7 Investasi Modal Kecil Untung Besar, Cocok untuk Pemula!

blog

7 Investasi Modal Kecil Untung Besar, Cocok untuk Pemula!

DepositoBPR by Komunal

11 Desember 2023

Siapa bilang kalau investasi selalu membutuhkan modal besar? Nyatanya, ada banyak pilihan investasi modal kecil, sehingga cocok buat kamu atau siapapun yang ingin mulai mengusahakan financial freedom di masa tua nanti.

Artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi investasi yang menguntungkan dengan modal kecil. Dengan rekomendasi investasi modal kecil ini, kamu dapat memulai perjalanan investasi dan mengatur keuangan dengan langkah yang lebih bijak dan terukur. Yuk, simak!


Rekomendasi Investasi Modal Kecil


Investasi modal kecil bukan berarti potensi keuntungannya akan kecil pula. Di bawah ini adalah beberapa investasi dengan modal kecil yang memiliki potensi keuntungan menjanjikan, terutama apabila dipegang dalam jangka panjang.


1. Deposito


Deposito adalah bentuk investasi yang melibatkan penempatan dana pada bank dengan jangka waktu tertentu dan suku bunga tetap. Meskipun imbal hasilnya cenderung lebih rendah dibandingkan opsi lain, investasi modal kecil ini cocok untuk mereka yang mengutamakan keamanan dan ketersediaan dana dalam jangka pendek.


Dengan membuka deposito, kamu dapat memulai investasi yang memiliki jaminan keamanan dari lembaga perbankan dengan jangka waktu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan toleransi risiko.


2. Reksa Dana


Reksa dana adalah salah satu pilihan investasi modal kecil yang paling banyak direkomendasikan. Dalam reksa dana, dana dari banyak investor akan digabung dan dikelola oleh manajer investasi profesional.


Adapun keuntungan utama dari berinvestasi dalam reksa dana adalah diversifikasi yang baik, sehingga risiko investasi dapat diminimalkan. Selain itu, kamu juga dapat mulai berinvestasi dengan modal terjangkau. Diketahui, beberapa sekuritas bahkan ada yang menawarkan investasi reksa dana dengan modal mulai dari Rp10.000 saja.


Lebih lanjut, reksa dana juga cocok untuk investor pemula, karena investasi modal kecil ini sudah dikelola oleh manajer investasi, sehingga investor tidak memerlukan pemahaman mendalam tentang pasar modal.


3. Saham


Meskipun sering dianggap sebagai investasi untuk para profesional, namun dengan pengetahuan yang cukup, siapa pun dapat memulai berinvestasi dalam saham dengan modal kecil.


Cara berinvestasi dengan modal kecil ini dapat diwujudkan melalui program perencanaan yang tepat, di mana kamu dapat membeli saham secara berkala dengan jumlah tertentu.


Apalagi sekarang, sudah banyak sekuritas atau platform perdagangan saham online yang menawarkan kemudahan untuk memulai investasi saham dengan modal terjangkau, mulai dari Rp100.000.


Sebelum berinvestasi, pastikan untuk melakukan riset tentang perusahaan yang akan kamu beli sahamnya dan pertimbangkan untuk memulai dengan saham blue-chip yang stabil.


4. Obligasi


Investasi dalam obligasi dapat menjadi pilihan yang lebih aman, terutama bagi mereka yang mencari pendapatan tetap. Pasalnya, obligasi biasanya memberikan pembayaran bunga secara teratur dan mengembalikan modal pada jatuh tempo.


Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah untuk mendapatkan dana. Kamu bisa memulai investasi modal kecil ini dengan membeli obligasi ritel yang biasanya memiliki nominal yang lebih rendah.



5. Emas


Berinvestasi dalam emas dapat menjadi cara yang efektif untuk melindungi nilai modal. Kamu dapat memulai investasi modal kecil ini dengan membeli emas fisik dalam bentuk perhiasan atau koin. Selain itu, kamu juga bisa memulainya melalui investasi dalam instrumen keuangan yang terkait dengan harga emas, seperti obligasi emas.


Emas merupakan instrumen investasi yang nilainya cenderung stabil dalam jangka panjang dan dapat menjadi lindung nilai terhadap inflasi. Di samping itu, emas juga memiliki likuiditas yang tinggi, sehingga dapat memudahkanmu untuk menjualnya sewaktu-waktu, apabila dibutuhkan.


6. Peer to Peer Lending


Peer to Peer (P2P) lending adalah salah satu jenis investasi, di mana individu dapat memberikan pinjaman kepada individu lain atau usaha kecil melalui platformonline. P2P lending termasuk investasi modal kecil karena investor dapat memilih proyek atau peminjam yang ingin mereka dukung.


Akan tetapi, sebelum terjun ke P2P lending, pahami apa saja risiko yang terlibat, terutama risiko kredit. Selain itu, pastikan juga untuk memilih platform yang terpercaya dan memiliki strategi diversifikasi yang baik.


7. Equity Crowdfunding


Equity crowdfunding memungkinkan investor dengan modal kecil untuk berinvestasi dalam bisnis startup atau proyek tertentu. Melalui platform crowdfunding, seorang investor dapat menjadi pemegang saham kecil dari sebuah perusahaan.


Namun, perlu diingat bahwa equity crowdfunding adalah investasi dengan risiko yang cukup tinggi. Oleh karenanya, apabila tertarik dengan investasi modal kecil ini, pastikan untuk melakukan riset yang cermat dan memahami prospek bisnis startup itu sendiri.


Bagaimana, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai investasi modal kecil, seperti yang telah dijelaskan di atas? Perlu diingat, setiap instrumen investasi memiliki potensi keuntungan dan risikonya masing-masing.


Nah, untuk mengurangi potensi kerugian tersebut, kamu bisa melakukan mitigasi risiko investasi melalui DepositoBPR by Komunal. DepositoBPR by Komunal sendiri merupakan aplikasi yang menjembatani nasabah dengan produk deposito dari BPR.

Kamu juga tak perlu khawatir, karena seluruh BPR yang terdaftar di DepositoBPR by Komunal sudah mendapatkan penjaminan dari LPS hingga Rp2 miliar per nasabah per akun bank. Dengan begitu, danamu akan #LebihAman.


Selain itu, dengan DepositoBPR by Komunal, kamu juga bisa melakukan transaksi deposito BPR secara digital, bahkan hanya dengan sentuhan jari saja! Jadi #LebihPraktis, bukan?


Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kembangkan danamu dan nikmati #SimpananRasaInvestasi bersama DepositoBPR by Komunal sekarang juga!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer