8 Contoh Passive Income Modal Kecil, Mudah & Menjanjikan!

blog

8 Contoh Passive Income Modal Kecil, Mudah & Menjanjikan!

DepositoBPR by Komunal

28 Desember 2023

Demi meningkatkan kondisi keuangan, ada beberapa contoh passive income modal kecil yang bisa dicoba dengan mudah. Passive income adalah penghasilan yang dapat diperoleh dengan usaha seminimal mungkin.

Dengan memperoleh passive income, kamu bisa mencapai kebebasan finansial tanpa harus terlalu bergantung pada pendapatan dari pekerjaan utama. Jadi, yuk simak bagaimana cara mendapatkan passive income modal kecil yang menjanjikan di bawah ini!


Contoh Passive Income Modal Kecil


Saat ini, ada banyak cara mendapatkan passive income modal kecil yang menjanjikan, bahkan bisa dilakukan dengan mudah secara online, seperti menjadi content creator dan mengikuti program afiliasi. Selengkapnya, contoh passive income modal kecil adalah sebagai berikut:


1. Menjadi Content Creator


Contoh passive income modal kecil yang sedang diminati oleh banyak orang adalah content creator, di mana kamu harus bisa membuat konten kreatif dan bermanfaat, melalui berbagai macam platform, seperti YouTube, Instagram, serta podcast.


Beberapa kunci utama agar sukses menjadi content creator adalah konten harus memiliki keunikan tersendiri, mengunggah postingan secara konsisten, dan selalu update dengan trending terkini.


Kamu pun bisa membuat konten yang mengusung konsep hal-hal yang kamu sukai, misalnya konten yang membagikan resep masakan apabila kamu hobi memasak, makeup tutorial, atau tipe konten kehidupan sehari-hari seperti aktivitas membersihkan rumah yang disertakan tips and tricks-nya.


Nantinya, pendapatan pasif akan mengalir dengan sendirinya seiring bertambahnya audiens yang menonton atau menikmati konten yang kamu unggah.


2. Menjual Karya Seni secara Online


Selanjutnya, kamu bisa menjual karya seni secara online untuk bisnis passive income modal kecil. Beberapa waktu ke belakang, banyak orang yang menjual lukisan di media sosial dan NFT marketplace dengan harga tinggi. Kamu pun bisa mencoba peluang ini.


Tak hanya lukisan, kamu juga bisa mengunggah karya seni berupa musik di platform khusus, seperti SoundCloud dan Spotify, untuk mendapatkan passive income.


3. Mengikuti Program Afiliasi dan Referral


Salah satu contoh passive income modal kecil yang mudah dilakukan adalah dengan mengikuti program afiliasi. Kamu hanya perlu memasarkan produk atau layanan dari suatu pihak melalui blog maupun media sosial.


Selain afiliasi, kamu juga bisa mengikuti program referral. Di sini, kamu hanya perlu mengajak orang-orang untuk install dan mendaftarkan diri di aplikasi tertentu supaya bisa mendapatkan reward. Semakin banyak yang bergabung, tentunya besaran passive income juga akan ikut meningkat.



4. Menulis Buku


Meski tampak seperti membutuhkan modal yang besar, ternyata menulis buku bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana, lho. Sekarang, buku bisa dikemas menjadi e-book, sehingga tidak perlu mengeluarkan dana untuk mencetaknya dalam jumlah yang banyak.


Kamu pun dapat mengunggah e-book di situs jual beli online atau platform distribusi khusus, seperti Google Play Books. Bahkan, kamu juga bisa menjualnya secara langsung di media sosial yang kamu miliki.


Nah, untuk tema bukunya sendiri dapat kamu sesuaikan dengan keahlianmu. Contohnya, kamu sudah berpengalaman di dunia digital marketing selama 6 tahun. Kamu bisa membagikan ilmu yang kamu ketahui beserta referensi-referensi dari para ahli melalui e-book tersebut. Jangan lupa untuk memasukkan contoh-contoh real case yang pernah dihadapi selama menjadi digital marketer.


Tentunya e-book tersebut bisa menarik perhatian para awam yang hendak terjun ke bidang pemasaran digital. Bagaimana, tertarik untuk membuat e-book versi kamu?


5. Menjual Hasil Fotografi di Online Platform


Jika kamu memiliki hobi fotografi, maka ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan passive income dengan modal kecil. Saat ini, banyak platform online yang menawarkan jual beli stok foto, seperti Shutterstock dan Pexels.


Nantinya, foto-foto yang diunggah akan dibeli oleh siapapun untuk kebutuhan konten visual tambahan, dan dari situlah kamu bisa mendapatkan passive income.


6. Memonetisasi Blog


Memonetisasi blog pribadi, seperti di WordPress atau Blogger, termasuk contoh passive income modal kecil yang menjanjikan. Pertama, kamu bisa membuat blog tanpa dipungut biaya apapun dan menarik sejumlah pengunjung dengan mengunggah konten secara konsisten.


Jika jumlah pengunjung sudah sesuai target dan stabil, kamu bisa mendapatkan passive income melalui berbagai cara, seperti Google AdSense dan penawaran afiliasi.


7. Menggeluti Bisnis Dropshipper


Contoh passive income modal kecil yang bisa dilakukan secara online adalah menjalani bisnis dropshipper. Dengan cara ini, kamu hanya perlu memasarkan produk atau layanan di media sosial, situs pribadi, dan e-commerce. Jika ada yang ingin membeli, maka kamu bisa langsung menghubungi supplier untuk menyiapkan dan mengirimkan pesanan.


8. Mulai Investasi


Terakhir, contoh passive income modal kecil adalah investasi. Investasi termasuk sumber passive income karena melibatkan penanaman modal dan aset yang nilainya bisa tumbuh seiring berjalannya waktu, sehingga menghasilkan keuntungan.

Untuk memulai investasi dengan modal terbatas, kamu bisa mencoba DepositoBPR by Komunal, yaitu aplikasi yang menghubungkan nasabah dengan produk deposito dari BPR, baik konvensional maupun syariah.


DepositoBPR by Komunal menawarkan suku bunga lebih tinggi dari deposito bank umum dan sudah sesuai dengan ketentuan LPS yaitu mencapai 6,75% p.a. Selain itu, DepositoBPR by Komunal juga termasuk investasi low risk karena profil risiko yang ditawarkan relatif rendah.

Sekian uraian terkait contoh passive income modal kecil yang bisa dicoba dengan mudah dan hasilnya pun menjanjikan. Passive income dapat meningkatkan kondisi keuangan sehingga kamu bisa membangun masa depan yang lebih cerah dan tenang.


Ingat, salah satu cara mendapatkan passive income modal kecil adalah dengan berinvestasi di DepositoBPR by Komunal. Tenang saja, uangmu akan tersimpan dengan aman karena DepositoBPR by Komunal sudah tercatat dan diawasi oleh OJK. Yuk, buat keuanganmu menjadi #MakinMaksimal dengan #SimpananRasaInvestasi dari DepositoBPR by Komunal sekarang juga!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer