Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta untuk Mencapai Life Goal

blog

Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta untuk Mencapai Life Goal

DepositoBPR by Komunal

29 Agustus 2024

Beberapa orang beranggapan bahwa dengan gaji 3 juta saja akan sulit untuk mencapai life goal. Padahal, dengan menerapkan cara mengatur keuangan gaji 3 juta yang tepat, mencapai life goal bukanlah hal yang mustahil.


Salah satu cara mengatur keuangan gaji 3 juta yang bisa kamu lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup hemat dan menghindari gaya hidup konsumtif.

Selain itu, jangan lupa sisihkan gajimu untuk investasi, ya. Dalam hal ini, percayakan saja dana investasimu melalui DepositoBPR by Komunal. Lewat aplikasi ini, kamu juga bisa memperoleh cashback sampai dengan Rp500 ribu khusus bagi pengguna baru. Klik di sini untuk cari tahu informasinya.

Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta untuk Mencapai Life Goal

Buat kamu yang ingin tahu cara-cara mengatur keuangan gaji 3 juta yang lainnya, simak artikel ini sampai akhir.


Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mencapai life goal dengan gaji 3 juta bukanlah hal yang mustahil. kamu perlu menerapkan cara mengatur keuangan gaji 3 juta yang tepat agar hal tersebut bisa terwujud. Adapun beberapa cara atur gaji 3 juta yang bisa kamu terapkan adalah sebagai berikut.


1. Buat Pemikiran yang Positif


Cara mengatur keuangan gaji 3 juta yang pertama adalah dengan mengatur pola pikir. Pola pikir yang negatif akan membuat kamu jadi kesulitan untuk mengatur keuangan. Begitu pula sebaliknya, apabila pola pikir kamu positif, maka hal tersebut akan mempermudah proses pengaturan keuangan.


Jadi, yakinkan diri kamu bahwa gaji 3 juta tersebut sudah dapat mencukupi kebutuhan. Dengan pemikiran positif seperti itu, kamu akan dapat atur keuangan gaji 3 juta dengan lebih baik lagi serta dapat semakin percaya diri untuk mencapai life goal.


2. Susun Anggaran Keuangan


Setelah menerapkan pola pikir yang positif, cara mengatur keuangan gaji 3 juta yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah menyusun anggaran keuangan. Anggaran keuangan ini sangat penting untuk dibuat karena dapat menjadi acuan utama kamu untuk mengatur keuangan. Catatlah semua pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui uang yang kamu dapatkan akan digunakan untuk apa saja.


Untuk mempermudah menyusun anggaran keuangan, kamu bisa menerapkan rasio alokasi gaji. Salah satu rasio alokasi gaji yang direkomendasikan adalah rasio 10-20-30-40.


Adapun penjelasan rasio tersebut adalah, 10% gaji untuk hobi atau hiburan, 20% gaji untuk tabungan, 30% gaji untuk hutang, dan 40% gaji untuk kebutuhan pokok. Berikut merupakan simulasi alokasi budgeting gaji 3 juta.


Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta untuk Mencapai Life Goal

Perlu diingat, simulasi alokasi gaji di atas bukanlan acuan mutlak. kamu bisa menjadikan simulasi tersebut sebagai referensi dan mengubahnya sesuai dengan kebutuhan.



3. Terapkan Prinsip Hidup Hemat


Cara mengatur keuangan gaji 3 juta yang selanjutnya adalah menerapkan prinsip atau gaya hidup hemat. Penerapan prinsip hidup hemat bisa membantu kamu dalam mengatur keuangan. Dengan bantuan anggaran keuangan sebagai acuan, kamu bisa mengurangi beberapa pengeluaran yang tidak perlu, seperti kebiasaan makan di luar, nongkrong di cafe mewah, dan sebagainya.

Pada dasarnya, melakukan hal semacam itu boleh-boleh saja, tapi kalau terlalu sering melakukannya maka akan mengganggu kesehatan finansial kamu. Maka dari itu, usahakan untuk terus mengikuti anggaran keuangan yang telah dibuat dan mulai biasakan menerapkan prinsip hidup yang hemat.


4. Jangan Tergoda untuk Melakukan Kredit


Kredit merupakan salah satu solusi yang dapat membantu seseorang untuk bisa segera mendapatkan produk yang diinginkan. Namun, hal tersebut kalau dilakukan terlalu sering dapat membawa banyak permasalahan. Melakukan kredit secara berlebihan dapat membuat beban cicilan semakin besar sehingga dapat memengaruhi kesehatan finansial kamu.


Maka dari itu, usahakan untuk menghindari kredit. Pada umumnya, orang yang sudah terbiasa melakukan kredit barang akan terlilit dalam siklus kredit yang berkepanjangan sehingga beban cicilan yang ditanggung dapat terus bertambah.


Jika ingin mendapatkan suatu barang, maka disarankan untuk menabung terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari beban cicilan dan tidak terjerumus ke siklus kredit berkepanjangan.



5. Mencari Penghasilan Tambahan


Mencari penghasilan tambahan merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatur keuangan. Tak dapat dipungkiri, kebutuhan seseorang akan semakin bertambah, maka dari itu mencari tambahan penghasilan bisa menjadi solusi yang perlu dilakukan.


Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan yang bisa dicari di platform penyedia pekerjaan. Namun, kamu harus bisa mengatur waktu agar pekerjaan sampingan tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama dan kegiatan kamu yang lainnya.


Capai Life Goal dengan Berinvestasi di DepositoBPR by Komunal


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mendapatkan penghasilan tambahan bisa membantu kamu dalam mengatur keuangan. Salah satu cara untuk mendapat penghasilan tambahan adalah dengan melakukan investasi deposito di DepositoBPR by Komunal.

Berkat bunganya yang tinggi, yakni 6,75% p.a, investasi di DepositoBPR by Komunal bisa memberikan kamu keuntungan yang lebih banyak daripada produk deposito lainnya. Sebagai gambaran, kamu bisa menyimak simulasi perhitungan investasi di DepositoBPR by Komunal berikut ini.


Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta untuk Mencapai Life Goal

Dengan modal awal Rp1.500.000 dan tenor 12 bulan, kamu bisa mendapatkan keuntungan akhir sebesar Rp1.601.250. Keuntungan tersebut tentunya akan bertambah banyak apabila kamu secara rutin melakukan deposito.


Itulah beberapa informasi tentang cara mengatur keuangan gaji 3 juta yang bisa kamu terapkan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bukan hal yang mustahil untuk mencapai life goal dengan gaji 3 juta saja. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai life goal yang diimpikan adalah dengan berinvestasi di DepositoBPR by Komunal.


Pada pembahasan sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa berinvestasi di DepositoBPR by Komunal bisa memberi banyak keuntungan karena memiliki bunga deposito yang tinggi, yakni 6,75% p.a. Selain itu, DepositoBPR by Komunal juga berstatus direkomendasikan oleh OJK. Jadi tunggi apalagi? Ayo #PilihYangTepat untuk Menang! Dan raih life goal impianmu bersama dengan DepositoBPR by Komunal.


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer