal utama yang dilakukan pialang adalah memastikan investor mendapatkan keuntungan secara optimal dari kegiatan investasi. Maka dari itu, pialang biasanya memberikan rekomendasi berdasarkan analisis pasar untuk investor.


Atas jasanya, pialang mendapatkan komisi dari proses jual beli saham atau instrumen investasi lainnya. Biasanya, komisi pembelian berkisar antara 0,1% sampai 0,3% dari total harga. Adapun komisi penjualan dihargai sekitar 0,2% hingga 0,4%.


Pekerjaan sebagai pialang perlu dipertanggungjawabkan demi keamanan dan kepentingan investor. Di Indonesia, kerja pialang diawasi oleh Badan Pengawas Berjangka Komoditi (Bappebti) yang bertanggung jawab kepada Menteri Perdagangan.


Untuk menjadi pialang, seseorang harus mengantongi bukti atau tanda kelulusan ujian Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE). Tidak hanya itu, ia juga harus mendapatkan sertifikasi Certified Financial Analyst (CFA) agar dapat menjadi nilai tambah di antara pialang atau broker lainnya.


Tugas Pialang


Secara singkat, tugas utama pialang adalah membantu klien investor untuk memastikan aktivitas investasinya berjalan dengan lancar dan sesuai target. Jika dijabarkan, tugas pialang meliputi hal-hal berikut:


  • Melakukan analisis pasar modal.

  • Menyampaikan informasi sesuai kondisi pasar.

  • Membantu investor menentukan strategi investasi yang tepat.

  • Merekomendasikan instrumen investasi yang paling menguntungkan.

  • Melakukan transaksi jual beli instrumen investasi atas nama investor.

Cara Kerja Pialang


Setelah memahami pengertian pialang dan tugasnya, kamu perlu tahu cara kerjanya. Sederhananya, prosedur kerja pialang adalah sebagai berikut:


  1. 1.

    Investor menggunakan jasa pialang untuk melakukan transaksi jual beli instrumen.


  1. 2.

    Pialang memberikan informasi, rekomendasi, analisis, dan hal-hal lainnya kepada investor.


  1. 3.

    Pialang mendapatkan respons dari investor dan menjalankan hal yang diminta investor sesuai dengan instruksi dan etika bursa.


  1. 4.

    Setelah transaksi selesai, pialang mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh investor.



Jenis Pialang


Ketika membahas peran pialang dalam dunia investasi, terdapat beberapa pengelompokkan untuk membedakan masing-masing jenisnya, seperti:


Berdasarkan Layanan


Jika dilihat dari layanannya, berikut adalah jenis-jenis pialang yang perlu dicatat bagi investor dengan kebutuhan jual beli instrumen investasi di pasar modal:


1. Full Service Broker


Memberikan informasi, analisis, laporan, dan instruksi secara penuh dengan komisi tinggi. Cocok bagi investor yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk melakukan analisis pasar sendiri.


2. Discount Broker


Membantu proses jual beli instrumen investasi atas arahan dari investor, melakukan analisis, memberikan rekomendasi, dan mendapatkan informasi terbaru terkait kondisi di pasar modal. Biasanya jasa ini digunakan oleh investor yang memiliki basic knowledge tentang efek dan analisis pasar.


3. Deep Discount Broker


Berbeda dengan discount broker, layanan yang ditawarkan oleh deep discount broker lebih sederhana. Deep discount broker adalah jenis pialang yang hanya melaksanakan transaksi jual beli sesuai dengan instruksi dan membantu pemeliharaan rekening investor.


4. Online Broker


Era digital semakin memudahkan interaksi sosial dan transaksi memunculkan jenis pialang atau broker baru, yaitu yang beroperasi secara online. Investor yang memanfaatkan jasa jenis pialang ini tidak perlu bertatap muka langsung untuk menggunakan jasanya. Pelayanan online memudahkan proses penyampaian informasi hingga pelaksanaan jual beli instrumen investasi kapan saja dan di mana saja.


Berdasarkan Klien


Terdapat dua jenis pialang yang dibedakan dari kliennya, yaitu retail dan institutional. Pialang untuk kebutuhan retail biasanya memiliki klien investor perorangan. Di sisi lain, pialang yang fokus pada kebutuhan institutional menangani institusi besar, seperti bank. Meskipun klien yang ditangani lebih besar, transaksi investasi institusi biasanya memberikan komisi dalam jumlah sedikit.



Berdasarkan Jenis Komoditas


Dalam dunia investasi, pialang adalah pihak yang membantu investor menentukan langkahnya dalam melakukan jual beli di pasar modal. Adapun aset yang diperjualbelikan tidak hanya terbatas pada saham.


Maka dari itu, jenis pialang dibedakan berdasarkan komoditasnya. Berikut adalah masing-masing penjelasan singkatnya:


1. Pialang Saham


Bagi non investor, pialang dikenal sebagai pihak yang membantu melancarkan transaksi jual beli saham. Meskipun pialang adalah peran yang mencakup kebutuhan investasi lebih luas, saham menjadi sesuatu paling populer dalam daftar ini.


Palang jual beli saham bertugas untuk memastikan transaksi jual beli berjalan dengan lancar. Untuk itu, ia pun perlu memantau bursa efek maupun pasar modal agar tidak melewatkan kesempatan untuk secara maksimal.


2. Pialang Reksa Dana


Pialang untuk jenis instrumen reksa dana biasanya disebut sebagai manajer investasi. Biasanya, investor menyerahkan sejumlah dana untuk digunakan membeli instrumen investasi oleh pialang reksa dana. Adapun beberapa pilihan instrumen investasi yang bisa dipilih oleh investor sebagai klien pialang adalah saham, reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, dan campuran.


3. Pialang Valas


Valas atau mata uang asing juga menjadi salah satu investasi yang dilirik oleh para investor. Agar tidak rugi, investor yang sibuk atau pemula biasanya menggunakan jasa pialang valas untuk mendapatkan keuntungan secara optimal. Namun, perlu dicatat bahwa pialang valas di Indonesia cukup eksklusif dan hanya disediakan oleh lembaga tertentu.


4. Pialang Obligasi


Bagi investor yang membutuhkan rekomendasi untuk membeli surat berharga, pialang obligasi bisa menjadi solusi yang dicari. Pialang obligasi membantu investor memastikan transaksi terkait jual beli surat berharga.


5. Pialang Asuransi


Broker atau pialang asuransi membantu menjelaskan informasi seputar produk asuransi kepada klien. Tidak hanya itu, pialang adalah sosok yang membantu penyusunan asuransi dengan penggunaan diskon khusus agar klien mendapatkan manfaat secara optimal.


6. Pialang Properti


Aset seperti rumah, apartemen, ruko, dan gedung adalah hal-hal yang ditangani oleh pialang properti. Apabila sukses diperjualbelikan, pialang properti akan mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Itulah pembahasan seputar pialang yang memegang peran penting dalam memastikan jalannya aktivitas investasi di pasar modal. Investor yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk menyusun strategi sesuai dengan kondisi pasar dapat menggunakan jasanya.


Perlu dicatat bahwa investasi di bursa efek cukup berisiko. Jika kamu ingin mencoba investasi yang berisiko rendah, deposito di DepositoBPR by Komunal bisa menjadi pilihan. Dengan bunga hingga 6,75% p.a., kamu bisa #LebihUntung daripada investasi deposito di bank lainnya. Tidak hanya itu, deposito di BPR #LebihAman karena seluruh penempatannya dijamin oleh LPS hingga Rp2 miliar per nasabah per bank.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan dapat untung lebih. Yuk, rasakan #SimpananRasaInvestasi di DepositoBPR by Komunal sekarang!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer