8 Peranan Penting Laporan Arus Kas dalam Perusahaan & Bisnis

blog

8 Peranan Penting Laporan Arus Kas dalam Perusahaan & Bisnis

DepositoBPR by Komunal

15 Desember 2023

Siapa di antara kamu yang sedang membuka usaha? Buat kamu yang memiliki usaha, penting untuk tahu apa saja peranan kas dalam perusahaan. Sebab, laporan arus kas adalah aspek yang cukup krusial pada proses pengelolaan keuangan usaha secara efisien.


Jadi, hal ini akan membantu kamu buat mengatur keuangan perusahaan dengan lebih transparan. Selain itu, laporan arus kas juga akan mempermudah proses pengambilan keputusan di perusahaan.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak uraian tentang fungsi laporan arus kas bagi perusahaan yang harus kamu ketahui di bawah ini!


8 Pentingnya Laporan Arus Kas bagi Perusahaan


Laporan arus kas dapat diartikan sebagai catatan keuangan yang menyajikan segala informasi mengenai aliran masuk dan keluar uang tunai dari berbagai aktivitas perusahaan selama periode waktu tertentu.


Laporan arus kas memberikan gambaran tentang sumber-sumber keuangan perusahaan serta penggunaan uang tersebut. Nah, bagi perusahaan, adanya laporan arus kas adalah suatu keharusan, lho. Setidaknya, ada 8 peranan kas dalam perusahaan, antara lain yaitu:


1. Mengidentifikasi Kemampuan Perusahaan dari Segala Aspek


Kamu pasti tahu kalau perusahaan punya beberapa kewajiban yang harus ditunaikan, entah buat karyawan, emiten atau pemegang saham, dan lain sebagainya. Maka dari itu, peranan kas dalam perusahaan adalah membantu mengidentifikasi kemampuan usaha dari segala aspek, seperti pemberian gaji, pembayaran dividen, hingga bidang operasional.


Sehingga, kalau diketahui bahwa perusahaan tidak memiliki kas yang mencukupi, maka pembayaran gaji dan dividen, hingga pembiayaan operasional pun tidak dapat dilakukan.


Selain itu, peranan kas dalam perusahaan juga dapat membantu memprediksi waktu, jumlah, dan ketidakpastian keuangan di masa depan. Perusahaan pun bisa melakukan langkah pencegahan agar bisnis dapat tetap berjalan dengan lancar.


2. Transparansi Cash Flow


Perlu kamu tahu, laporan arus kas berisi informasi tentang catatan keuangan perusahaan, mulai dari pemasukan hingga pengeluaran. Oleh karena itu, salah satu peranan kas dalam perusahaan adalah mengetahui cash flow secara transparan.

Adanya laporan arus kas bisa membantu perusahaan untuk tahu semua kegiatan pembiayaan, mencakup investasi, pelunasan pinjaman, dan distribusi keuangan.


Selain itu, perusahaan pun bisa memahami kenapa, sih, sebuah aktiva bisa bertambah atau berkurang dalam satu periodenya. Alhasil, apabila ada pemasukan atau pengeluaran yang sekiranya mencurigakan atau menyimpang, perusahaan bisa segera mengetahuinya.



3. Mengetahui Besaran Laba Bersih


Tahukah kamu apa itu laba bersih? Kalau kamu anak akuntansi atau sudah berpengalaman menjalankan suatu bisnis, istilah ini pasti sudah nggak asing. Laba bersih adalah besaran keuntungan yang didapat perusahaan dari perhitungan terhadap selisih pendapatan dengan biaya setelah dikurangi pajak.


Peranan kas dalam perusahaan selanjutnya adalah mengetahui berapa besaran laba bersih yang dimiliki. Sebenarnya, laporan arus kas tidak secara langsung memberitahu berapa besaran laba bersih yang didapat perusahaan.


Tapi, dari berbagai informasi arus kas yang telah dicatat, perusahaan dapat melakukan perhitungan untuk mengetahui berapa besaran laba bersihnya.


4. Memantau Kondisi Keuangan Bisnis


Peranan kas dalam perusahaan tentunya juga dapat membantu memantau kondisi keuangan bisnisnya. Kenapa bisa begitu?


Hal ini karena melalui laporan arus kas, akan diketahui berapa besaran keuangan yang dimiliki, sudah tepat waktukah pembayaran utang, serta apakah pembiayaan operasional telah dipenuhi dengan baik.


5. Manajemen Utang


Sebetulnya, perusahaan yang berhutang untuk perkembangan bisnisnya adalah hal wajar dan biasa dilakukan. Tapi, tentunya diperlukan manajemen utang yang baik biar nggak menumpuk dan dapat segera dilunasi.


Perusahaan yang memiliki laporan arus kas akan dapat mengetahui untuk apa saja pengeluaran dana dari pinjaman tersebut dilakukan. Alhasil, salah satu fungsi laporan arus kas adalah membuat perusahaan dapat mengatur pengeluaran dana dari utang dengan lebih baik.


6. Berperan pada Peningkatan KPI


Pernahkah kamu mendengar istilah KPI? Yup, ini biasanya dijadikan tolok ukur buat tahu apakah suatu target sudah terpenuhi atau belum.


Buat yang belum tahu, key Performance Indicator atau KPI adalah set ukuran kuantitatif yang berfungsi untuk mengukur kinerja agar tujuan operasional dan strategis bisnis tercapai.


Salah satu peranan kas dalam perusahaan adalah dapat memberikan nilai KPI yang cenderung tinggi. Sebab, perusahaan dengan laporan arus kas positif berarti memiliki manajemen keuangan yang baik.


Alhasil, nilai KPI yang diraih pun menjadi lebih tinggi dan menandakan bahwa bisnis tengah berkembang ke arah positif.



7. Membantu Pengambilan Keputusan


Bisnis nggak jauh-jauh dari yang namanya proses pengambilan keputusan buat keberlangsungan perusahaan ke depannya. Nah, peranan kas dalam perusahaan selanjutnya adalah menjadi salah satu dasar pertimbangan untuk pengambilan keputusan yang berhubungan dengan perkembangan bisnis.


Misalnya, dengan mempertimbangkan jumlah kas yang dimiliki, dapat diputuskan apakah perusahaan mampu melakukan ekspansi bisnis lebih luas lagi atau tidak. Selain itu, dari laporan arus kas tersebut, perusahaan bisa melakukan evaluasi apakah bisnis dapat dijalankan dengan cara lama atau diperlukan perubahan agar terjadi perkembangan yang signifikan.


8. Mengetahui Perkembangan Bisnis


Peranan kas dalam perusahaan yang terakhir adalah membantu mengamati dan mengetahui perkembangan bisnis.


Sebab, dengan laporan arus kas, perusahaan dapat mengetahui sudah sejauh mana pertumbuhan keuangan bisnis yang selama ini telah dicapai, apakah arahnya positif atau justru negatif.


Nah, itu dia uraian lengkap mengenai pentingnya laporan arus kas bagi perusahaan untuk perkembangan bisnis. Dari penjelasan di atas, dapat kamu ketahui kalau peranan kas dalam perusahaan sangat besar untuk perkembangan bisnis agar pengelolaan keuangan menjadi makin efisien.


Kalau usahamu sudah melakukan manajemen arus kas yang tepat dan masih memiliki suplus, kamu juga bisa menyimpan dananya di instrumen investasi supaya mendapatkan keuntungan lebih besar.


Untuk itu, menyimpan uang di DepositoBPR by Komunal bisa jadi jawabannya!


Yup, menyimpan uang di sini tidak memerlukan keahlian investasi apa pun. Jadi kalaupun kamu tidak punya pengalaman dalam berinvestasi, tak perlu khawatir akan mendapat rugi.


Sebab, dengan menyimpan uang di DepositoBPR by Komunal, kamu akan mendapat imbal hasil hingga sebesar 6.75% p.a. Bahkan, keuntungan dari DepositoBPR by Komunal ini bisa kamu dapatkan tanpa perlu memantau grafik harian 24/7, lho! Sangat mudah dan praktis, bukan?


Tunggu apalagi? Yuk, segera rasakan #SimpananRasaInvestasi bersama DepositoBPR by Komunal!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer