blog
Ketahui Mitigasi Resiko pada Investasi DepositoBPR By Komunal
Bhaskara Chandra Prasetya
31 Agustus 2022
Ketahui Mitigasi Resiko pada Investasi DepositoBPR By Komunal

Saat ini, antusias masyarakat terhadap produk keuangan menjadi sangat tinggi, ditambah lagi beragam jenis produk keuangan yang menawarkan keuntungan untuk penggunanya. Namun, sebagai seorang investor pemula, perlu dipahami bahwa seluruh investasi memiliki keuntungan dan risiko masing-masing. Dalam artikel Sikapiuangmu yang ditulis oleh OJK menjelaskan bahwa saat ini banyak investor yang hanya memperhatikan imbal hasilnya saja, tapi melupakan risiko dari investasi tersebut. Itulah mengapa, penting bagi kita untuk melakukan mitigasi resiko sebelum melakukan investasi.


Seperti yang sudah dijelaskan, seluruh investasi tentunya memiliki risikonya masing-masing, tak terkecuali dengan deposito, maka dari itu mitigasi resiko investasi deposito sangat diperlukan. Pertanyaannya? Bagaimana sih melakukan mitigasi risiko investasi tersebut? Jika suatu saat platform yang saya gunakan terlilit hutang atau bangkrut?


Untuk itu, yuk, kita sama-sama memahami cara mitigasi resiko investasi deposito. Pada artikel berikut ini akan membahas secara rinci perihal “Mitigasi Resiko pada Investasi DepositoBPR by Komunal” dan sekiranya bagaimana tips dan trik yang bisa calon deposan lakukan ketika melakukan penempatan di DepositoBPR by Komunal.



Seberapa Aman Investasi di DepositoBPR by Komunal?


Sebelum beranjak lebih jauh, kita semua harus sama-sama memahami bahwa hal terpenting dalam berinvestasi adalah jaminan keamanan. Setuju?


Berbicara mengenai mitigasi resiko investasi deposito, DepositoBPR by Komunal sendiri memastikan bekerjasama dengan mitra BPR yang telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan memenuhi persyaratan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Apa itu LPS?


LPS merupakan lembaga independen dengan fungsi utamanya adalah menjamin simpanan nasabah perbankan di Indonesia, termasuk BPR (Bank Perkreditan Rakyat). Salah satu produk dari BPR adalah deposito berjangka yang memiliki tingkat suku bunga hingga 6% (sesuai ketetapan LPS). Selain itu, LPS juga menetapkan besaran maksimum untuk penempatan deposito di BPR yaitu sebesar Rp 2 milyar. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa jika terdapat BPR yang menawarkan produk deposito dengan imbal hasil lebih dari 6% dan berani menerima nominal penempatan di atas Rp 2 milyar, maka bisa dipastikan kelebihan tersebut tidak dijamin oleh LPS.


DepositoBPR by Komunal sebagai salah satu jenis fintech aggregator di Indonesia sendiri sangat selektif dalam memilih mitra BPR. Hal ini ditujukan untuk menjamin keamanan dari deposan ketika bertransaksi saat melakukan penempatan deposito. Sehingga, produk yang ditampilkan dalam platform DepositoBPR by Komunal memiliki suku bunga tertinggi adalah sebesar 6% p.a dengan nominal penempatan maksimum senilai Rp 2 milyar.


Sebagai salah satu platform dengan produk keuangan, DepositoBPR by Komunal berkomitmen untuk menjamin keamanan deposannya dengan mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh LPS. Jadi, sebagai deposan Anda tidak perlu khawatir dana akan hilang karena seluruhnya sudah dijamin aman. Di samping juga DepositoBPR by Komunal telah terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan nomor pencatatan No. S-178/MS.72/2021.



Bagaimana Jika Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang Dipilih Gagal Bayar?


Setelah sedikit penjelasan mengenai LPS, apakah sebagai deposan anda memahami fungsi LPS sebagai penjamin simpanan masyarakat yang menabung di bank?


Dalam mitigasi risiko investasi deposito, LPS juga bertugas untuk menangani bank yang memiliki masalah gagal bayar sekaligus melaksanakan proses dan penyelesaian likuidasi pada bank tersebut.


LPS sendiri telah merancang sistem mekanisme penyelesaian masalah bank yang gagal bayar secara lebih pasti dan terstruktur. Sebagaimana dilansir pada laman lps.go.id, LPS juga turut memberikan sanksi tegas dan mengikat kepada pemegang saham untuk mengklarifikasi terkait mengapa bank tersebut sampai mengalami gagal bayar. Dari skema ini, tentunya memberikan perlindungan secara pasti dan memadai bagi masyarakat maupun pemerintah.


Apa yang dilakukan DepositoBPR by Komunal untuk mengurangi resiko dalam berinvestasi?


DepositoBPR by Komunal selalu mengedepankan keamanan dan kenyamanan deposan bahkan ketika sebelum membuka deposito. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena kami telah mematuhi berbagai SOP yang sudah ditetapkan. Dan perlu dicatat, ya, DepositoBPR by Komunal hanya menjadi perantara di antara BPR dan calon deposan, sehingga dana sepenuhnya akan langsung masuk ke rekening BPR tujuan, sebaliknya DepositoBPR by Komunal tidak menghimpun dana sepeser pun. Apabila suatu saat didapati BPR tutup, maka dana Anda akan kembali 100%, karena seluruhnya dijamin oleh LPS.


Selain itu,kami juga memiliki beberapa hal yang menjadi mitigasi resiko investasi deposito, seperti:


1. DepositoBPR by Komunal melakukan screening dan filtering BPR


DepositoBPR by Komunal selalu melakukan riset mendalam terkait BPR yang akan dibidik untuk masuk ke dalam platform. Ini juga disertai dengan interview untuk memvalidasi BPR tersebut. Jika Anda ingin membuka deposito melalui DepositoBPR by Komunal, pahami dahulu, Cara Memilih Deposito BPR Terbaik di Tahun 2022


2. Hanya BPR dengan laporan keuangan bagus (stabil) yang bisa masuk ke dalam platform.



Setiap BPR tentunya memiliki laporan keuangan yang setiap bulan disampaikan kepada OJK. Dari laporan tersebut, terdapat beberapa variabel dan rasio yang dihighlight, seperti neraca keuangan, diagram deposan setiap bulan, fluktuasi besaran deposito, dan lain sebagainya. Memahami laporan keuangan BPR itu sangat penting, karena dengan mengetahui kinerja keuangan BPR kita dapat menyimpulkan kredibilitas BPR di mata para stakeholder.


3. Apabila BPR tutup, DepositoBPR by Komunal memiliki tim ahli untuk membantu mengurus kepada LPS.



Apabila BPR tutup, Anda tidak perlu khawatir karena sebagai salah satu langkah mitigasi resiko investasi deposito, tim kami akan membantu penyelesaian masalah tersebut hingga tuntas. Tim ahli kami sangat memahami kondisi dan SOP terkait BPR yang bersangkutan.



Apa yang Terjadi dengan Deposan jika DepositoBPR by Komunal Tutup?


Dengan teknologi yang mumpuni, seluruh mitra BPR dapat menggunakan dashboard DepositoBPR by Komunal sehingga semua transasksi deposan telah tercatat rapi dan aman dalam platform DepositoBPR by Komunal. Dalam dashboard ini mitra BPR juga bisa melacak seluruh data dan langsung menghubungi deposan apabila perusahaan tersebut bangkrut.



Sebenarnya, Dimanakah Uang Deposan Tersebut Berada?




Perlu dipahami ya bahwa DepositoBPR by Komunal hanya perantara (katalisator) antara BPR dengan calon deposan, sehingga tidak menghimpun dana deposito. Sebaliknya, dana yang ditransfer oleh deposan ketika melakukan penempatan di DepositoBPR by Komunal akan langsung masuk ke rekening BPR tujuan. Tapi, jangan khawatir! Karena DepositoBPR by Komunal menjamin segala keamanan dalam seluruh transaksi deposito. Tim ahli kami juga akan terus membimbing deposan ketika membuka deposito BPR sebagai langkah mitigasi resiko investasi deposito kami.



Tips and Trik Mitigasi Resiko dalam Berinvestasi di DepositoBPR by Komunal


Sebelum melakukan investasi, tentunya terdapat beberapa tips and trik yang bisa Anda lakukan sebagai upaya mitigasi resiko investasi deposito untuk meminimalisir kerugian dan kemungkinan buruk lainnya.


1. DepositoBPR by Komunal menyediakan beragam mitra BPR oleh karena itu, deposan sebaiknya dapat melakukan diversifikasi ke beberapa mitra BPR sebelum melakukan penempatan;



2. Deposan dihimbau untuk memilih BPR yang dekat dengan kota domisili (sebaiknya berada dalam 1 provinsi);



3. Platform DepositoBPR by Komunal membatasi maksimum penempatan adalah Rp 2 milyar (sesuai dengan ketentuan dari LPS), sehingga apabila suatu ketika BPR tutup, maka dana deposan dapat kembali sepenuhnya.



Mulai sekarang, Anda tidak perlu khawatir untuk berinvestasi di DepositoBPR by Komunal, karena platform ini telah dijamin aman oleh LPS serta terdaftar dan diawasi OJK. Selain itu, skema mitigasi yang ditawarkan oleh tim ahli dari DepositoBPR by Komunal juga realistis dan mudah diterapkan.


Bagaimana? Sekarang Anda lebih paham ya dengan mitigasi resiko deposito. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dana yang dihimpun dari deposan dijamin oleh LPS sehingga Anda tidak perlu khawatir bila BPR tutup karena dana akan kembali 100%.


Sekarang apakah Anda sudah siap untuk memiliki rencana keuangan yang lebih baik? Yuk, langsung buka deposito saat ini juga!





share

Bagikan