Jika Deposito 50 Juta Dapat Bunga Berapa? Ini Perhitungannya

blog

Jika Deposito 50 Juta Dapat Bunga Berapa? Ini Perhitungannya

DepositoBPR by Komunal

26 Juni 2024

Selain masa tenor, mempertimbangkan suku bunga adalah faktor yang penting karena bisa menentukan jumlah keuntungan yang diperoleh deposan. Misalkan, saat deposan melakukan deposito 1 milyar atau deposito 50 juta dapat bunga berapa di BPR ketika masa pencairan nanti.

Perhitungan deposito tersebut sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri oleh deposan. Hal ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan karena nasabah dapat melakukannya dengan contoh simulasi. Nah, simak artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan jawaban kira-kira jika deposito 50 juta dapat bunga berapa dan cara perhitungannya.


Besaran Suku Bunga Deposito BPR


Sebelum mengetahui lebih lanjut terkait perhitungan deposito 50 juta dapat bunga berapa, kamu perlu memahami terlebih dahulu pengertian deposito secara umum.


Deposito adalah jenis instrumen investasi berupa simpanan uang di bank di mana pencairannya berdasarkan ketentuan jangka waktu yang sebelumnya telah disepakati. Deposito menawarkan keuntungan yang banyak sekali jika dibandingkan dengan tabungan biasa, yakni besaran suku bunga yang bersaing dan jumlah keuntungan akhir yang lebih besar.

Selain itu, melakukan investasi deposito di bank bisa membantu kamu mengelola uang dengan lebih mudah. Bentuk investasi ini pun cocok bagi kamu yang ingin menyimpan uang sekaligus mengembangkannya untuk kebutuhan masa depan, seperti dana pendidikan anak.

BPR (Bank Perekonomian Rakyat) adalah bank yang menyediakan berbagai produk keuangan, salah satunya deposito BPR. Produk deposito yang ditawarkan BPR memiliki suku bunga yang relatif lebih tinggi daripada di bank pada umumnya.

Hal ini karena dana di BPR nantinya akan disalurkan ke UKM (Usaha Kecil Menengah) sehingga tanggungan risiko kredit yang diperlukan lebih tinggi. Oleh karena itu, penetapan besaran suku bunga di BPR harus lebih tinggi untuk menjaga stabilitas keuangan.


Masa tenor yang disediakan oleh BPR untuk investasi deposito adalah 1 hingga 12 bulan. Sementara itu, tingkat suku bunga deposito adalah sebesar 6,75% p.a dan sudah dijamin oleh LPS. Dengan besaran bunga deposito tersebut, kamu akan mendapatkan keuntungan akhir yang lebih besar.


Investasi deposito di BPR memiliki jaminan keamanan karena platform Komunal yang menghubungkan mitra BPR dengan deposan telah mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK. Di samping itu, transaksi yang dilakukan juga didukung oleh kecanggihan fintech (teknologi keuangan) tepercaya sehingga lebih mudah dan transparan.


Rumus Perhitungan Bunga Deposito


Apabila kamu ingin menghitung deposito 50 juta dapat bunga berapa, maka kamu harus mengetahui rumus perhitungannya terlebih dahulu. Perhitungan terhadap bunga deposito dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keuntungan yang akan diperoleh.


Kamu bisa mempraktikkan cara menghitung bunga deposito 50 juta dengan rumus yang sangat sederhana. Adapun rumus-rumus perhitungan deposito adalah sebagai berikut.


Total Bunga Deposito = Dana Investasi x (Suku Bunga per tahun / 12 bulan) x Masa Tenor


Total Pajak = Bunga Deposito x Nilai Pajak Deposito


Total Bunga Deposito Akhir = Jumlah Bunga Deposito - Total Pajak


Jika nominal uang deposito adalah > Rp7.500.000, maka nilai pajak deposito yang dikenakan adalah 20%. Sementara itu, apabila nominal uangnya < Rp7.500.000, maka tidak akan dikenakan pajak deposito.


Cara Menghitung Bunga Deposito 50 Juta


Setelah mengetahui rumus perhitungannya, kamu bisa mulai menghitung jika deposito 50 juta dapat bunga berapa di BPR. Cara menghitung bunga deposito 50 juta ini mudah dilakukan, kamu hanya tinggal memasukkan rumus-rumus dan angka-angkanya saja.


Adapun cara menghitung jika deposito 50 juta dapat bunga berapa adalah sebagai berikut.



Pada tabel perhitungan di atas, kamu dapat melihat jika deposito 50 juta dapat bunga berapa berdasarkan masing-masing tenor deposito yang dipilih. Perhitungan ini penting dilakukan agar kamu lebih paham mengenai tingkatan suku bunga yang ditawarkan sebelum akhirnya memutuskan berdeposito di bank.

Pesta Deposito Berhadiah di DepositoBPR by Komunal


Tahukah kamu, sekarang Digital Lounge DepositoBPR by Komunal hadir di Tangerang, lho! Kamu bisa menikmati acara pesta deposito berhadiah mulai 24-30 Juni 2024 di Summarecon Mall Serpong 2, Lantai GF (Depan Optik Tunggal).


Di sana, kamu bisa mendapatkan kesempatan cashback melimpah hingga Rp750.000 dan berbagai hadiah menarik lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ke Summarecon Mall Serpong sekarang dan jangan sampai ketinggalan dengan #PilihYangTepat hanya di DepositoBPR by Komunal. Untuk melihat promo boothnya lebih lengkap, kamu bisa klik link berikut ini, ya!


Nah, itulah penjelasan mengenai jika deposito 50 juta dapat bunga berapa beserta rumus dan cara hitungnya yang mudah dilakukan. Melalui perhitungan tersebut, kamu menjadi lebih tahu berapa jumlah keuntungan yang akan didapatkan nantinya.


Apabila kamu ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi, DepositoBPR by Komunal bisa menjadi pilihan yang cocok. Di DepositoBPR by Komunal, bunga yang akan diperoleh lebih besar jika dibanding dengan bank digital lainnya. Hal ini karena suku bunga yang ditawarkan memang relatif besar dan sangat kompetitif.

Kamu tidak perlu khawatir karena status DepositoBPR by Komunal saat ini telah dijamin oleh LPS. Jadi, melakukan investasi di sana terjamin keamanannya. Yuk, #PilihYangTepat sekarang dan rencanakan keuanganmu di masa depan di DepositoBPR by Komunal!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer