Peluang Investasi yang Aman dan Rendah Risiko Bagi Pemula

blog

Peluang Investasi yang Aman dan Rendah Risiko Bagi Pemula

DepositoBPR by Komunal

01 November 2022

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi investor dan menemukan peluang investasi terbaik Anda. Ketika mencari pilihan investasi yang stabil, Deposito menjadi pilihan yang paling dapat diandalkan di pasar investasi saat ini.


Deposito merupakan salah satu produk perbankan berupa tabungan dalam jangka waktu tertentu. Deposito menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Semakin besar nominal dan semakin lama jangka waktu (tenor) yang dipilih, maka semakin besar pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan.


Sebelum mengetahui peluang investasi terbaik di tahun 2024 ini, mari simak penjelasan berikut ini mengenai pentingnya investasi dan tujuannya.


Mengapa Investasi Itu Penting?


Menyimpan uang itu penting, namun menabung yang cerdas dimulai dengan menyiapkan dana darurat melalui tabungan atau instrumen investasi di rekening pasar uang.


Mencari peluang investasi di pasar keuangan yang menawarkan banyak keuntungan potensial menjadi hal yang cukup penting. Simak 3 alasan mengapa investasi itu penting khususnya untuk para milenial.


1. Pengembalian Investasi Lebih Tinggi


Menginvestasikan dana dalam suatu aset melibatkan trade off karena investor mengorbankan kegunaan menggunakan dana untuk investasinya di masa sekarang untuk beberapa utilitas yang lebih tinggi di masa depan.


2. Persiapan Masa Pensiun


Mayoritas orang berinvestasi untuk tujuan pensiun. Karena kebanyakan orang mengandalkan pendapatan gaji mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka, menjadi sulit untuk mempertahankan gaya hidup mereka setelah pensiun ketika seseorang tidak memiliki pekerjaan.


3. Mengatasi Inflasi


Investasi juga penting untuk melawan inflasi. Jika Anda tidak memilih peluang investasi yang tepat dan hanya menyimpannya di rekening tabungan Anda, daya beli uang akan menurun karena inflasi akan menggerogoti nilai uang Anda.


Untuk memahami pentingnya investasi, kita bisa membayangkan kehidupan dimasa yang akan datang. Singkatnya, kita dapat mempersiapkan kebutuhan masa depan kita dengan memanfaatkan dana kita hari ini melalui berbagai peluang investasi untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang.



Apa Tujuan Investasi?


Tujuan berinvestasi umumnya berkaitan dengan masa depan, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebagai tujuan investasi Anda sebelum menetapkan peluang investasi yang akan diambil.


  1. 1.

    Membeli rumah


  1. 2.

    Biaya anak


  1. 3.

    Dana pensiun


  1. 4.

    Membesarkan keluarga Anda


  1. 5.

    Menikah


  1. 6.

    Perubahan karir


  1. 7.

    Memulai sebuah bisnis


  1. 8.

    Jeda karir.


Tujuan Investasi bergantung pada sejumlah faktor yang mungkin mencakup usia, pendapatan, dan profil risiko yang dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan peluang investasi yang tepat. Usia dapat dibagi lagi menjadi tiga kategori berikut:


  1. 1.

    Muda dan memulai karir


  1. 2.

    Setengah baya dan membangun keluarga


  1. 3.

    Usia pensiun dan mandiri


Setiap orang membutuhkan alasan dan tujuan untuk berinvestasi, tetapi hal tersebut kembali lagi kepada Anda sebagai investor.


Sebagai permulaan, bagaimana Anda bisa tahu apakah suatu dana 'cocok' atau tidak jika Anda tidak memiliki gagasan yang jelas untuk apa dana itu diperlukan?


Sayangnya masih banyak investor pemula yang gagal menyadari bahwa mengetahui tujuan Anda sangat penting jika ingin menemukan peluang investasi terbaik.


Jika tujuan Anda adalah menyekolahkan anak ke perguruan tinggi, membeli rumah, memulai bisnis, atau menabung untuk masa pensiun, investasi dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut lebih cepat daripada mengumpulkan uang di rekening bank. Dengan berinvestasi, Anda dapat membangun kekayaan, yaitu peningkatan nilai semua aset Anda.



Keuntungan Berinvestasi Melalui Deposito


Sejak munculnya pandemi Covid-19, ekonomi di seluruh dunia menjadi tidak stabil dan menunjukkan penurunan yang tidak menguntungkan untuk opsi investasi yang bergantung pada pasar seperti saham dan Reksa Dana.


Namun, deposito adalah investasi yang memberikan pengembalian yang stabil kepada investor. Hal ini membuat deposito menjadi peluang investasi yang bagus.


Deposito menawarkan berbagai keuntungan bagi nasabah yang ingin menabung sekaligus berinvestasi. Manfaat deposito bersifat jangka panjang, artinya hanya dapat dinikmati setelah menyimpan dana dalam jangka waktu tertentu.


Perlu dipahami bahwa investasi juga merupakan rencana keuangan jangka panjang, sehingga deposito memiliki cara kerja yang sama dengan investasi.


Apa saja keuntungan dan kelebihan deposito yang bisa didapatkan?


1. Suku Bunga Kompetitif


Orang lebih memilih deposito berjangka daripada tabungan biasa karena tingkat bunganya jauh lebih tinggi.


Besarnya bunga yang diberikan tergantung dari jangka waktu penyimpanan yang dipilih.


Melalui DepositoBPR by KomunalAnda bisa mendapatkan bunga hingga 6,25% dengan jangka waktu 1, 3, 6, 12 hingga 24 bulan.


2. Peluang Investasi yang Menguntungkan dan Aman


Saat ini banyak sekali instrumen investasiyang menggiurkan keuntungannya, namun keamanannya tidak terjamin.

DepositoBPR by Komunal merupakan salah satu Platform investasi berbasis digital yang paling aman karena dijamin oleh LPS.


LPS menjamin dana simpanan sampai dengan Rp 2 miliar dan tingkat bunga sampai dengan 6,25%. Kehadiran lembaga ini akan membuat uang yang Anda simpan lebih aman.


3. Risiko Investasi Lebih Kecil


Deposito tidak mengenali fluktuasi pasar dan perubahan harga, sehingga tidak terlalu berisiko dibandingkan saham atau instrumen investasi lainnya.


Bank yang terdaftar di LPS mampu menjaga simpanan Anda dengan baik dan aman sehingga terlindungi dari penyalahgunaan dan pihak yang tidak bertanggung jawab.



Rasakan semua keuntungan deposito di atas dan temukan peluang investasi terbaik Anda sekarang juga dengan membuka rekening deposito melalui DepositoBPR by Komunal. Capai tujuan finansial Anda dan nikmati berbagai keuntungan deposito bersama DepositoBPR by Komunal.







share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer